Wednesday, July 6, 2016

Pemulihan Murai Batu Ngedrop total akibat diserang Tikus

Gambar di bawah ini murai batu yang ngedrop total akibat sangkarnya pernah di obok-obok tikus. Kasihan benget ini murai batu, yang awalnya gacor jadi 100% ngedrop total.

Murai Batu Ngedrop
Murai Batu Ngedrop di Obok-obok tikus

Murai ini punya temen saya, yang sebelumnya dia belum pernah mengalami kasus seperti ini. Gara-gara di obok-obok tikus, gak tega lihatnya. Sehingga dari awal serangan tikus sampai saya datang ke rumahnya ngobrol (kurang lebih 1 bulanan) EF di stop apalagi jangkrik.

Saya mendengar ceritanya jadi geleng-geleng kepala, dan terakhir temen saya minta saya untuk merawat murai batunya tersebut agak kembali fit.

Sepertinya murai batu ngedrop faktor utamanya langsung stop EF, karena tidak dikasih makanan enak (ef). Yang notabene murai adalah unggas pemakan serangga, pasti stress berat gara-gara gak dikasih makanan enak.

Solusi untuk mengembalikan stamina adalah kita jorr ef, plus dikasih metabolisme atar metabolisme nya naik (sama seperti manusia sehabis sakit). Pemberiannya bisa dicampur di kroto, oles jangkrik, atau coba di tetes di air minumnya, kemudian jangan di jemur tapi anginkan dan diembunkan saja, mandi seminggu sekali atau 2x seminggu.

Langkah penangananan Murai Batu Ngedrop :

1. Dalam kasus ini coba Murai batu di full krodong om di taruh di tempat yang tenang dan kasih audio air mengalir biar mentalnya tertata lagi (kalau saya biasanya saya taruh di depan kamar mandi biar dia denger suarai kriwikan air).

2. Kenyaman kandang perlu di perhatikan (yang penting muat dan naman), jangan sampai terlalu sering kotor seperti gambar di atas. Juga sebaiknya di taruh di tempat sepi dulu (diasingkan dulu) biar gak stress.

3. Kemudian kroto atau ef juga harus diseringin biar staminanya joss kembali.

4. Kita juga dapat memberinya metabolis agar pencernaannya lancar, (pengalaman 1 munggu udah mulai ngeplong walaupun jarang). Untuk pemakaian meteblisme aku tetesin ke kroto om, stelah udah mulai bunyi aku pake ebood joss.

Menurut beberapa kawan pemakaian metabolis lebih manjur ditetes ke mulut aja. Aturan pakai 3 tetes tapi bisa kita kasih sampai 5 tetes, terus kasih selama 1minggu, ngasih nya tiap sore jangan lupa krodong tipis. Ef (Extra Fooding) di jor aja biar cepet fit.

Untuk kemasan metabolism berupa botol kecil warna biru. Dikios burung pada tau kok. Harga 23-25 rb an tergantung toko

Demikian penangan Murai Batu yang ngedrop.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.