Saturday, September 8, 2018

Cara Mengatasi penyebab Arwana sering Kagetan, Penakut (Takut Lampu, Orang)

Arwana Agresif & Kagetan

Penyebab arwana yang masih ngamukan, takutan dan suka kagetan biasanya adalah ciri-ciri:

1. Ikan yang baru dibeli, adaptasi di tempat baru
2. Baby arwana
3. Cek aquarium, kena pantulan cahaya atau ga?
4. Aktifitas sekitar begitu frontal dan dapat membuat aro stress

Ciri-ciri & Akibat ikan yang kagetan :

1. Grusak-grusuk nabrak kaca
2. Sisiknya copot
3. Nafsu makan menurun, kalau ada orang lewat tidak mau makan
4. Jadi kalau.kita menghampiri tank/aquarium ikanya berenang cepat terus mojok.
5. Kagetan terus dan berenang bolak balik
6. Kalau mati lampu suka kagetan, bahkan loncat-loncat.
7. Penakut, takut Orang, takut Lampu

Memang memelihara aro itu banyak tantangannya, harus sabar. Dan kalau masih kecil wajar, apalagi di tempat sering lalu lalang jadi ikutan kaget gara-gara hentakan kaki. Juga perlu diperhatikan karakter bawaan ikan, namun bisa dilatih kok sesuai dengan perkembangan umur dan ukuran!

arwana di elus-elus


Solusi Cara Mengatasi Arwana Penakut

1. Coba kasih tankmate yang ukurannya lebih kecil dari aronya. Selain itu tankmate juga bagus agar stress nya tersalurkan. Atau sebaliknya, coba kasih tankmate yang lebih agresif, yang suka jail kayak peacock bass atau perrot, kira-kira 1 - 2 ekor cukup. Kalau aku pakai ikan kaviat, silver dollar, dll minimal 3 ekor.

2. Untuk baby arwana yang sering kagetan, apalagi kalau dideketin. Tapi tidak usah khawatir karena lama-lama juga akan terbiasa. Jadi obatnya cuma waktu. Untuk aro yang baru dibeli juga begitu, lama-lama nanti juga akan kenal dengan pemiliknya. Biarkan arwana beradaptasi dengan pemiliknya.

3. Kalau saya kaca tank digebrok-gebrok pakai tangan. Sering diajak main-main. Sering-sering dideketin saja, niscaya aro juga ga takut lagi dan tau siapa majikannya.
 
4. Sering tongkrongin depan tank, smbil gerakin tangan di kaca, jika perlu wajah deketin ke tank. Tapi jangan membuat gerakan tiba-tiba yang sering bikin baby aro kaget. Kalau mau berdiri juga selepas jongkok pelan-pelan, atau pas lagi jongkok, mundur dulu ke belakang  perlahan sekira 1 meter lebih baru berdiri, itu juga pelan-pelan. Intinya jangan bikin gerakan cepat atau reflek, must be calm.

Kalau aro sudah naik mentalnya, mau jingkrak-jingkrak denap tank juga gak masalah lagi.

5. Biar kenal sama majikannya, ajak ngobrol tuh aro. Tapi pdkt nya pelan-pelan saja kalau yang ini. Intinya sering-sering interaksi sama aro.

6. Terus kalau mental lagi jelek, jangan diganggu/dikagetin, tapi pelan-pelan dilatih. Dan kalau dia lagi ga kagetan hajar jingkrak-jingkrak.

7. Kalau saya, malah saya letakkan di tempat orang lewat (tempat orang yang sering lalu lalang bolak-balik) supaya arwananya terbiasa, sekitar 2 mingguan mentalnya naik, ga mudah kaget lagi.

8. Tutup kaca samping dan belakang tank. Biar yang depan saja yang kelihatan. Aro biasanya kaget nya sih dari arah samping, tau-tau nongol orang atau apalah. Atau sementara tutup full dulu semua kaca aquarium pakai koran / kain / sejenisnya, yang atas gak usah ditutup buat sirkulasi ikannya biar adaptasi dulu nanti buka nya bertahap.

Mudah-mudahan sembuh, aku pernah mengalami hal seperti ini. Aku dulu kurang lebih 1 mingguan baru aku buka total, paling lama 2 mingguan deh. Dan buka nya bertahap, nanti sekitar 3 harian korannya dibuka dikit-dikit.

Prosesnya ga lama kok.,asal rutin di beri makan nanti juga tenang ikannya! atau solusi lain, tutup semua sisi yang sering dilewatin penghuni rumah.

9. Dan pas ditutup kain kalau pakai lampu aquarium, dimatiin selama ditutup aquriumnya.

10. Pindah lokasi aquarium ke tempat yang sepi lalu lalang, seperti jangan dekat pintu masuk. Kasih dia tempat yang nyaman jangan terlalu ramai berisik. Arwana aku juga pernah kaya gitu.

11. Ganti air rutin saja 2-3 hari sekali, jaga kualitas air dan kebersihan tank, cukup itu saja nanti normal kembali, jadi gak perlu pakai obat-obatan dulu.

12. Ada trik yang ampuh bagi aro yang suka parkir kalau ada orang, coba sering belai ikan secara lembut, sentuh dengan lembut dibelai-belai. Caranya, pegang arwana nya sampai tenang di tangan, buat si aro percaya kalau dia dalam keadaan aman. Dijamin mental tebel dan kuat. Tapi kalau masih panikan jangan dipegang dulu.

13. Daun ketapang, cuci bersih dulu, cemplungin saja 5 lembar ke aqua. Ntar menjadi agak calm aro nya.

14. Sebenarnya kalau masih kecil kagetan itu wajar, disamperin malah kabur. Coba biasain sebelum kasih makan tongkrongin dulu depan tank. Ntar ikan makin gede makin tau kalau ada orang mendekat itu tandanya mau dikasih makan, maka dia pun lama-lama jadi ga takut sama orang. Itu kalau pengalaman saya sih.

Juga bisa ditambah puasain dulu 3 hari lah. Terus pakannya dipegang di tangan, terus digesekin di kaca baru kasihkan ikannya. Kasih makannya teratur 2x sehari kira-kira di jam yang sama, pagi sore. Nanti setelah beberapa hari dia nyamperin sendiri.

15. Pencahayaan dimatikan dulu.


Pengalaman saya, pernah juga, aro pertama masuk ikan pakai lampu led warna putih panjang 60cm ikan parkir terus kaya takut, besoknya saya ganti lampu led yang ga terlalu terang warna merah panjang 40cm ikan mulai bergerak-gerak tidak parkir lagi. Setelah satu minggu coba pakai lampu led warna putih panjang 10 cm lagi lumayan ga takut lagi dan ga parkir lagi.

Sebenernya kalau aro di bawah 30cm sering kagetan, itu normal. Tapi bagusnya di latih hand feeding sama sering di tongkrongin depan akuarium. Nanti lama-lama kenal sendiri sama yang punya. Ntar kalau sudah sembuh, jadi seperti punya saya, boro-boro kaget, dideketin orang malah ngedeketin balik disangka mau ngasih makan.

6 comments:

  1. Terima kasih, semoga golden red saya juga tidak streas terus, dan cepat besar

    ReplyDelete
  2. Kalo Aronya udah 40cm masih bisa gak
    Aro saya habis di pindah tank malah jadi takut sama orng udah 2 mingguan gimana ngatain nya gan..?

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.