Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Bentuk & Cara Pasang Chip pada Ikan Arwana

Pemasangan chip arwana super red

Pasti banyak yang bertanya bagaimana cara tanam chip arwana? Jadi begini kalau prosedur pengiriman ke luar negeri itu bagus, tapi kalau untuk lokal sudah biasa chip ditaruh di luar. Tapi kalau chipnya dipasang, caranya ikan dibius yang sebelumnya dipuasakan dahulu. Sekiranya sudah terbius dan tidak melawan baru disuntik.

Namun kalau bukan ikan resmi menurut saya tidak ada gunanya chip ditanam. Lebih bagus letak di luar saja. Karena risiko tanam chip, ikan bisa rusak atau cacat jika belum pernah tanam chip. Kecuali oleh orang profesional tanam chipnya.

arwana dibius sebelum dipasang chip

suntik chip arwana

Selain itu biasanya penjual menawarkan chip di tanam atau di luar. Jadi tergantung maunya di tanam atau tidak tinggal ngomong saja. Tapi biasanya untuk uk 15cm ke bawah chip belum di tanam karena pertumbuhan ikan belum stabil, jadi tergantung ukuran ikan. Dan arwana sudah pasang chip di dalam itu minimal 25cm ke atas.

Arwana pasang chip wajib atau tidak? Chip itu ibaratnya akte kelahiran, yang mmbuat chip + serti itu dari pt penangkaran sendiri. Jadi kalau mau diksih sendiri sah-sah saja cara pasang chip arwana disuntik ke dokter hewan, biasanya aro yang dapat chip ikan pilihan. Masing-masing jenis dari banjar, rtg, sr.

Jadi wajib pasang chip karena arowana termasuk hewan dilindungi, chip serti didapatkan ketika kita membeli aro tersebut (untuk jenis SR, RTG, dan Banjar). Untuk apakah harus ditanam sangat direkomendkan ditanam walaupun saya sendiri, ketika aro saya dibeli hanya akan tanam chipnya berdasarkan permintaan buyer tersebut, banyak yang tidak mau chip ditanam karena bisa menyebabkan DE parah, tapi paling ga untuk hobist harus memiliki chip dan serti tersebut.

Kalau ikan resmi dengan Surat-surat lengkap sebagai berikut :
  1. Sertifikat yang dikeluarkan oleh farm dan disahkan oleh BBKSDA dan Chip tanam dibadan
  2. Sats dn yang diterbitkan oleh balai BBKSDA
  3. Surat karantina dari balai karantina

Kalau pengiriman dilengkapi dengan 3 surat itu tidak perlu takut kena sita atau kena razia. Dan pastikan No Chip yang tertera disertifikat dan di sats-dn nomornya sama. Cara mendapatkan sertifikat dan chip arwana yang asli

Kalau ikan resmi seperti yang disebut diatas mau discan di BBKSDA bisa saja. Scan di BBKSDA tidak dikenai biaya. Kalau Chip di badan dan sertifikat berbeda pasti ditanyakan asal usulnya darimana. Kalau tidak bisa menjelaskan bisa saja ikannya kena tahan.

Post a Comment for "Bentuk & Cara Pasang Chip pada Ikan Arwana "