Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Hama & Penyakit Penyebab Daun Jahe Menguning

Daun Jahe Menguning
Daun Jahe Menguning

Daun jahe menguning banyak penyebabnya, biasanya awal daunnya berwarna hijau muda hingga lama-lama jadi kuning.

Kalau kuning dari pucuk berarti ada jamur. Ada hubungannya dengan tanah yang terlalu becek sehingga asem-asemen, dan bisa tumbuhkan jamur pada akar

Atau bisa juga kurang sinar matahari dan kebanyakan air sehingga jadi lembab biasanya terjadi pada daerah yang intensitas ujan sangat lebat dan masalah ini memang umum sering dijumpai petani jahe pada musim penghujan.

Umbi jahe yang mau busuk terlihat mengandung air
Daun Menguning & Umbi jahe yang mau busuk terlihat mengandung air

Selain itu batang, daun jahe menguning, rata-rata di sebabkan naiknya keasaman tanah yang di sebabkan:
  1. Curah hujan cukup tinggi
  2. Permentasi tlethong yang kurang sempurna sehingga kandungan amoniaknya masih tinggi.
  3. Kadar mikroba yang kurang maximal
  4. Kurangngnya nutrisi unsur hara mikro makro dalam polibag.
Solusinya segera siram dengan organik yang volume mikrobanya tinggi. Jangan di siram dengan urea atau poska dll. Bisa organik apa saja yang penting kandungnanya minimal 10 pangkat 10.

nah itulah yang mesti di ketahui untuk dasar-dasar pertanian, kadar humus layak tanam di minimal 2,5% sedangkan di indoneisa rata2 0,6 0.8 saja udah bagus. Pengertian humus sendiri adalah pelapukan akhir bahan organik, yang di proses oleh mikroba.

Kalau media tanam bahan-bahan yang kita gunakan masih mentah, otomatis proses fermentasi / pelapukan terjadi di media tanam yang kita gunakan, so pasti panasnya minta ampun. Pada jahe pola polibeg, karung kunci utama pada media, ketika di awal tanam media kitasudah keliru habis berapapun untuk peupukan kemungkinan besar sulit untuk kembali modal.


Solusi lain menurut saya, kalau di tanam di karung sebaiknya dibongkar saja dari karung, karena kasihan jahenya kalau terus hidup di dalam penjara.. eh karung sorry.. bikin guludan / bedeng lalu atur drainase lahan yang baik sehingga air cuma numpang lewat gak sampai menggenang.

Kemudian diatasnya tebari sama dolomit, jahenya setelah dibongkar dipilih yang masih sehat ( yang sudah busuk supaya dibuang kalau perlu dibakar biar gak menular), dicuci dengan air hingga bersih dari tanah lalu direndem sama fungisida bahan aktif mancozeb dosis 2gram/liter + perekat yang ada penembusnya selama 2-3 jam lalu angkat dan angin-anginkan hingga akarnya agak kering di tempat yang teduh. Jahe nya bisa ditanam & waktu penanaman terbaik adalah sore hari / temperatur sdh dibawah 28°.

Kalau jahe di tempatku banyak yang kuning terus batangnya putus dan mati seperti ada binatang yang makan...apalagi kena hujan trus banyak yang mati.

Dan setelah di bongkar akar sudah habis, bahkan rimpang jahe di gerogotin juga :( Ternyata tersangkanya hewan ini,ada yang tau nama hewan ini? Kalau didaerahku namanya Ku'uk atau ada juga yang menyebutnya uret.

Akar dan Rimpang Jahe Habis di Makan Hama
Akar dan Rimpang Jahe Habis di Makan Hama

Uret ata Kuuk hama Jahe
Uret ata Kuuk hama Jahe

Selain itu ada hewan lainnya yang menyebabkan batang jahe busuk leher rimpang. Ia memakan dan melobangi pangkal batang diatas umbi sehingga daun jahe menguning atau hijau pucat yang akhirnya tanaman jahenya bantet. Ini penampakan hama jahe tersebut

Ulat penyebab daun jahe menguning
Ulat penyebab daun jahe menguning

Hama penyebab daun jahe menguning
Hama penyebab daun jahe menguning
Cara mengatasi hama tersebut coba semprot dengan rendeman air + tembakau.

1 comment for "Hama & Penyakit Penyebab Daun Jahe Menguning"

  1. Post nya membantu banget
    Saya mau taya donk gan
    Contoh organik dengan mikroba tinggi apa ya? Maklum saya masih pemula

    ReplyDelete