Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Pohon Resep Rasa Nama Lain Gambar Buah Kalangkala & Cara Memakan

buah kalangkala enak

Nama Lain Buah Kalangkala
  • Kolangkala 
  • atau ada yang menyebutnya juga buah Kangkala orang banjar bilang, 
  • kalau di Pontianak ada yang nyebut ngkalak, ada yang nyebut buah malek/melek/maliek
  • ada yang bilang juga buah kelemah

Buah kalangkala adalah buah rimba legendaris dan sudah langka. Harga sekilonya sekitar 20rb an di Samarinda, ada yang jual 30 rb/kg juga.

Buah musiman khas dari Kalimantan yang biasa di jual di pasar-pasar ini biasa di jadikan makanan pendamping / pengganti acar. Rasa nya mirip seperti buah alpukat yang sudah matang.

Biasa nya, buah ini di hidangkan dengan cara menambah kan sedikit garam, air hangat dan cabai.

Apalagi selain itu juga penghidangan yang di sertakan ikan fermentasi (ikan asin) menambah nafsu makan menjadi meningkat.

Rasa buah kalangkala nyaman kalau bisa mengolahnya.
  • Rasanya seperti buah alvokat/alpukat. nda ada rasanya kalo orang banjar dijadikan buat cacapan ikan. bukan buah manis ini hehehe..
  • Buah kengkala buah khas Kalimantan. Rasanya seperti terong biasa dimakan pakai sambel belacan + ikan asin nikmat luar biasa.
  • Ada juga yang bilang "gak bisa aku makan buah ini rasanya aneh, kaya makan lemak gitu".  Manis lemak" kyak alpukat.
  • seperti mentega plus alpukat lemak dengan rasa asam sedikit.. unik dan segar

Buah kalangkala dan ikan asin

ikan asin

buah kalangkala ikan asin

buah kalangkala lauk ikan asin


Buah kalangkala di makan pakai sambal

buah kalangkala sambal


Cara Memakan buah Kalangkala, Cuci bersih buang tangkainya rendam sama air panas kasih garam. Langsung sluup di makan, nyamii. Di randam banyu panas bari garam sikit nyaman wal.

Kalau aku disiram air mendidih terus dikasih garam tutupin deh ... klau airnya dah dingin dah masak tu langsung dimakan deh... eeeenakkkk top..top..markotop.

Bagi yang doyan bisa juga pakai nasi makannya. Waktu dulu mertua saya makan pakai nasi, saya liat penasaran kaya apa rasanya, pas saya coba emang enak kog.

Resep buah kalangkala buat sambal, direndam sama air panas lalu bikin sambel enaak...

Cacapan buah kalangkala

Kalau kami orang banjar masin ini nama nya di bikin cacapan .. Kalang kala tadi di rendam dengan air panas sampai agak lembek terus di kasih irisan bawang merah , lombok , garam , penyedap rasa dan kalau mau di kasih ikan asin telang behh weenak tenannn

buah kalangkala direndam air pana

resep buah kalangkala

cacapan buah kalangkala


Berikut gambar buah Kalangkala

buah kalangkala hijau



buah kalangkala merah


Gambar Pohon Buah Kalangkala

bibit pohon buah kalangkala

buah kalangkala belum masak di pohon

pohon buah kalangkala

Kalangkala Lauk Makan Kita

Buah Kalangkala, bagi kita urang Banua (Kalsel) buah Kalangkala sudah sangat familiar, karena buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang sering dijadikan teman makan (Lauk Makan) baik secara langsung maupun dibikin jarukan (permentasi) lalu dibuat Cacapan.

Klasifikasi tumbuhan buah Kalangkala yang dalam klasifikasi tumbuhan tergolong ke dalam divisio Spermatophyta (Tumbuhan biji), Sub Divisio Angiospermae (Tumbuhan berbiji tertutup), Klas Dicotyledoneae (Tumbuhan berkeping dua) saat ini memang sedikit turun tingkat kepopulerannya khususnya di kalangan anak muda

Padahal tanaman yang tergolong kedalam tanaman keras/tahunan (paranual), berupa pohon (arbor), tinggi 10 – 20 m. Percabangan jarang tidak terlalu rapat. Daun tunggal, besar, bentuk memanjang. Buah berbentuk bulat, kulit buah lunak, separoh buah ditutup oleh kelopak buah yang keras berwarna hijau. Kulit buah muda hijau, berangsur-angsur merah kalau matang. Daging buah lunak, berwarna putih tersebut, merupakam salah satu tanaman khas Banua / Kalimantan.

Bahkan, tanaman yang biji buahnya berbentuk bundar, keras berwarna coklat ini mengandung banyak manfaat jika kita makan.

Manfaat dari buah sayur Kalangkala selain hanya untuk menemani makan siang kita ini diantaranya, Biji Dari BUAH KALANGKALA Dapat di gunakan Untuk mengobati Bisul dalam bahasa latinya abscessus,

Dengan cara pengexstrakan terhadap Biji BUAH KALANGKALA. Kita dapat melakukan sangrai terhadap Biji BUAH KALANGKALA, setelah di sangrai tumbuk hingga halus lalu tempelkan di daerah kulit yang sedang terkena Bisul.

Hal ini bisa dilakukan, karena Biji BUAH KALANGKALA mengandung senyawa alkaloid, Dimana fungsi dari alkaloid Sebagai anti bakteri. Selain untuk mengobati Bisul,,,

buah kalangkala di pasar

buah kalangkala banjarmasin

buah-kalangkala-dijual

2 comments for "Pohon Resep Rasa Nama Lain Gambar Buah Kalangkala & Cara Memakan "