Monday, August 26, 2019

Cara Membantu Kucing Melahirkan Sungsang Kaki Duluan

Kucing coklat

Untuk membantu kucing yang melahirkan sungsang sebaiknya segera dibawa ke klinik hewan terdekat untuk dilakukan penanganan yang tepat, disesar misalnya.

Biaya buat operasi cesar untuk kucing setiap klinik berbeda-beda sekitar 800-1jt. Kalau saya 900rb sudah sama obat dan check up.

Jangan sampai kaya kucing tetanggaku ini baru cek up kemarin karena habis sesar.. Anak pertama ninggal keinjek-injek, anak kedua sungsang itu lama banget keluar akhirnya ditetesin minyak sayur didiemn dulu baru ditarik pelan. Nah anak ketiga meninggal di dalam ga keluar gara-gara yang ke 2 sungsang dan kekeringan jadi ga keluar..2hari susah jalan lemes kasian lihatnya baru dibawa ke drh.

Aku sendiri pernah punya pengalaman kucing melahirkan sungsang, mungkin ada sekitar 30menit kittennya nyangkut di jalan lahirnya. Aku lihat sudah gak bernyawa lagi, aku tarik kittennya tapi benar sudah meninggal.

O iya, sebagai catatan. kitten yang kelihatan tidak bernapas waktu lahir perlu dipastikan apakah benar-benar tidak bisa diselamatkan atau tidak.
  • Coba buka mulutnya kasih pernapasan,
  • Pompa bagian dadanya dengan 1 jari.
  • Pegang kaki muka ke bawah dengan buka mulutnya.
  • Kalau memang babynya ga bergerak berarti benar RIP.

Nah kalau masih ada di dalam perut karena yang terakhir kehambat sama yang sungsang cepet-cepet kata dokter takut membahayakan si induk karena infeksi. Karena anak kelamaan meninggal di dalam perut. Ada dua pilihan induksi dan caessar. 50:50 kucing ku induksi antara selamat dan meninggal. Kalau dicaesar 70:30 selamat dicaesar.

Eh aku pilih induksi pertamanya dia ga kuat kata dokter ada kemungkinan membahayakan induk. Dan pilihan disesar berubah bisa selamat atau ngga dokter usahakan. Dan untuk kebaikan si induk, karena anak kelamaan meninggal di dalam perut itu takut inpeksi dia sekalian disteril.. Tapi Alhamdulillah aman jadi ga disteril

Berdasarkan pengalaman tersebut, takutnya terulang pada kelahiran kitten selanjutnya, Saya biasanya kalau lihat gelagat ga beres atau kelamaan, biasanya saya tarik pelan-pelan. Kadang indukan terlanjur lelah untuk kontraksi kalau kelamaan.

Jadi setiap saya lihat sudah mau keluar dikit, saya bantu tarik pelan-pelan,, saat saya tarik induk ikut ngedan, jadi Alhmadulillah ga sampai mati anak-anaknya.

Penyebab kucing melahirkan sungsang.
  • Lahiran pertama. Biasanya kalau lahiran pertama & usia masih dibawah 1th seperti itu, namun kegagalan melahirkan dipengaruhi banyak faktor.

Cara membantu kucing melahirkan sungsang / kaki duluan

  • Coba ditarik waktu bareng kontraksi tapi pelan saja. Aku sudah nolongin 5x persalinan kucing tapi memang tergantung kucingnya onty. Meskipun sungsang kalau kucingnya ngejannya kuat ya tidak apa-apa.
  • Di tarik pelan-pelan sebelum nya lumuri dulu tangan dan kemaluan induk nya dengan minyak baru tarik pelan-pelan. Singkatnya, perut dielus pelan-pelan sambil ditarik perlahan lahan, tapi harus pakai sarung tangan ya.
  • Kalau ga berani narik, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan. biar induknya juga dikasih vitamin
  • Ke dokter hewan, Minta diinduksi perangsang DL. Nanti dia mules-mules. Nanti dibantu tarik kok sama dokter. Pakai minyak. DL kucing disini juga gitu. Kalau dokter disini ngasih opsi normal DL. Jalan terakhir baru Caesar.

