Saturday, January 12, 2019

Cara Ngobati Kucing Keracunan Obat Kutu

e-collar-kutu-kucing

Kucing muntah-muntah terus, berbusa, keracunan obat kutu tetes di tengkuk. Nah bagaimana cara menangani kucing keracunan obat kutu padahal posisi lagi di kampung. Jauh dari dokter hewan. Seperti kebanyakan penanganan si mpuss bisa dikasih :
  • Air Kelapa ijo
  • netralin racun dengan susu beruang, paksa dia agar dia mau menelan nya. Ntar dia muntah, muntahnya beserta racun-racunnya.
  • Kasih air kelapa hijau + madu
  • Kasih norit 1 saja. Norit itu alami kok ga pahit juga kalau dipecah pakai air. Timbang berapa beratnya. Dosisnya 1kg /1butir. Kalau parah tambahin 1 butir lagi, misal berat 2kg kan dosisnya 2butir, kalau parah banget kasih 3butir.

Cara minuminnya bisa dibantu spet biar ketelan.

Kalau saya pengalaman ngobatin kucing keracunan obat kutu dikasih norit, Alhamdulillah selamat stabil dan mau makan lagi. Karena dokter hewannya bisa dihubungi dan dianjurkan kasih norit dosisnya 5 butir.

Norit yang pil, warnanya hitam. Saya masukkan dalam spuit, lalu spuitnya dipakai sedot air hangat. Dikocok ga harus larut semua cukup airnya jadi hitam saja, ditembakkan ke kerongkongannya dipaksa saja. Kalau airnya sudah habis, ambil lagi, kocok lagi, suntikkan lagi ke mulutnya. Terus sampai pil yang di dalam spuitnya habis terlarut.

Saya beli noritnya di apotik, sekalian beli spuitnya, jarum spuitnya dilepas.

Norit kucing keracunan obat kutu

Jadi takut beli obat kutu lagi. Sebenarnya aman kalau pakai obat yang tetes di tengkuk. Jadi dia gak bisa jilatinnya, dari pada yang pakai bedak kutu atau pun spray nya takut dijilatin.

Tapi kok bisa sampai kejilat ya, kan biasa kucing gak nyampe jilat-jilat ke tengkuk. Apa mungkin cairannya ngalir ke samping badannya yang mudah terjilat kali ya.

Jadi usahakan kasih obat kutunya di tempat yang gak bisa dijilat onty. Kemarin aku juga baru ngasih obat kutu diolesin di leher belakang sama belakang telinga. Tapi kalau onty punya banyak kucing mending dipisahin sama kucing lain, biar kucing lain gak jilat-jilat kucing yang dikasih obat kutu.

O iya, Harus pakai obat kutu khusus kucing ya, banyak mereknya kok (merk yang lazim dipakai untuk kucing seperti Revolution, Effipro, Frontline atau detick). Tapi menurut ku yang paling bagus itu revolution cuma 1 tetes kutu langsung ngacir. Kalau ga salah waktu itu aku beli 150rb buat 1tetes di tengkuk. Awalnya aku pikir mahal eh tapi kutu nya langsung ngacir. Jadi ga sia-sia deh.

Terus supaya gak dijilat harus pakai e-collar yang dipasang di leher selama pemberian obat kutu tadi. Obat dan e collar bisa dibeli di petshop atau online.

Dalam pemberian obat kutu kucing jangan lupa cek BB (berat badan) nya ya onty biar ga overdosis. Misalkan Detick harganya sekitar Rp 50rb an, beli untuk yang berapa ml onty.. yang 1 ml atau 2 ml?

Soalnya kalau yang 1 ml itu untuk 1-10 kg BB. Jadi kalau beratnya 10 kg habiskan lansung 1 ml di tengkuknya. Tapi kalau kurang misal beratnya cuma 5 kg berarti kasihnya 0,5 ml. Ditetes di tengkuk di beberapa titik sejajar tulang belakang, pada tempat yang ga bisa terjilat dan tergaruk.

Kalau bisa, habis deberikan obat kutu lansung pakaikan e collar.

Kucing memakai e-collar

Pernah dulu kucing tetangga hampir rip kalau terlambat dibawa ke dokter hewan disuntik 2x dan dikasih obat... Alhamdulillah selamat.. Jadi lagi-lagi sebaiknya kalau ada apa-apa sama kucing kita langsung segera bawa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Share donk bagaimana pengalaman ongkel dan onty? di komen.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.