Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Penyebab Kompresor Kulkas Overload Panas Banget dan tidak Bergetar

kulkas isi buah dan daging

Seminggu yang lalu, saya dikejutkan dengan kompresor kulkas yang terlalu panas. Karena hal ini dapat menyebabkan kebakaran, atau jika dibiarkan, maka makanan yang di dalamnya dapat menjadi basi.

Perlu tindakan segera untuk mencari tahu permasalahan kerusakan pada kulkas tersebut kemudian memperbakinya.

Kompresor kulkas yang panas banget  disebabkan :

Kompresor
Secara sederhana, kompresor kulkas yang terlalu panas umumnya disebabkan karena masalah pada sistem pendingin. Bisa jadi thermostat kulkas diatur terlalu rendah, atau tidak ada cukup zat pendingin (refrigerant).

Kondensor
Koil kondensor berfungsi untuk menghilangkan panas yang dihasilkan dari dalam kulkas. Seiring berjalannya waktu, kumparan ini dapat ditutupi oleh kotoran debu dan partikel lain sehingga panas tidak tersalurkan dengan baik.

Kemudian panas tersebut dapat menjalar ke bagian lain dari sistem pendingin, termasuk kompresor yang mengalami kenaikan suhu. Untuk menghindari masalah ini, lakukan pembersihan gulungan kondensor secara berkala.

Kipas Pendingin
Kompresor memiliki kipas pendingin yang terpasang di dalam unit untuk menghilangkan panas yang dihasilkan, karena refrigeran (zat pendingin) diubah dari cairan menjadi gas dan kembali lagi.

Kegagalan kipas pendingin dapat menyebabkan kompresor terlalu panas.


Kompresor Kulkas Panas dan tidak Bergetar 

Kompresor bergetar saat beroperasi, mereka harus bergetar dengan getaran yang monoton. Suara dengung tanpa kebisingan kompresor dapat mengindikasikan bahwa kompresor tidak beroperasi. Bahkan jika tidak ada suara sama sekali dapat mengindikasikan bahwa kompresor tidak berfungsi.

Kompresor dipasang dengan bantalan kaki karet sehingga mengurangi getaran yang dihasilkan. Dengan demikian, harusnya bising yang terjadi pada kompresor hanya dapat didengar paling baik saat berada di dekat kompresor.

Penyebab Kompresor Kulkas Overload 

Cara mengecek overload protector
Overload protector dibuat untuk melindungi kompresor dari kerusakan. Lokasi protektor overload bersamaan dengan relay starter berada dekat kompresor. Kompresor umumnya ada di bagian belakang bawah kulkas.

letak kompresor kulkas

Perhatikan gambar di atas, yang label A adalah kompresor, sedangkan yang label B di dalamnya ada overload protector. Overload ada di dalam Box atau kotak, Untuk mengaksesnya kita buka saja box tersebut seperti gambar di bawah ini.

overload protector kulkas

overload protector kulkas

Post a Comment for "Penyebab Kompresor Kulkas Overload Panas Banget dan tidak Bergetar"