Monday, April 27, 2020

Penyebab Freezer tidak Dingin atau Beku Sebagian

freezer penuh makanan

Kenapa makanan yang ada di freezer bagian atas hanya dingin tapi tidak membeku, sedangkan di bagian bawah membeku?

Jawaban 1: 
Bisa jadi karena termostat tidak diset cukup rendah. Biasanya 10 derajat di sisi freezer.

Atau mungkin disebabkan sirkulasi di dalam freezer (kipas di belakang penutup plastik di bagian dalam) tidak berfungsi. Atau ada kebocoran dari engsel pintu (Cobalah rasakan dengan tangan Anda di sekitar segel pintu untuk merasakan aliran udara dingin, kalau iya berarti ada kebocoran).

Dan jika ternyata pintu bocor maka kompresor akan bekerja lebih keras, lama dan sering dari biasanya.

Penyebab lainnya adalah unit tidak dapat menghasilkan pendingin yang diperlukan karena kumparan evaporator atau koil kopas penuh dengan kotoran debu atau rambut sehingga menyebabkan freezer terlalu panas.


Jawaban 2 :
secara umum loop pendingin di dalam freezer menyambung, jadi jika bagian bawahnya bekerja maka harusnya di bagian atas juga dingin. Tetapi saya curiga ada beberapa loop pendingin yang terpisah.

Untuk memeriksanya, coba layangkan telapak tangan Anda di sekitar permukaan bagian dalam freezer untuk melihat apakah ada permukaan bagian dalam yang lebih hangat dari yang lain?

Jika gulungan bagian atas hangat, maka periksa kipas dan gulungan evaporator (di bawah atau di belakang unit freezer) dalam keadaan bersih. Karena kipas atau gulungan yang kotor dapat mengurangi efisiensi pendinginan dan menyebabkan pendingin menjadi panas yang akhirnya dapat menyebabkan gulungan hangat di satu ujung loop pendingin di dinding freezer.

Dugaan saya yang lain adalah mungkin segel pintu sobek atau bocor atau engsel pintu tidak selaras sehingga membuat udara dingin keluar. Dan tentu saja panas naik ke atas yang menyebabkan udara hangat berada di bagian atas

Gunakan senter yang terang di dalam freezer, hadapkan ke depan dan tutup pintu, kemudian dengan lampu kamar mati (di malam hari), periksa di sekitar segel pintu untuk melihat kebocoran cahaya.

Beberapa segel mudah diperbaiki, dan beberapa perlu mengeluarkan plat yang kacau, beberapa lem, untuk lebih jelasnya buka manual pemeliharaan untuk model freezer yang Anda miliki. Atau jika diperlukan dapat meminta bantuan seorang ahli.

Jika engsel yang bermasalah, biasanya kita hanya perlu menyesuaikan dengan sedikit melonggarkan beberapa baut di ujung pintu, tekan pintu dengan kuat sehingga segelnya kencang, kemudian kencangkan baut. INGAT!!! JANGAN benar-benar melepaskan baut, cukup sekitar setengah putaran saja.


Penyebab Freezer tidak Dingin atau Beku Sebagian

Mungkin tampak aneh melihat freezer yang beku sebagian, atau tidak membeku sebagian, namun ini sebenarnya adalah permasalahan freezer yang umum.

Jika kita memiliki freezer yang mengalami masalah ini, bukalah buku panduan yang disertakan dalam pembelian freezer tersebut untuk mengetahui dimana sistem kipas di dalam freezer. Mungkin perlu sedikit menarik freezer dari tembok untuk mengakses panel belakang dan menemukan sumber permasalahannya.

Sirkulasi Udara

Ketika separuh bagian atas freezer tidak berfungsi dengan baik, dapat menjadi pertanda bahwa sirkulasi udara yang ada di dalam freezer tidak berfungsi. Dengan kata lain, pendingin freezer masih berfungsi dengan baik tetapi udara dingin yang dihasilkan tidak dapat menyebar ke seluruh ruangan di dalam freezer. Malah sebaliknya, pendingin itu mengendap di dasar freezer (panas naik ke atas) yang mendinginkan bagian bawah dengan baik. tapi melewatkan bagian atas.

Masalah Kipas

Masalah sirkulasi udara biasanya disebabkan oleh masalah kipas. Temukan dimana kipas terhubung ke sistem pendingin dan memompa udara masuk ke dalam freezer. Jika bilah kipas macet atau beku, maka kita dapat melonggarkannya atau mengganti kipas. Jika kipas baik-baik saja namun tidak menyala, maka kita dapat mengganti motor atau memanggil tukang kulkas untuk memeriksa kelistrikan secara lebih rinci.

Masalah Filter

Jika kipas bekerja dengan benar, lanjutkan cek pada bagian filter. Filter ini sama seperti filter pada AC di rumah Anda yang dapat tersumbat dari waktu ke waktu. Nah, inilah yang mungkin memperlambat aliran udara sehingga tidak dapat beredar dengan benar melalui freezer. Kita dapat memesan filter baru kemudian menggantinya.

Masalah Evaporator
Evaporator adalah bagian dari kulkas yang membantu refrigeran (zat pendingin) melepaskan panasnya dan melanjutkan bentuk seperti gas. Evaporator ini menggunakan kumparan yang dapat membeku atau tertutup debu yang menghambat kinerja. Jika evaporator tidak berfungsi dengan benar, dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas sirkulasi. Bersihkan kumparan evaporator untuk memperbaikinya atau undang tukang servis.


No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.