Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kenapa Induk Kucing setelah Melahirkan tidak mau Selera Nafsu Makan

Kucing melahirkan anak

Kenapa kucing setelah melahirkan malah tidak mau makan? Apa benar karena plasenta anaknya dimakan jadi tahan makan selama 3-4hari? Iya aku pikir juga gitu, soalnya habis baca di internet katanya bisa tahan makan setelah plasenta anaknya dimakan semua sama induknya.

Atau mungkin saja sempat terjadi banyak kekurangan cairan ketika melahirkan sehingga membuatnya jadi lemas.

Mungkin juga disebabkan kondisi yang masih mengalami stress pasca melahirkan dan kelelahan karena proses melahirkan membutuhkan tenaga yang besar. Dapat juga karena merasa tidak nyaman dengan tubuhnya karena adanya luka, infeksi atau peradangan pada bagian tubuhnya.

Coba dicek lagi apakah kelenjar susu atau payudara bengkak dan merah? Bisa jadi karena hal ini. Pastikan asupan makan dan minum tetap baik dan jaga nutrisinya sebab induk membutuhkan banyak nutrisi pasca melahirkan untuk memulihkan tubuhnya dan menyusui anaknya.

Jika ternyata induk kucing tidak selera makan setelah melahirkan ada berbagai cara diantaranya:
  • Jika belum mau makan coba dispet lewat mulut sampingnya, atau berikan makanan basah untuk memancing nafsu makannya, misal dia gak mau makan sendiri, wf (Wet Food / makanan basah) dicampur sedikit air hangat lalu dispetin bisa pakai (rc /Royal Canin recovery), Dan tetap jaga kebersihan dan kenyamanan tempat istirahat induk dan kittennya.
  • Disuapin saja si mboknya telur kuning sama minyak ikan biar nafsu makannya muncul kembali
  • Untuk pemulihan biasanya aku kasih vit B kompleks 1x1 (ipi) setelah persalinan belinya di apotik ga sampai 5rb. Digerus kasih air dikit terus masukkan lewat spet. Dan kalau gak makan sama sekali jangan dibiarkan karena dia menyusui jadi walaupun sedikit-sedikit dia harus tetap makan.
  • Perlu dicoba menu lain untuk merangsang daya cium makannya. Diusahakan sebisa mungkin untuk memberi asupan makanan karena mpus menyusui butuh banyak makan. Coba kasih air gula hangat dispet, terus kasih.madu + kuning telur.
  • Kasih telur rebus, ayam rebus. Sediain saja makanan sama minuman didekatnya.

Selain dikasih makan wet food, jangan lupa kasih vit. Kasih vitamin Nutri plus gel atau Lysin salah satu saja. Nanti 3 harian makanannya mulai dicampur yang basah dan yang kering. Sudah normal lagi baru makanan basahnya dihentikan.

Jadi menurut saya pribadi kucing tidak mau makan sehabis melahirkan karena kelelahan. Dan tidak usah khawatir, 4-5 hari atau 1 mingguan biasanya sudah normal lagi kok makannya onty.

Kalau mpus-mpusku biasanya langsung lahap sehabis lahiran dikasih makanan basah. Dan kalau makannya ga banyak itu ga apa-apa mungkin pengaruh habis lahiran tapi pasti dimakan kok onty.

Oke onty, boleh share pengalamannya melalui komentar.

9 comments for "Kenapa Induk Kucing setelah Melahirkan tidak mau Selera Nafsu Makan"

  1. Trimakasih banyak referensinya.. Kegaloan saya ternawab sudah.. Ini hari ke dua si Fluffy melahirkan, dan hanya mau makan makanan basah saja, semoga bsk ato lusa sdh normal lagi, mau makan dryfood

    ReplyDelete
  2. kucingku tiap hari udah makan makanan basah tp habis melahirkan ini udah 2hari gk mau makan, makan paling cuma 2sendok trus udah gk mau lagi, mempengaruhi kesehatannya gak ya

    ReplyDelete
  3. Duh aku tekor banget makan basah sehari 1kaleng + 2 sachets. Padahal anak nya cm 3 ekor.
    Tp Alhamdulillah dia mau makan.
    Hari kedua aku udh mulai bangkrut beli makan basah, akhirnya aku mix sm makan kering.
    Alhamdulillah mau. Makan basah nya pake wishcas karna dia berair jd bikin air nya itu meresap di makanan kering nya.
    Takerannya stgh sachet sama 1 sdm makan kering nya. Jgn banyak2.
    Gpp sedikit tp sering dr pada banyak2.

    ReplyDelete
  4. Sma kayak aku juga tekor mau nya basah trus aku mix sama kering juga gak mau

    ReplyDelete
  5. Kucingku sudah 3 hari gamau makan,padahal sudah di belikan makanan basah macam2, mulai rc,whiskas, life cat. Sampe bingung harus gimana, tpi tetep tak peksa makan meskipun harus ngespet setiap 1-2 jam sampe gabisa tidur kalo malem, darahnya juga belum berhenti, kadang keluar kadang nggak

    ReplyDelete
  6. Anabulku pagi lahiran,malem'y blm mau makan,cuma minum terus,sempet khawatir krn takut pengaruh ke air susu'y.
    Besok'y baru mau makan & harus d suapin,sekarang uda H+4 dr lahiran makan'y harus d suapin trs tp dry food masi blm mau,kadang sambil dia ngelon anak'y ttp aku suapin.
    Dan pasca lahiran dia malah makin manja,klo anak'y tdr,mau'y dkt2 aku trs,d gendong,png d manja d sayang2,kaya bilang butuh support,dukungan moril krn lelah hihihii gemoyyy

    ReplyDelete
  7. Kucingku awal bru lahitan jg gamau makan, maunya makanan basah di campur ke dryfoodnya atau snacknya campur ke dryfood tp ini udh hari ke 6 dia lahiran kok malah kaya males makan gini ya?makannya dikit2 mana ga pernah mau ngabisin sisa makannya yg sebelumnya lg bingung harus gimana klo kucing gamau makan tuh krna khawatirnya dia lg nyusuin.

    ReplyDelete
  8. Kucingku lahiran anak pertama ga mau ngurusin sama sekali. Bahkan ga mau nyusuin sampe akhirnya anaknya mati semua 😭😭😭 Sampai sekarang makannya masih susah masih dispet walaupun diberi wf kesukaannya dulu sblm melahirkan. Aku menyesal mengapa dulu kubolehin mengandung dan melahirkan. Tahu gini kusteril saja sejak awal. Semoga kamu segera sembuh ya Mimi sayang 😭😭😭😭

    ReplyDelete
  9. Bersyukurlah jika kucing Anda mau makan bahkan menghabiskan makanan saja kerjaannya daripada tidak mau makan sama sekali. Bikin dobel khawatir dan nggak bisa tidur. Kasihan dan khawatir banget.

    ReplyDelete