Saturday, November 17, 2018

Cara & Ciri-Ciri agar Ikan Arwana Cepat Bertelur

Arwana naga air

Arwana betina bisa saja bertelur meskipun tidak ada jantannya. Karena semua ikan betina punya telur. Selain itu pembuahan ikan diluar tubuh ikan.

Kalau aro betina sudah matang gonad pasti ada telurnya tanpa harus dibuahi dulu, pembuahan telur terjadi di luar, kalau di aro betina kalau telurnya sudah matang tapi gak dikeluarin itu kalau dalam tank pasti bisa mati. Pengalaman saya bisa bertelur tanpa pejantan tapi tidak menetas

Tidak heran kalau sering kita temukan memelihara arwana bahkan dari kecil tanpa ada jantan tapi setelah dewasa tiba-tiba mengeluarkan telur dengan sendirinya tanpa jantan. Itu bertelur, cuma sayang ga dibuahi. Untuk kasus seperti ini sebaiknya buang saja telurnya karena ga bakalan jadi, daripada membusuk bikin jelek kualitas air nya.

Kalau sudah begitu solusinya, coba cari pejantan yang agak besar dikit, jangan langsung dicampur, sekat saja dulu berdampingan beberapa minggu terus campurkan kedua ikan itu. Siapa tau ada rezeki dan bertelur lagi.

Tapi berdasar pengalaman jarang ada yang berhasil jadi anakan kalau bertelur di tank.

arwana bertelur

Telur arwana di dasar akuarium

Untuk sekali bertelur arwana mengeluarkan sejumlah telur yang tergantung jenisnya, kalau silver bisa diatas 100 ekor, kalau super red cuma 20 - 40 ekor an. Kalau silver telurnya kecil-kecil jadi bisa muat banyak di mulut jantannya, karena sebenarnya kalau aro bertelur itu banyak tapi jumlah berhasilnya ditentukan oleh mulut jantan di dalam berapa banyak dia sanggup mengerami.

Ciri-ciri telur arwana warnanya kuning, biasa berserakan di lantai akuarium. Dan itu terjadi biasanya setelah telur dibuahi dia bakal jatuh ke dasar dan nanti si jantan akan mengerami telurnya di dalam mulut si jantan. Oleh sebab itu kalau memang ketahuan bakal nelur, mending batu-batu yang ada di dasar di ambil saja biar tidak nyelip dikrikil, atau lebih baik aro-aro nya di pindahin ke wadah yang lebih besar biar lebih baik.

Kalau misal gak mau ikannya dipindahin, coba batu-batu yang ada di dasar dikeluarin saja, kemudian dilihat ikannya ada yang mulutnya jadi ngembung sama gak mau makan kalau ada itu lagi ngeram telurnya. Kalau ada yang ngembung mulutnya saran saya,  biarin saja takutnya ntar yang lain dipindahin malah jadi dimuntahin telurnya, yang penting airnya dijaga saja jangan sampai parameter airnya jadi berubah drastis.

Sedangkan cara agar ikan arwana cepat bertelur setahu saya boleh dirangsang pakan belut biar cepat birahi dan mau kawin.

Ciri-ciri ikan arwana yang mau bertelur biasanya tiba-tiba ikan akur diam di dasar, dan kepalanya sering ngangguk-ngangguk.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.