Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Jadwal Pemberian & Dosis Obat Cacing untuk / pada Kucing

Kucing bermain di rumput
Saya tau kalau kucingku cacingan itu pas anaknya muntah ada cacingnya. Tapi juga terkadang kucing cacingan tidak memperlihatkan tanda-tanda, kecuali jika sudah mulai banyak. Tanda yang paling mudah dilihat di mata onty & ongkel. Biasanya selaput putih sudut mata meninggi dan menutupi sebagian mata. Kalau sudah parah biasanya muntah atau pup disertai segmen-segmen dari cacing.

Pemberian obat cacing kucing biasanya 3 bulanan untuk kucing dewasa 8bln-1th up sesuai berat badan (bb). Sedang untuk kitten 2-7bln rutinitas 1bln 1x sesuai BB kucing. Tapi kalau kucing rumahan lebih aman obat cacingpun bisa mundur asal makannya terjaga.

JADWAL PEMBERIAN OBAT CACING pada KUCING

  1. Anakan umur 6-12 minggu : 2 minggu sekali sampai umur 12 minggu
  2. Lebih dari 12 minggu : 3 bulan sekali
  3. Induk menyusui : 2 minggu setelah melahirkan , dan setiap 2 minggu sampai lepas sapih untuk kontrol Taxocara cati.

Berikan obat cacing sesuai dosisnya dan yang aman khusus bagi kitten dan indukan hamil menyusui, recomended untuk obat cacing yang aman bagi kitten dan indukan hamil menyusui adalah vitaminthe dari virbac.

Untuk obat cacing bagi adult tidak dalam keadaan hamil bisa memakai drontal cat, caniverm ( dosis caniverm per tabnya untuk 10kg BB), biaverm, cat worm , dll.

Ada beberapa kucing yang bereaksi muntah cacing setelah dikasih obat cacing. Dan biasanya pas cacingnya dimuntahkan sudah dalam keadaan mati. Pengalaman kucing aku dikasih combantrin, selang 4 jam muntah ada cacingnya, terus pup juga keluar cacing, ini kucing memang baru pertama kali aku kasih obat cacing.

Kucing memang rawan sekali cacingn, apalagi kucing kampung yang sukanya outdoor kaya kucing saya. Aanakn tertular bisa lewat asi induknya. Kalau untuk kucing outdoor ga perlu 2 3bln baru dikasih lagi, tapi sebuln sekali juga ga apa-apa.

Pemberian obat cacing kucing lebih mudah lewat samping. Jadi kalau ngasih obat di pinggir mulut, bukan di depan, itu juga kaya drh nya yang bilang lebih baik, kalau campur sama air dikit supaya cepet larut ke mulutnya.

Terus kalau kucinganya ga ada ciri-ciri cacingan boleh gak dikasih obat cacing? Terus dosisnya berapa?  Boleh, malahan obat cacing itu wajib, karena cacingan juga bisa menyebabkan kematian kalau cacingannya sudah parah, kasih drontal cat ada di petshop dosisnya sesuai dengan berat badannya, dikasih 3 bulan sekali

Berarti ga harus nunggu kelihatan cacingan baru diberikan ya onty. Jadi harus rutin dikasih obat cacing walaupun terlihat sehat untuk pencegahan.

Untuk drontal, kitten ataupun dewasa bisa semua, dosis disesuaikan dengan berat badan, 1 tablet itu untuk berat 4kg kucing, jadi disesuaikan saja. Jadi kalau kucing berat 2 kg cukup 1/2 tab saja. Sisanya untuk kucing lain. Drontal Cat ada di Petshop disini 1 tablet harga +/- 20.000.

Tapi kalau kucingnya masih bayi sebaiknya kasih combantrin dulu saja. Karena kucingku kemarin yang anakan baru 23 hari disaranin pakai combantrin, dosisnya di saranin dokter hewan 0.2 s/d 0.3 ml saja.

O ya drontal cat tidak boleh diberikan kalau kucing lagi hamil dan menyusui, pas umur anaknya sudah 2 bulan baru boleh dikasih drontal cat si induknya.

Terus usia berapa kucing masih dikatakan kitten? Usia 6 bulan ke atas sudah bukan kitten. Jadi kalau mau diberi obat cacing lebih baik beri Drontal cat yang khusus kucing. Karena Combantrin tidak bisa membunuh cacing pita. 1 tablet untuk 4 kg BB, jadi timbang dulu lalu tinggal dibagi.

