Tuesday, September 19, 2017

Cara Menanam & Gambar Pohon Buah Jigong / Sawo Belanda / Alkesah /Campoleh

buah sawo mentega di pohon

Adakah yg tau atau pernah merasakan makan buah ini... dulu kecilku namanya buah jigong... klo dimakan lengket di gigi.... bisakan kalian bayangkan klo nempel kuning2 di gigi.... hehehhe..

Yang ini namanya pohon Alkesa,  katanya sih sawo sunda ada juga yang bilang sawo Belanda karena banyak dijumpai dirumah Belanda dulu... Nama latinnya Pouteria campechiana berasal dari Meksiko termasuk jenis sawo-sawoan.

Buahnya mengandung kalori, karbohidrat/zat tepung, serat, kalsium, fosfor, karoten, thiamin, riboflavin, niasin dan vitamin c. Ada referensi lain mengandung vitamin a juga.. Katanya sih disebut sebut bisa buat alternatif pangan karena kandungan nya tersebut.

Bahkan buah alkesa dapat berbuah sepanjang tahun, oleh sebab itu penjual bisa menjual buah ini sepanjang tahun.

Betul buah ini banyak dijakarta... sering orang bilang sawo mentega.Alkesa, alkesah, sawo  ubi, buah jigong, buah jogging, Campoleh, sanpole, sawo belanda, sawo walanda, campolay, sawo mentega dan apapun namanya mungkin beda-beda tiap daerah tapi buahnya tetep sama..

Saya asli betawi, Aku suka buah alkesah ... hafal banget rasanya buah ini.... kas indonesia banget... Saya juga suka beli kadang klo ke bogor klo pada musim pasti beli.. kemarin juga baru beli di lapangan Banteng Jak-Pus ( pameran FloNa ) mahal banget ! 1 kg = 50 rb... kalo di pasar tradisional g ak mpe segitu deh...

Rasanya Enak ... manis banget gurih... unik rasanya, dalamnya kuning,  tidak berair... hampir kaya alpokat daging buahnya ... ada juga yang pero ...tapi kuning warnanya. bijinya mirip biji sawo tapi ukuran biji durian.

Oiya buah Alkesa juga uenak buangett di juss pakai susu... kalau sama alpokat mah lewat..

Buah Alkesa adalah buah desa ... gak mahal ... tapi jarang sekali ... seperti sawo , kecapi , semek... ini buah2 lokal yang sudah mulai langka dan  harus segera dilestarikan.

Buah Alkesah beda dengan Buah, karena buah mundu bentuknya bulat tidak lancip. Trus daging buah nya juga beda. Daging buah alkesa mirip banget ubi jalar keset. kya ubi rebus dagingnya.

Cara menanamnya gampang kawan-kawan, seperti menanam pohon-pohon buah pada umumnya bisa dari bijinya atau bisa dicangkok juga. Demikian semoga bermanfaat.

silakan kalau ada yang mau menambahkan di kolom komentar. Terima kasih

buah jigong masih muda

buah campoleh yang sudah matang

buah alkesah yang sudah matang

buah alkesah dan bijinya

biji buah alkesa

buah alkesah baru metik dari rumah tetangga

jus buah alkesa

bunga pohon sawo mentega

buah sawo ubi di pohon

buah sawo  ubi di pohon

bibit pohon buah jigong

8 comments:

  1. Saya mencoba menanam dari bijinya , dari bbrp biji hanya 1 yg " jadi ".
    Pertanyaan saya , seberapa tinggi pohon itu ?
    Pernah lihat juga di halaman rumah orang , kira² setinggi pohon manggis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya kecil di pinggiran sungai di daerah Lenteng banyak, pohonya gag tinggi 2 meter jg udh banyak buahnya

      Delete
  2. klo menanam dari biji kira2 nunggu berbuahnya berapa tahun..

    ReplyDelete
  3. Selain dimakan biasa apa bisa di buat olahan lain yaa.. .

    ReplyDelete
  4. saya punya pohon tp selalu mentah apakah benar katanya harus pake garam ujung buah nya?????

    ReplyDelete
  5. saya punya tanaman buah alkesah 2 pohon, saya tanam di pot, sdh hampir 5 tahun, sekarang tingginya sudah 1,5 meter, belum juga berbuah,bagaimana ya supaya berbuah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara nanam ny gmna bos.
      itu kn ad warna coklat tuah dn ad yg putih gtu. jd posisi biji ny gmna bos

      Delete
  6. saya nanam dari bijinya dah 2mgg.ga tumbuh tumbuh ya

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.