 Akibat induk kucing melahirkan kaki duluan.
  • Kalau tidak segera dibawa ke drh kalau kelamaan nanti induknya keracunan bisa meninggal kalau babynya udah rip.
  • Terkadang induknya sudah kehabisn tenaga bisa mati pula.


 #############################
BERBAGI PENGALAMAN PENTING
Ada sesuatu yang perlu dibagi dari pengalaman kucing bengalku waktu melahirkan kemarin. anaknya lahir sungsang dan keluar tidak gerak sama sekali, lemas tidak ada nafas sama sekali dan bisa di katakan mati.

Hampir saja saya bungkus pakai tisu dan mau saya kubur, tiba-tiba ada teman yang waktu itu dia lagi di rumah nyuruh anakannya yang lahir mati tadi didekatkan induknya. Dalam hati saya "mosok siiih kucing mati kok iso urep" tapi teman saya tetep ngotot untuk mendekatkan anakan tadi ke induknya.

Dengan tidak percaya anak kucing yang lahir mati tadi sayan ambil dan saya sedot hidungnya pakai mulut. Terus saya taruh dekat induknya. Sama induknya anaknya tersebut di jilati terus...selang beberapa menit .... ajaib kaki anaknya mulai gerak sedikit dan lama-lama mulai gerak dan keluar suara meong dari anaknya. Spontan saja teman-teman yang ada di rumah waktu itu pada kaget. karena anak kucing yang lahir dan di anggap mati tersebut hidup kembali.

Catatan:
Kalau anakan kucing anda lahir dan mengalami seperti di atas jangan langsung dibuang. Coba dulu langkah-langkah seperti yang terjadi pada anakan kucing saya seperti diatas. Semoga mengalami hal yang sama dan hidup lagi dan sampai saat ini sehat wal afiat. Semoga bermanfaat..........................................amin

 #################################
Cerita lagi sedikit... Waktu puasa 25 mei subuh kucing saya melahirkan 5 ekor ini kelahiran yang pertama, umur sudah hampir 3thn. Waktu itu saya kira sudah keluar semua 3 ekor karena dia udah aktifitas seperti biasa, makan, bahkan pup dan pip, saya tinggal lah gak dipantau lagi, tapi sampai malam masih ngeden dan ternyata ada yang nyangkut diduburnya(?) dan sudah kering, tapi karena pengalaman induk kucing yang lain kalau anaknya nyangkut seperti itu biasanya keluar sendiri maka ibu saya bilang 'udah biar saja nanti juga keluar sendiri'.

Tapi setelah tarawih panik saya sambil nangis ngelihat induk kucing semakin lemes yang tadinya mau makan gak mau makan pikir saya sudah pasti harus ke vet, jujur yang terbesit dipikiran pertama kali 'harus berapa biaya bawa ke drh'.

Ibu saya juga menyarankan besok saja ke puskesmas hewan tapi karena melihat kucing kesayangan tergeletak lemas saya paksakan hubungi drh langganan dan Alhamdulillah bersedia buka walau hari sabtu waktunya libur.

Sampai lah saya di tempat praktek drh langganan saya, setelah di usg ternyata masih ada 2 ekor di dalam perut, karena sudah kering dan induk kucing sudah lemas tidak bisa disuntik perangsang, akhirnya harus di operasi.

Singkat cerita dikeluarkan lah 2 ekor anak kucing yang masih di dalam dengan kondisi lemah disini saya salut dengan para drh yang menangani kucing saya, mereka lakukan segala cara supaya anak kucing saya bernafas.

Dan hingga detik ini saya terus mengucap syukur tak apa lebaran gak pakai baju baru hehe 'jika saya waktu itu tidak bawa kucing saya ke vet apa jadinya....' karena bukan kehilangan anak kucing nya saja tapi induknya juga..

