Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Ikan Arwana Parkir Diam saja di Pojok Dasar Akuarium

Arwana Parkir di Pojok Bawah

Memang agak aneh kalau Aro diem saja. Biasanya kan suka muter-muter ngelilingin aquarium. Paling diam sebentar tapi terus muter lagi. 

Arwana sering terdiam di dasar aquarium, kemungkinan ikan kaget, terganggu dari lingkungan di luar. Kalau sudah begitu karena sering mojok bisa-bisa sirip bawah ada jamur.

Bisa juga disebabkan karena Ikan stress. Bisa karena kualitas air buruk (kondisi airnya ga cocok), tankmate terlalu banyak (atau bisa juga malah tidak ada temennya), dan media filter kotor.

Atau lingkungan baru, masih dalam tahap penyesuaian. Karena pengalaman saya, pernah sebelumnya ga begitu, terus habis beli filter kaldnes k1 moving bed, setelah 2 hari baru dia parkir. Jadi  saran saya jangan dipakai media filter selama pengobatan.

Terus kalau ternyata kita pasang arus di atas, mungkin ikannya lelah renang lawan arus jadi renang menghindar di bawah. Kalau bisa disetting kecilin saja. Arus kalau saya pribadi enak di bawah sambil ngedorong kotoran ke ph. Karena aro kan ikan perenang atas.

Ikan kekenyangan atau kegemukan badan juga bisa jadi malas berenang. Kalau bisa makan jangan kenyang-kenyang untuk menjaga keaktifan ikan mencari mangsa. Dan sesekali dipuasain. Yang terpenting, ingat kata saya "lebih baik kekurangan makan daripada kelebihan makan".

Arwana lagi sakit juga dapat ditandai dengan ikan diam saja.

Bisa juga karena parameter air yang kurang pas. Solusinya, cuci semua media pompo aerator, filter.

Kemudian coba Air kuras 70%,  jangan lupa airnya di endapin dulu semalaman sebelum diganti. Pasang heater (30 - 32), kasih garam (tambahan : untuk aro yang kena jamur, setiap ganti air selalu tambah garam ikan secukupnya, lakukan sampai ikan sembuh), tutup akua pakai bahan kain dll, biar ga lihat orang mondar-mandir, lampu matiin. Saya begitu berhasil. Jangan buru-buru pakai obat, bisa-bisa ikan malah mati.

Perhatikan gambar di paling atas pada artikel ini, itu adalah arwana yang parkir diam di pojok. Sedang gambar di bawah ini adalah arwana yang sudah mulai aktif, setelah dikasih arus dan memasang heater dengan air ketinggian diturunkan menjadi 20cm.

Arwana Diam di Dasar Akuarium mulai Aktif

Selain itu perlu diketehui, ketinggian air yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan arwana parkir di pojok. Saya pernah menangani kasus seperti itu. Diganti background sudah, kecilin watt lampu sudah, pakai garam & heater sudah, tapi ga ada yang mempan masih suka mojok saja. Saya coba tinggikan airnya Alhamdulillah langsung aktif ga pernah mojok lagi.

Jadi tidak semua solusi harus begitu. Misalnya, coba ketinggian air di rubah, kalau awalnya tinggi ga ngefect coba direndahin dan sebaliknya, kita utak atik saja bagaimana supaya aro kembali aktif. Air yang terlalu ketinggian biasanya pengaruh apalagi arwana yang masih kecil.

Di bawah ini adalah video dan gambar, ketika ketinggian air terlalu rendah ikan arwana diam di dasar akuarium, dan setelahnya adalah gambar setelah ganti air 20% + tambahin air.


Arwana sembuh dari Parkir

Suhu air dingin bisa juga apalagi musim hujan, cek suhu airnya dulu.

O iya... dua bulan yang lalu arwana saya juga pernah kena begitu, sisiknya kebuka megap-megap diem saja, juga badannya berlendir kayak jamur gara-gara airnya kotor. Juga suhunya dingin karena heater rusak, gak sengaja pakai cara tradisional, air diganti sampai 3/4 aqua sisanya ditambahin air panas secara sedikit-dikit sampai airnya + aqurium terasa hangat-hangat kuku terus tambah garam ikan alhamdulillah arwana saya sehat walafiat sampai sekarang.

Post a Comment for "Ikan Arwana Parkir Diam saja di Pojok Dasar Akuarium"