Tuesday, October 16, 2018

Cara Menghilangkan & Obat Kutu Parasit pada Ikan Arwana Gigit Ekor

Ekor Arwana Rusak seperti Sisir

Ada sebuah kasus penyakit aro, sirip ekor tiba-tiba rusak seperti sisir begitu. Dan kelihatannya si Aro merasa gatal. Apakah penyebabnya dan kira-kira apa obat yang bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit pada ekor aro tersebut?

Dalam menghilangkan kutu maupun parasit yang menyebabkan arwana suka gigit ekor tergantung bagaimana kondisi ekor ikan tersebut. Kalau lama-kelamaan ga berubah biasanya akan membusuk / buntung. Syukur-syukur bisa sembuh lagi karena biasa kalau sudah parah ikan nya ga nafsu makan diem terus. Dan kalau gak bisa nanganinnya ikan bisa mati.

Penyebab ikan arwana gigit ekor kemungkinan besar 70% stress & 30% parasit. 

Berikut penyebab secara umum arwana gigit ekor :

  1. Stress
    1. Baru beli
    2. Efek tanning 
    3. Akuarium sempit
  2. Jamur (seperti ada bulatan putih kecil)
  3. Kutu (kutu jarum atau binatang)
  4. Kualitas air kurang bagus 
  5. Parasit yang menempel di ekornya 
  6. Finroot
  7. Terlalu banyak variasi (misal selang PH nyilang-nyilang, pohon-pohon, batu-batu di bawah akuarium) di dalam akuarium menyebabkan kurang oksigen 
  8. Banyak kotoran di dasar = air pasti kotor karena ammonia = banyak bakteri penyakit = ikan sakit
  9. Mungkin aronya gigit ekor karena Background (BG) ,coba ganti BG nya pakai BG polos tanpa gambar, misal pakai BG full biru atau hitam. BG juga bisa jadi penyebab aro gigit ekor.

Ciri-ciri ikan arwana gigit ekor :

  1. Berenang mutar sambil gigit ekornya sendiri.
  2. Aro gelisah 
  3. Berenangnya mondar-mondir dengan cepat, tidak tenang dalam berpatroli. Tidak membentuk pola berenang seperti biasanya.
  4. Ekornya jadi pecah-pecah, ntar sudah parah ekornya habis dikit-dikit.

Macam-macam obat ikan arwana gigit ekor yang dapat digunakan:

  1. Pomate 
  2. Tetracylin (antibiotik buat nyembuhin luka gigit)
  3. Furan G
  4. Abotil 
  5. Arowana vital (vitamin/suplemen)
  6. Daun ketapang 
  7. Super tetra 
  8. Tropical medicine fish 
  9. Acrivlavine  

Cara menghilangkan kutu & parasit pada ikan arwana :

1. Kasih teman tankmate yang banyak seperti catfish, menfish, kapiat, perot, komet. Buat mengalihkan perhatiannya, jadi dia gak kerasa gatel, karena sibuk nguber-uber ikan. Juga pelu diperhatikan ada beberapa jenis tankmate yang brutal malah bisa menggigit aro.

2. Kalau kena jamur, kasih pomate, garam sama heater setel di 32. Dan dipuasakan dulu selama pengobatan. O iya heater ga perlu sebenernya kalau ikan ga sakit, karena lumayan berbahaya ikan bisa mati penyebab heater konslet atau pecah.

3. Sama jaga kebersihan air (rutin ganti air pakai aqua galon atau air endapan), tanknya dikuras habis terus digosok,  habis itu dijemur 1 haru baru dipindahin lagi. Media filter juga dibersihkan, perabotan/peralatan cuci bersih semua rendam air panas selang juga kapas ganti baru.  

Itu mungkin bisa karena arwana stres atau ekornya gatal karena faktor air kotor dan ada bibit kuman.

4. Kalau stress baru masuk atau karena tanning, coba lampu dimatikan dulu. Baru setelah stabil patroli wira-wiri nati hidupkan kembali beberapa hari kemudian pas ikan mau makan lancar coba lagi.

5. Di potong ekornya pakai obat bius.

6. Lihat saja om ada kutunya nggak? kalau ada ambil saja pakai tangan/pinset. Karena kalau dibiarin ekornya bisa robek-robek. Kalau perlu setelah dicabut, bakar parasit itu agar tidak berkembang biak.

Atau gosok ekor pakai tangan sehari sekali sembari kasih obat jamur. Gosok nya ga usah bius lah, pegang pelan-pelan.

7. Kasih arus yang deras.

8. Kalau sudah parah cemplungin ke kolam, bak atau akuarium yang lebih besar.

9. Jangan sering-sering dilihatin, biar nyaman dan gak stress. Kalau akuarium ya tutup ssja biar gak lihat dan dilihat orang.

10. Pakai obat tradisional saja daun ketapang yang kering 5-6 biji taruh di filter air, air berubah jadi kuning nanti.

Untuk parasit di ekor, kalau mau ngobatin ya harus tau jenis parasitnya. Kalau bakteri kasih antibiotik, kalau jamur kasih miconasole atau ketoconazole. Kalau masih gigit ekor ya potong ekornya biar hilang parasitnya. Kalau masih gigit lagi ya kebangetan, udah ga punya ekor kok masih gigit ekor. Jalan terakhir bener kata kawan-kawan, Jual!! hehe... pisss.

Tapi menurut saya kalau mau cari-cari obat mending gak usah percuma, ikan saya dulu sudah berbagai macam obat tapi gak sembuh-sembuh. Sembuhnya cuma pakai heater + garam + arus yang deras. Itu kalau gak buru buru ekor bisa habis. Karena itu penyakit bahaya.

Penyakit aro gigit ekor bisa dibilang susah ngobatinya, bahkan banyak yang sampai aronya mati. Bagi yang minim pengetahuan biasanya dibiarin saja dengan anggapan bisa sembuh dengan sendirinya, dan ternyata ujung-ujungnya mati bahkan tidak sedikit yang dijual murah-murahan karena ikannya sampai ngga ada ekor sama sekali.

Di bawah ini adalah gambar aro saya ekor nya rusak, dan setelah sembuh (before, after)

Arwana Gigit Ekor Before

Arwana Gigit Ekor After

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.