Komentar : Itu namanya lahir sungsang jadi kalau ada peristiwa seperti itu harus ditarik pelan-pelan agar bisa keluar, kalau tidak akan menghambat kucing yang masih di dalam kandungan gak bisa keluar. Kalau tidak keluar maka anak yang ada dalam kandungan akan mati karena kelamaan di dalam kandungan sehingga tidak mendapatkan nafas dari udara luar.

Dan jika tidak segera dilakukan tindakan medis maka yang ada di dalam kandungan akan mati dan bisa menimbulkan racun, kemudian apabila indukannya tidak kuat maka indukannya akan ikut RIP karena racun yang ada dalam kandungan begitu juga ari-ari yang masih tertinggal di dalam kandungan.

Untuk itu kalau kucing habis melahirkan besoknya bawa ke klinik hewan untuk cek kandungan apakah sudah keluar semuanya apa belum anak yang ada dalam kandungan. Jika sudah, biasanya dokter melakukan suntik untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada dalam kandungan pasca habis melahirkan.

Saran saya apabila kucing menginjak usia 60hari lebih baik di USG agar kita tahu posisi anak di dalam kandungan, kapan melahirkan, berapa jumlahnya dan keadaan ank di dalam kandungan, sehingga dengan begitu kita bisa tahu kapan melahirkan dan persiapan apa saja yang harus disiapkan.

Sebagai tambahan, kucing melahirkan itu 60-70hari setelah dari tanggal pertama dikawinkan dan tanggal terakhir kawin, jadi jangan lupa catat tanggal waktu mengkawinkan kucing.

Selain itu, Fungsi dari USG itu,
  • pertamakita bisa tahu posisi anak di dalam kandungan, 
  • kedua kita bisa tahu berapa jumlah anak di dalam kandungan, juga detak jantung, 
  • ketiga kita bisa tahu kapan kucing itu melahirkan sehingga kita bisa siap-siap
  • keempat keadaan anak yang ada dalam kandungan...

Biaya untuk USG setiap klinik mungkin berbeda-beda kalau di solo sekitar 50rb, jangan lupa waktu usia 60 hari pas usg sekalian cliper/ potong bulu di bagian perut agar waktu melahirkan anaknya menyusui tidak tertutup bulu.

Memang jarang sekali kucing melahirkan secara sungsang mungkin kalau kita menghadapi seperti itu kewalahan kebingungan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi menurut saya kita sebagai owner harus siap dalam menghadapi seperti itu terlebih pada kucing yang baru hamil. Jangan sampai kita merasa gak tega dalam situasi seperti ini. Tapi kita harus segera melakukan tindakan demi keselamatan anak yang ada dalam kandungan, terlebih lahir secara sungsang.

Kalau kta meminta bantuan klinik hewan pun kalau pada malam hari jelas tidak memungkinan karena klinik pasti sudh tutup, jadi harus ambil tindakan jangan sampai ditunda-tunda. Saya juga pernah mengalami hal yang sama, kucing lahir secara sungsang bahkan 3x alhamdulillah lancar sehat semua.

Ada juga kasus dimana kucing hamil yang sudah mendekati melahirkan, tapi sampai usia kandungan 70hari belum melahirkan. Kalau seperti ini kita harus segera bawa ke klinik untuk dilakukan USG untuk memastikan kandunganya apakah anak yang ada dalam kandungan masih hdp/ sudah rip.

Karena kalau lebih dari 70 hari tidak segera dilakukan tindakan, nanti resikonya sangat besar. Jika seperti ini biasanya dokter melakukan tindakan suntik untuk memacu agar anak kucing bisa lahir. Tapi jka sudah dilakukan tindakan seperti itu tapi dalam waktu 1 jam tidak keluar-keluar sampai 2x suntikan mau gak mau harus dilakukan operasi sesar demi anak yang ada dalam kandungan.

Jadi saran saya jka kita mau mengawinkan kucing, jangan lupa catat tanggal kawinnya berapa, selesai kawin berapa. Jadi ini bisa memastikan kucing kita mau melahirkan kapan, sehingga kita bisa persiapan sejak awal.

Alhamdulillah selama saya ngerawat kucing kalau ada kucing yang melahirkan, saya sendiri yang menangani dari awal sampai akhir.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.