Sunday, August 19, 2018

Cara Mengobati & Obat Menyembuhkan Mata Juling pada Ikan Arwana

Gambar Arwana Mata Juling

Mata arwana juling sebelah bisa disembuhkan tidak ya??

Aro suka mata turun, kemungkinan dia fokus melihat ke bawat dan cari makanan. Atau takut ada yang ganggu hewan lainnya di bawah/ jenis lain. Soalnya kalau aro lagi lapar kadang suka terus lihat ke bawah kalau di akuarium. Itu yang saya simak si aro punya saya.

Beda di habit alaminya. Dan tidak mau dayung turun. Itu sudah bawaan asalnya. Kalau dayung terus ke bawah dia tidak bisa menahan air dengan secara berhenti. Alias rem mobil kalau kendaran. Kadang orang aro kenapa dayung turun terus ke bawah. Itu banyak faktor oleh manusia. Yang secara kekerasan. Dengan cara dayung dilipat/cara kekerasan lain.

Pertolongan pertama cara mengobati ikan arwana mata juling adalah perhatikan, kalau mendadak juling turun, coba dielus-elus pakai tangan matanya. Seperti nor lagi. Kemungkinan itu mata kaku. Urat sarafnya kaku.

Ngelusnya pelan-pelan saja. Saya sendiri sudah nyoba ko. Aman... Asal jangan ngelusnya kasar. Pelan pelan saja. Dan jangan sampai aro stres kalau bisa. Soalnya aro punya mental beda-beda.

Cara lain setau saya mata juling cuma bisa diobatin dengan cara di operasi. Dibedah mata bagian atas dan dibuang lendir putihnya yang ada di dalam mangkok mata bagian dalam. Operasinya di salon arwana.

Biaya Operasi mata Arwana kisaran 1 juta sampai 2 juta. Tergantung kesepakatan antara yang punya ikan dan yang mau operasi.

Kalau mau belajar operasi sendiri, beli di toko ikan hias, buat arwana. Terus guntingnya yang tipis yang melengkung sering dipakai medis. Kalau belum parah julingnya coba dikasih bola pingpong biar aronya lihat ke atas (sehingga pusat perhatian ikan selalu ke atas) dan tutup semua sisi aquariumnya dengan kain hitam / kardus (bisa pakai apa saja yang penting gelap), sampai sembuh. Lampu jangan terang-terang.

Pakai terapi tutup semua tank. Mungkin bisa membantu, atau kalau punya kolam cemplungin kolam / bak fiber / drum plastik / ember besar juga boleh, lebih bagus lagi dikasih aerasi. Makanannya usahakan mengapung biar otot matanya ga kendor. Kalau belum parah bisa naik lagi alias normal.

O iya, pernah dengar mata racing ga? tanya master yang lain kalau ada, mata racing rata gak menonjol sedikitpun. Makanya susah de/drop eye. Mata Racing adalah matanya gak menonjol keluar. Coba saja perhatikan arowana kamu. Kalau menonjol keluar matanya gak miring itu penyakit. Kalau DE tuh matanya miring.

Jadi kalau ternyata mata mononjol keluar, solusinya  ganti air, kasih acrifravins saja. Sudah 3 hari ganti air 50% dan tambah acrifravin.lagi. Penyebabnya air jelek. Perlu diketahu juga untuk filter pakai kapas filter saja. Karena kalau  pakai carbon aktif di aquarium yang ada arowana sama juga nunggu bom waktu. Tapi kalau carbon aktif pakai di penampungan air sangat bagus.

Bisa juga cara menyembuhkan mata juling arwana adalah dengan Akuariumnnya dikasih kerikil yang warna nya hitam. Biar matanya normal kembali, tapi gak bisa instan, bertahap.

Tambahan, Penyakit DE. Terjadi memang akibat beberapa faktor. Kemungkinan yang paling besar adalah seringnya berburu/seringnya melihat ke dasar kolam, seringnya berenang di pojok tank juga termasuk dalam kemungkinan selanjutnya.

Saran dari beberapa kawan, setelah dicoba yaitu memberikan jenis pakan ikan hidup seperti anakan ikan mas dan mainan bola pingpong. Jika saya tela'ah ternyata dari jenis pakan jkan hidup akan mengundang daya tarik buat aro untuk melihat dan sekaligus melahapnya karena jenis arwana masih termasuk ikan predator yang lebih tertarik terhadap pakan yang bergerak/hidup.

Juga tidak ada salahnya jika mencoba untuk memindahkan aro ke sebuah media tampung yang lebih luas. Benar menurut kawan-kawan, jika memungkinkan bisa tersinari matahari secara langsung karena erat hubungannya sinar matahari baik untuk kesehatan matanya.

Beri pakan ikan hidup yang sifatnya perenang di permukaan air, jika menggunakan tankmate perenang di dasar usahakan dikurangi. Cara ini sudah dicoba dalam percobaan ikan pribadi saya. Sudah ada peningkatan sembuh dari DE kisaran 35% dalam kurun waktu 3 - 4 hari.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.