Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Pohon & Rasa Buah Langka Durian Lahung Mirip Rambutan Khas Kalimantan

durian layung kalimantan

Buah Durian Layung (kadang-kadang ada yang menyebut durian lahung). Beraroma menyengat... daging buah agak tipis berwarna kuning cerah sampai agak jingga dengan rasa manis... buah paling enak yang saya temui.

Buah lahung harum enak dan salah satu buah Kalimantan yang cukup langka untuk dinikmati, karena belum ada ketemu orang yang budidaya, selalu dari hutan beneran. rasanya lebih legit dan baunya lebih tajam dari durian biasa.

Cara menikmati buah lahung harus dipotong, kemudian DIKUCIK dengan jari.

buah lahung dikucik

buah lahung dibelah

Ada yang bilang rasa buah lahung asli khas Kalimantan manis kayak buah elai / lay kayak durian tapi tipis isi dalam nya.

Harga durian lahung 3 biji 100.000 .. satuan 35.000. Ada yang jual juga perbiji 15rb, 20rb perbiji.


buah lahung

Berikut gambar pohon durian lahung

pohon buah lahung kalimantan

pohon lahong

"LAHONG"
Adalah tumbuhan sejenis durian yang banyak tumbuh di hutan dan di gunung Kalimantan. Buahnya mirip durian namun durinya lebih panjang dan lancip serta berwarna merah, dari segi rasa lahong juga berbeda dari durian tapi sama-sama enak dan baunya pun tidak seperti durian. Biasanya lahong berbuah seiring dengan datangnya musim durian.

Di Kalimantan Selatan ada lagi "LAHONG" jenis lain. Jenis ini banyak tumbuh di perkotaan, tidak berduri namun ada yang berbulu dan ada yang tidak, warnanya bermacam-macam ada putih, hitam, biru dan sebagainya. Dari segi aroma, lahong jenis ini jauh lebih bervariasi dan sangat mengundang hasrat untuk mencicipinya. Adapun rasanya, mungkin juga NANO-NANO.

Ya... itulah "LAHONG" sebutan warga setempat untuk "W*N*TA T*NA S*S*LA".

Saya tidak mengerti dari segi pendekatan apa sehingga nama buah "LAHONG" diadopsi menjadi sebutan untuk "W*NI*A P**AC*R"

Mohon koreksi, Silakan berkomentar...

2 comments for "Pohon & Rasa Buah Langka Durian Lahung Mirip Rambutan Khas Kalimantan"

  1. Mohon info bibit dong
    Saya minat
    Mohon info wa 085362799686
    Terimakasih

    ReplyDelete