Kemudian pemberian obat cacing itu lebih baik diulang 2 mgg setelah pemberian awal, untuk mengantisipasi menetasnya cacing baru dari telur-telur. Lalu diulang 3 bulan kemudian dengan cara yang sama juga.

Salam meong, bagaimana pengalaman onty dan ongkel??

21 comments for "Jadwal Pemberian & Dosis Obat Cacing untuk / pada Kucing"

  1. Ka aku baru mau nyoba ,pake combantrin ,kalo obatnya dicampur sama makanan nya gimana ? Aku beli combantrin yang tablet buat kucing dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku combantrin anak pake nya cuman buat bayi kucing.klo dewasa gak mempan kak, harus pke obat cacing kusus kucing sprti drontal.

      Delete
  2. Kak, dibawah 6minggu ga bisa dikasih obat cacing ya?

    ReplyDelete
  3. Permisi kak, mau tanya jarak pemberian obat cacing sebelum kucing dikawinkan itu berapa hari? Ini punya saya saking birahinya saya kasih obat cacing (dro*tal) dan kawin pada hari yang samas apakah ada pengaruh untuk kehamilan. ?

    ReplyDelete
  4. Mau nanya kk,pemberian obatnya baik digunakan pada malam hari atau pagi hari?

    ReplyDelete
  5. Mau nanya kk,pemberian obatnya baik digunakan pada malam hari atau pagi hari?

    ReplyDelete
  6. Mau tanya... Kalo udah dsuntik obat cacing apa perlu kasih obat cacing lagi selang sehari kmudian?? Soalnya kalo kucing q pup msh ada cacing nya yg msh hidup...mkasih

    ReplyDelete
  7. Mau tanya donk.. Sebulan lalu sy udh kasih obat cacing drontal cat k kucing sy, krn di pupnya ada cacing spt beras. Setelah itu tdk ada cacing lg di pupnya, tp setelah sebulan sy liat ada cacing lg yg spt beras di pupnya, apa boleh sy ksh drontal cat lg? Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Dikasi sblm makan atau sesudah makan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anabul saya cacingan juga. Jd saya kasih combantrin untuk anak². Saya kasih nya sesudah makan,tapi sebelum tidur. Pas paginya saya liat di pup anabul,banyak cacing putih2. Pemberian obat 2 minggu sekali. Dosisnya untuk anabul 1ml. Klw kebanyakan anabul bisa mati

      Delete
    2. Dosis tergantung umur anabul dan berat badanya ya,

      Delete
  9. Usia 1buln boleh di kasih obat cacing ga

    ReplyDelete
  10. semua boleh kasih tergantung dosisnya saja

    ReplyDelete
  11. halo kak, waktu minggu kemarin kucingku tk kasih set tablet drontal krn bbnya 2kg,terus waktu pup masihh ada cacingnya, smpe Hari ketiga stlah pemberian drontal jg msh ada cacingnya, akhirnya di Hari melina aku kasih drontal lagi set tablet jg msh ada cacing, itu gmna ya kak?

    ReplyDelete
  12. Kak kalau untuk kucing usia 3 bulanan dosis combatrinnya berapa ya

    ReplyDelete
  13. Kucingku lagi menyusui dan sepertinya cacingan juga. Dan anaknya baru 3hari, induknya kapan ya boleh dikasih obat cacing? Bantu jawab dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dikasih obat cacing tapi hanya yang benar benar aman seperti vitaminthe

      Delete
    2. Nunggu sampai 2 Minggu kalo baca baca

      Delete
  14. Sy msh bingung dg dosisnya. Ini kucing saya perutnya membesar dan dia lemes. Sy tanya ke pet shop katanya cacingan. Sdh dikasih obat cacing tetes tp kok pemberiannya 2-3bulan sekali. Lha ini kan kucingnya lagi sakit. Jd brp dosis dan bagaimana cara pemberian obat yg benar untuk kucing yg sedang cacingan? Maksudnya brp tetes dan diberikan brp kali sehari sampai dia sembuh? Trs untuk makanannya apa yg direkomendasikan? Saat ini sy kasih makan wet food. Apakah benar? Maaf byk nanya, masih pemula. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih obat cacingnya juga jangan sehari sekali kk takutnya kelebihan dosis. Biasanya 3 bulan sekali

      Delete
  15. Sama kaya anak kucing saya kak. Perutnya besar tapi dibagian tubuh lain kurus. Tapi ga lemes. Ini mau dicoba kasih combantrin. Klu kk sudah ke dokter hewan lebih baik ikuti saran dokter hewannya saja kk.Klu untuk kucing dewasa biasanya 1 ml kk.

    ReplyDelete