Wednesday, August 29, 2018

Obat Mata Katarak / Mutiara Ikan Arwana Berkabut Berselaput Putih Cloud Eye

Mata Arwana Berselaput Putih

Cara pengobatan arwana mata berkabut pakai apa ya?

Mata ikan arwana berkabut dapat disebabkan karena air yang kotor. Atau pengalaman saya mata arwana yang berselaput gara-gara nya aro suka gesek matanya di kaca. Biasanya juga karena jarang ganti kapas filter, jadi sering gak terkontrol.

Dan bisa juga aquarium filter samping membuat mudah banyak bakteri yang selalu nyampur di air sehingga ikan mudah terkena penyakit. Usahakan untuk ikan berkualitas begini pakai filter atas untuk meminimalisir menyebarnya bakteri dalam air yang ga kelihatan oleh mata.

Tapi kita lihat dulu kondisinya, sudah parah apa belum?? kalau belum, pengobatannya gampang, kebetulan saya juga baru kena itu malah kedua matanya. Kalau gak terlalu gawat ganti air, cuci media filter kalau sudah kotor, kasih garam aquarium dan pakai heater 30 - 32.

Kemudian, kalau ternyata pakai garam gak mempan, baru ganti obat.

Note : pemakaian garam hentikan dulu kalau untuk luka mata di ikan (kelihatan luka) tidak efektif. Tapi bisa dipakai kalau untuk jamur dan mata berkabut karena penanganannya beda. Bisa ditambahkan juga fishtality, untuk obat stress dan vitamin.

Tapi kalau sudah gawat saya pakein obat namanya pomade (kalau terkena bakteri) seminggu juga sudah pasti baikan. Dan kalau sudah pakai obat JANGAN DIKASIH GARAM... Kasian ikannya kalau obat campur garam.

Selain pomate bisa juga pakai cipro + heater (Ciprofoxaxin kayak obati louhan), Metaline Blue, Acriflavine sampai air berubah kuning, Oktozine, elbayu, supertetra, tetracycline. Dikasih rutin 2 hari sekali. Kasih salah satu saja, jangan kebanyakan Obat, ntar mabok tu ikan, kasian. Manusia saja bisa over dosis.

acriflavine

acriflavine tampak belakang

Selama pengobatan filter air boleh dimatikan biar obat tidak tersaring karena karbon aktif / arang akan menetralkan obatnya jadi gak ada khasiat obat. Dan lebih baik aerator/oksigen yang diperbesar. Biarkan dan amati hingga mata aro bening lagi.

Aquarium saya ukuran 100x50x50, untuk takaran kira-kira kalau pakai acriflavine atau garamnya tergantung volume airnya. Kan ada takarannya itu, acriflavine 10ml, kalau garam paling 2 genggam / 20 liter air sudah cukup atau kalau tinggi air nya 30cm.

Jangan khawatir bakteri baik akan mati, karena pemakaian garam ada takarannya. Kalau satu tank dikasih 10 kg garam gak cuma bakteri, ikan juga mati. Bakteri dapat hidup pada garam tertentu.

Yang penting sering-sering kuras air secara teratur, cuci semua peralatan aquarium. Dan untuk perawatan kuras air ganti saja 20%, 25%, 30% atau 50%, 3 atau 2 hari sekali terus berulang sampai sembuh. Mulai rajin gosok-gosok dinding dan alas kaca aquarium biar ga ada jamur &lumut.

Bila ada bisa juga dikasih daun ketapang yang disimpan di saringan.

Kemudian kalau sudah sembuh, tetap dilanjutkan untuk menjaga kualitas air dengan menguras rutin minimal 2 minggu sekali. Dan juga makanan jangan terlalu berlebihan biar kualitas airnya stabil.

Dan sebisa mungkin pakai air galon, Jangan pakai air rumah, karena air tanah lagi jelek musim hujan. Dan air di endapin dulu biasanya dari zat kapur air. Kalau selaput putih sudah rontok tiap ganti air tidak usah pakai obat lagi. Tinggal maintenance media filter saja kalau sudah pakai air jernih.

Mata arwana yang putih sering juga disebut Cloud Eye (CE). Banyak products yang simple untuk mengobati ikan seperti disebutkan di atas.

Kalau ternyata katarak, putih semua buta matanya, penyebabnya sama yaitu kondisi air ( gara2 air PAM ya? sehingga banyak bakteri di sekujur badan aro seperti lendir, ekor, sirip sampai sungut grepes hingga ke mata jadi putih bisa diobati pakai Biotik). Kalau sudah begitu pakai obat lukastop juga bisa, banyak dijual di toko ikan. Harus setiap hari pakaikan tapi airnya dikurangin setengah ganti yang baru.

obat ikan lukastop

Setelah pengobatan, biasanya setelah 4 hari, selaput putihnnya mengelupas dari mata sedikit-sedikit. Memang kita harus sabar. Lalu kalau ternyata kita tidak sabar dan ingin menghilangkan selaput putih tersebut dengan operasi kecil menggunakan peralatan seperti pinset atau penjepit sejenis, apakah boleh?

Sebaiknya jangan, ngeri, karena ini bagian paling sensitif.

Singkatnya :
Angkat ikan, Bersihkan tank pakai cairan pembersih kayak porstex atau pakai bubuk PK beli di apotek di rendem 1 hari tank ya, air full sampai ungu jangan dikasih ikan. Besoknya bilas sampai bersih. (Sterilkan tank dulu).

Masukin air baru tapi yang sudah diendepin. Kasih aerator sama PH jangan pakai media. Kasih garam tegntung airnya makin gede tank garam makin banyak. Kalau 1 meter air 20cm kasih 1 pak garam. Sama heater 32. Ikan dipuasaain. 2-3 hari ganti air 50% biasa 5 hari sudah normal, tinggal penyembuhan.

Kalau gak punya tank lagi. Taruh di ember besar kasih aerator jangan lupa tutup. Atau bos sterofoam. Atau di kantongin kasih oksigen kayak orang kirim ikan ga usah 24jam sih. 3 jam juga cukup asal kasih porstex dulu bilas kira-kira 20 menit selesai. Rendam bubuk pk di tank biarin 2 jam saja

Baiklah kawan, kurang lebihnya seperti itu, kalau ada pertanyaan silakan dikomentar.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.