Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Mengatasi Ikan Arwana Baru Beli Mogok / Susah tidak Mau Makan

Arwana Makan

Saya baru beli ikan arwana banjar red sudah 3 hari kenapa ya kok tidak mau makan-makan, background sudah saya ganti warna putih, makanannya sudah saya kasih ikan koral, cere, cacing beku, ulat hongkong, jangkrik, sampai cacing hidup saya kasih tetap saja tidak ada kelihatan makannya.

Kalau ikan arwana mogok makan, jangan panik. Karena Aro bisa tahan sampai 1 minggu tanpa makan, itu pengalaman saya.

Mungkin masih stress ikannya. Biar Ikan tenang dulu. Terus lampunya matiin siang malam dan tambah heater stel kira-kira 30 - 32 derajat saja.

Kalau seminggu belum mau makan juga kasih pil hobies buat penambah nafsu makan, satu biji tiap sehari sekali sampai nafsu makannya normal. Kalau nafsu makan arwana sudah normal distop pil hoby nya. Cukup kasih satu tiap habis ganti air saja.

O iya, coba juga turunkan ketinggian air, karena kalau ikan kecil ga kuat, kalau baby aro airnya rendah saja. Dan pastikan waktu ikan baru datang air sudah diendapkan dulu. Jangan kuras air total kalau merasa tidak perlu.

Kemudian kalau makanan, kasihnya satu-satu. Jangan langsung dicemplungin banyak-banyak. Mungkin aronya masih adaptasi sama lingkungan baru. Tutup saja sekelilingnya dengan koran / kain / styrofoam full.

Juga pastikan ikan arwana yang tidak mau makan kondisi ikannya aktif gak? Kalau pasif bisa jadi memang masih shock/stres karena baru. Kalau karena air kurang pas bisa juga begitu, berarti masih belum nyaman sikonnya, kalau begitu bisa dicoba resep herbal dengan rendaman daun ketapang, tidak usah banyak-banyak 1 lembar saja biar gak drastis perubahan air, jika sudah nyaman sikon air (Ph) Insyaallah aktif kembali seperti awal.

O iya  jangan lupa garam ikan kalau ikannya baru datang, kalau perlu tambah tankmate juga, kasih ikan kecil-kecil, lama-lama makan sendiri..

Berikut Cara singkat mengatasi AROWANA MOGOK MAKAN :

  • Cek kualitas air pastikan kadar tds & ph stabil
  • Cek kualitas filter dan kelayakan masa pakainya
  • Bila memungkinkan air untuk diganti lebih baik dikuras secara rutin harian dengan 3 hri skali - 7 hari sekali
  • Pastikan bersihkan juga dinding permukaan bagian dalam tank dengan cara digosok menggunakan spons
  • Cek tempratur air yang diperuntukan untuk ikan arowana 26°-34° ambil tengahnya saja (-+) 28°-29°
  • Pastikan juga semua media berjalan dengan baik. Power head, sistem filter, heater ,& aerator
  • Bila ikan baru masuk tank coba tutup permukaan tank dengan background gelap atau kain dan matikan lampu agar ikan lebih cepat beradaptasi
  • Dan beri arus sesuai dengan ukuran ikan. Agar ikan mudah lapar
  • Puasakan 2-3 hari sesuai ukuran.

Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Ikan Arwana Baru Beli Mogok / Susah tidak Mau Makan"