Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Keramaian peserta dangdut academy 4 semarang
Untuk kawan-kawan yang mau audisi Dangdut Academy di tahun berikutnya, artikel ini bisa menjadi rujukan dan pertimbangan untuk mempersiapkan bekal yang lebih baik untuk mengikuti audisi nantinya.

Pengalaman ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber dari teman-teman yang mengikuti audisi.

Saya adalah peserta dari daerah, jarak dari rumah ke semarang kira-kira 2,5 jam perjalanan ditempuh menggunakan sepeda motor..

spanduk di sekitar lokasi da 4 semarang

Suasana tempat audisi da 4 semarang masih pagi dan sepi

Saat audisi di semarang

Peserta Audisi tampak dari depan jalur track

Menurut informasi yang beredar audisi dibuka pukul delapan sehingga saya harus berangkat pagi-pagi untuk sampai di tempat audisi dalam hal ini Auditorium Universitas Negeri Semarang.

Dari rumah saya bangun pukul 3, mandi kemudian mempersiapkan perbekalan. Sarapan sudah ada namun saya tidak terbiasa sarapan pagi banget seperti ini, sehingga saya tidak sarapan. langsung berangkat dari rumah pukul 04.00 di jalan suasana masih gelap dan sesekali melewati pasar tradisional yang ramai di pagi subuh.

Walaupun desak-desakan tenang aja ada Rina Nose lumayan

Kehadiran Rina Nose di Audisi DA4 Semarang

Ramai kerabat dan peserta audisi DA 4

peserta sedang antri di track belakang

Sampai di tempat audisi kira-kira antara pukul 06.00 dan 06.30 saya lupa tepatnya... dikampus sudah ramai namun belum begitu ramai. banyak peserta yang masih sibuk mempersiapkan diri, ada yang di kamar mandi mushola, ada yang duduk2 di bawah pohon, dan ada pula yang sedang sarapan di depan-depan gedung.

Kerabat atau saudara yang menunggui peserta audisi dangdut academy 4

Saya langsung mencari kamar kecil dulu sehingga pas antri bisa nyaman.

Nah, bodohnya saya adalah tidak sarapan, padahal sudah membawa bekal.... saya langsung aja ikut berdiri bejubel di depan tenda masuk ke track. dari jam 07.00. itu dari matahari masih sejuk sampai panas banget pukul 10.00 kira-kira posisi tidak maju-maju. Track belum dibuka.

Baru sekitaran 10.00 lebih dikit track dibuka. Dan bisa bergerak ke bawah tenda yang lebih adem.. Namun keringat masih mengucur, karena berdesakan sehingga hawa panas masih terasa. kalau saya menyebutnya sumuk/gerah. ada yang kuat berdiri, ada juga yang jongkok di bawah. ada juga yang bersender di pagar besi.

Sebenernya ada jalur khusus, di sebelah selatan sendiri yang dinamakan jalur "Fast Track" jalur ini khusus peserta yang membeli produk mie instan isi dua seharga 200 rb... nanti dapat payung +mie+terh rio+ tas.

Nah ada yang spesial dengan jalur ini. jalur ini adalah jalur cepat, jadi masih mengantri juga tapi cuma  sebentar saja sehingga bisa sedikit menghemat energi, diharapkan pas Audisi stamina masih strong. Bagi yang berduit bisa pakai ini biar suaranya mantap pas audisi.

jalur fast track

Bagi saya yang memakai jalur biasa.... memang perjuangan sekali, sudah semalam tidurnya kurang, perjalanan jauh. masih antri ditempat audisi, belum sarapan pula. perut keroncongan, lemes, sesek. Jadi kondisi fisik sebaiknya disiapkan dulu untuk yang mau audisi.. kondisi fisik perlu sekali dalam proses antri.

Sedangkan kondisi mental psikologis diperlukan dalam proses audisi, sehingga power bisa maksimal, tidak lupa lirik, dan suara tidak kegencet karena grogi atau apapun itu.

O iya karena saya berada di barisan yang bisa terbilang di depan jadi bisa audisi kira-kira pukul 11.30.. habis itu saya tidak tahu kondisinya seperti apa... sepertinya tambah ramai peserta..... kalau pas saya masih pagi kondisi kondusif dan semua  peserta dapat kooperatif dan berjalan lancar.

