Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Makanan Alami untuk Kucing Menyusui

anak kucing bermain

Untuk kucing menyusi baiknya kalau bisa makanan yang alami. Misalnya sering-sering saja kasih makan soalnya manusia juga gitu, ibu menyusui pasti selalu merasa lapar, banyakin protein seperti daging yang dikukus, telur, susu juga penting.

Untuk kasih makanan yang proteinnya tinggi disarankan kasih kuning telur seminggu 3 kali, sedangkan untuk pakan, baiknya pakai yang proteinnya di atas 30%. Jenis & Porsi Makanan untuk Induk Kucing Menyusui.

Dibawah ini adalah makanan alami untuk kucing menyusui.
  • Daging ayam giling paling bagus tanpa bahan pengawet.
  • Ikan/ayam yang fresh is always the best.
  • Leher ayam di rebus, Caranya : Blender halus, Bagian leher soalnya banyak persendian & sum-sum tulang.
  • Kalau mau masakin wetfood, bikin puding, cuma ayam atau ikan segar, direbus, blender, masak lagi campur agar-agar. Bisa disimpan kulkas beberapa hari.
  • Kepala ayam rebus buat kucing menyusui, ibu dan anak-anak nya jadi pada gemuk dan sehat. Kepala ayam per kilo nya murah kok.
  • Air rebusan ayam dan ayam rebus, tapi rebus nya jangan dikasih apa-apa ya, kaldu nya dicampur ayam swir-swir.
  • Kasih kuning telur + madu juga buat tenaga induknya
  • Parutan tempe campur wet food  
  • Biasanya kalau induk kucing yang susah makan, untuk mancing supaya mau makan dikasih ikan tongkol rebus dibuat sendiri, dikasih bulet-bulet saja.
  • Kasih kuning telor, daging, keju, ikan kukus, tempe. ngasihnya berselingan

O iya penting. Jangan kasih tulang-tulang sisa karena gak baik buat kucing.

ayam rebus makanan kucing

#########################
Kalau kucingku yang lagi menyusui di rumah biasanya dikasih kepala ayam presto. Kasihnya utuh karena kalau sudah dipresto tulangnya jadi lunak. Di pasar banyak yang jual, tadi belinya sekilo nya cuma 5 rb, beli 3 kg setelah dicuci dan dibuang paruhnya, lalu dipresto, tinggal 1,5 kg berat bersih.

Saya di Bekasi.  Di pasar tempat saya 5 ribu dapat 10 kepala + leher ayam malah dilebihin 1.

Cara membuat kepala ayam presto, kalau kepala ayam yang saya beli, hanya dicuci, dibersihkan dari darah dan bulu, lalu ditiriskan, baru dipresto, lama mempresto sekitar 35 menit, setelah itu tutup klep nya berdesis dan api dikecilin. Ayam yang dipresto nggak dicampur bumbu-bumbu seperti kalau buat lauk untuk manusia.

Untuk si mpus saya usahakan makanan yang alami, bukan olahan pabrik yang nggak tau kandungan kimiawinya, karena berpotensi sakit kalau dikonsumsi terus-terusan. Merk Makanan, Nutrisi & Susu yang Bagus untuk Kucing Menyusui.

Sebenarnya kita dan kucing atau hewan atau peliharaan lainnya atau tumbuh-tumbuhan, bila selalu dikasih makanan instan alias siap saji yang pada umumnya mengandung zat kimia, maka cepat atau lambat organ vital dalam tubuh kita nggak kuat mengolahnya, sering munculnya penyakit yang aneh-aneh yang sulit disembuhkan, karena racun yang sudah kudu mengendap dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut dan wujud kita sayang pada anggota keluarga kita atau hewan peliharaan kita dan juga tumbuh-tumbuhanan, mari kita minimalkan memberi pakan atau makanan yang instan, dan kita berusaha untuk selalu memberikan makanan yang alami agar derajat dan usia harapan hidup lebih baik, dan hal seperti ini berlaku untuk semua mahluk hidup.

Yang alami lebih tahan untuk menangkal penyakit. Dan yang sering mengkonsumsi makanan atau pakan instan maka akan sering terkena penyakit. Semoga yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat untukehidupan kita semua.

O iya, pernah mendengar juga katanya kalau mata ayam usahakan dibuang karena katanya bisa bikin cacingan. Tapi kalau saya tidak perlu dibuang ga apa-apa kok malahan perkasa-perkasa.

Kemudian kalau bosen ayam rebus biasanya saya ganti dengan ikan rebus.

Kebanyakkan dari onty ongkel nggak mau repot beri makanan mpus kesayangan, langsung beli jadi yang nggak tau kandungan nutrisinya, dalam masa yang panjang bila mengkonsumsi pakan buatan kebanyakan si mpus ngak berumur panjang dan mudah kena berbagai macam penyakit, seperti ginjal, diabet, dan penyakit mal nutrisi lainnya.

Awal nya memang nggak doyan juga dengan kepala ayam, tapi karena tidak ada pilihan lain ya terpaksa makan juga dan akhirnya kebiasaan.

Untuk porsi, berikan secukupnya, sisa hasil presto setelah dingin masukkan di box dan masukkan dilemari pendingin, beri saat dia minta makan, khawatirnya kalau dikasih kebanyakan dan sisa ntar yang makan semut.

Jadi kenapa saya kasih kepala ayam presto, karena saya ambil praktisnya saja, sepanjang si mpus nya mau, ya dikasih, biasanya kalau ikan fresh yang harganya murah ready, saya sering kasih ikan presto agar si mpusnya ngak ketulangan, kepala ayam sebenarnya makanan alternatif saja selain ikan presto.


 ############################
Kalau yang ini resep makanan alami induk kucing menyusui yang lain.

Untuk resepnya selera ya, juga tergantung kesediaan bahan.

Resep wf homemade :
1 kg ikan tuna/ salem
10 kepala ayam
5 kuning telur (atau dengan putihnya)
10 My ikan
Untuk sayurnya bisa sedikit wortel/ brokoli/ labu kuning
1 saset bahan ager tanpa warna
Tempe bisa ditambahkan kalau kucing lagi menci, kalau enggak ya gak usah, soalnya tempe mengandung ragi tidak baik diberikan terus-menerus (kondisional saja)

Cara Membuat:
Semua bahan kecuali bahan ager direbus atau dipresto, lalu dibejek bejek atau diblender sesuai selera kucing. Rebus lagi denga sisa air rebusannya beserta bahan ager sampai mendidih. Setelah matang taruh di wadah, kalau sudah dingin simpan di kulkas.

Post a Comment for "Makanan Alami untuk Kucing Menyusui"