Nah di tempat audisi banyak yang jual stopmap+plastik untuk tempat formulir dan foto. Kalian boleh beli boleh tidak... stopmap bisa kita gunakan untuk melindungi formulir agar tidak lecek, dan juga bisa buat kipas sambil mengantri. Namun nantinya stopmap tidak kepakai dan tidak ikut dikumpulkan mau di bawa pulang atau dibuang juga silakan tapi jangan dibuang sembarangan ya, jagalah kebersihan.

Tenang saja di tempat audisi juga disediakan formulir, nanti walaupun kita sudah punya formulir kita tetap dikasih formulir dari panitia untuk diisi dengan nomor peserta. kemudian  pas sampai di depan panitia, kita mengumpulkan formulir dan dapat nomor peserta setelah itu formulir kita pegang kembali, kita tempel nomor peserta yang seperti stiker itu kita kelupas tempel di perut atau dada.

Tempat ambil formulir dan mendapatkan nomor peserta

Kemudian masuk gedung, dan menunggu urutan audisi, untuk  yang ini antrinya tidak sesuai nomor tapi langsung saja urut dari tempat duduk, nomor tidak begitu penting menurut saya , cuma sebagai identitas saja kalau-kalau kita bisa lolos audisi.

setelah dapat nomor, masuk ruangan, duduk menunggu antrian, disini antrinya sebentar tenang aja

Di tahun 2016 ini Dangdut academy 4 mempersyaratkan lagu wajib, lagunya Bapak Mansyur S, air mata perkawinan dan zubaidah untuk yang laki-laki, kemudian untuk peserta wanita payung hitam sama satu lagu lupa saya..

Sebaiknya lagu wajib ini dihapalkan betul-betul, walaupun nantinya juri tidak meminta menyanyikan tapi bisa sewaktu-waktu juga juri meminta untuk menyanyikan jadi tergantung sama juri. Dan juga persiapkan lagu lainnya yang banyak. Tenang aja ya.. .jurinya baik dan ramah kok....

Audisi tahap pertama setelah mendapatkan nomor kita duduk dulu di tempat antri, kemudian geser-geser dan geser hingga sampai pada urutan kita, tenang aja disini cepet kok gak sampai seperempat jam sudah audisi.

Dan jurinya ada banyak, berada di tiap-tiap bilik (seperti kamar pas buat coba baju). Kita nyanyi tepat di samping juri jarak kira-kira satu meteran. satu juri untuk satu peserta, ada  15 lebih kalau gak salah, jadi bisa cepat audisinya. sedang tiap peserta audisinya cuma sebentar apalagi yang suaranya belum bagus, baru nyanyi rall sudah keluar lagi ganti peserta lain.

Kalau lolos saya tidak tahu tahap berikutnya apa, karena saya cuma sampai tahap 1 doank.

Ini cerita peserta yang Di dangdut academy 3

"Kalau di tanya kenapa saya kelihatan NGANTUK pas audisi,,,,

Selain emang keadaan fisik ku seperti itu,,,
Rasa ngantuk itu di sebabkan karena selama dua hari dua malam saya kurang tidur,,,,
Tidur cm 3 jam dl dua hari,,,,

Sedangkan antri AUDISI dr jam 9 pagi smpe jam 3 sore baru dapat nomer urut,,,,dari jam 3 smpe stngah 6 baru maju ke juri Filter satu,,,,,

Selesai audisi jam 10 malam,,,,pulang k tumah Jasdy Panaya sahabat aku tidak lngsung tidur,,,, nunggu telvon dr INDOSIAR,,,,, sampe jam stngah 3 pagi baru d telvon,,,,

Stelah dapat telvon aku tahajuud dan dzikir smpe subuh,,,abis sholat subuh aku hafalin 20 lagu yg harus d presentasikan k juri artis,,,

Jam 8 pagi aku harus k NOVOTEL Semarang untuk bertemu juri artis,,,,

Antri lagi dari jam 9 smpe jam 12 malam,,,,,,,ga tidur juga,,,,,

Itulah kenapa sampai kondisi fisik ku DROP pas mnghadap juri artis,,,,,

Kalian bisa bayangkan sendiri,,,kaya gimana capek y,,,,
"

Untuk yang mau audisi serupa silakan dipersiapkan dengan baik.. oke... semoga bermanfaat, dan silakan ajukan pertanyaan di komentar. SEMOGA sukses..!!!

Post a Comment for "Bagaimana suasana dan Tahap Audisi Dangdut Academy 4 Di Unnes Semarang dan Hotel Novotel"