Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Mendinginkan & Mengatasi Suhu Tubuh Badan Ayam Bangkok Aduan Panas

suhu tubuh Ayam bangkok panas


Pak lek, Ayam kok sering mati begini? cuaca panas? apa dia pengen minum es? piye to cara mengatasinya? pertama-tama kita harus paham bagaimana sistem pendinginan pada tubuh ayam itu sendiri.

Hewan lain selain ayam menstabilkan suhu tubuh mereka dan mendinginkan kulitnya melalui kelenjar keringat. Tapi ayam tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh karenanya panas dari tubuh ayam dapat dikurangi dengan memindahkan panas dari ayam ke benda lain yang lebih dingin seperti kandang, lantai kandang, dan bahan alas.

Kemudian yang mempengaruhi tubuh ayam panas adalah pergerakan udara di lingkungan sekitar yang panas sehingga menyebabkan ayam mengeluarkan panas melalui sistem pernapasan dengan terkesiap.

Tapi secara umum pada saat suhu udara antara 28-35 derajat celcius, cara pendinginan ayam adalah melalui transmisi panas kulit dan jambul. Hal ini dapat kita lihat dengan mudah pada saat ayam menunjukkan tanda-tanda mengepakkan sayapnya. Dengan mengepak-ngepakan sayapnya, memungkinkan tubuh lebih terkena udara seperti saat kita menggunakan kipas.

Penyebab Suhu Badan Ayam Bangkok Aduan Panas

Selain itu, coba lihat ayam yang mencari tempat, biasanya di sudut rumah kemudian menggali-gali tanah untuk menemukan tempat yang dingin. Karena tanah digali semakin dalam semakin mengandung kadar air. Oleh karenanya ayam yang dikurung akan mudah terpengaruh cuaca panas daripada ayam yang dilepasliarkan atau dibesarkan di tempat yang beralaskan tanah.

Terutama di kandang yang sempit, akan susah untuk ayam menemukan tempat yang terdingin. 

Namun ketika suhu tubuh ayam mendekati 39 derajat celcius hal yang saya uraikan di atas tidak akan menjadi efektif. Kemudian ayam akan mulai mengeluarkan panas melalui sistem pernapasan. Jadi saat cuaca panas bisa kita lihat ayam menunjukkan tanda-tanda terengah-engah dan bernapas lebih cepat. Biasanya cepat atau lambat jika tidak segera dievakuasi ke tempat yang lebih dingin maka ayam akhirnya akan mati.

Untuk saya pribadi, dalam hal mengurangi suhu tubuh ayam yang terlalu panas bisa dengan cara :

Menanam pohon di sekitar kandang

Menanam pohon di sekitar kandang ayam, karena pepohonan membantu udara di sekitar kandang menjadi lebih dingin, sehingga menyebabkan area kandang memiliki kelembaban yang baik. Tanaman yang dianjurkan adalah seperti pohon pisang dll. Semakin rapat pepohonan di sekitar kandang ayam, semakin sejuk udaranya.


Gantung sayuran untuk menghilangkan stres

Dengan menggantung buah atau sayuran di siang hari untuk dimakan ayam akan membantu ayam menghilangkan stress. Karena ayam suka bersaing, sehingga sayuran dan buah-buahan tersebut akan dipatuk ayam,  hasilnya ayam asyik bermain dan stres berkurang


Sirkulasi udara yang baik

Sebaiknya kandang ayam memiliki ventilasi yang baik di musim panas. Jika saat cuaca panas tidak ada saluran pendingin yang baik maka akan menyebabkan ayam kepanasan dan mati karena bau kotoran ayam semakin kuat, pada akhirnya membuat kondisi kesehatan ayam semakin buruk.


Siram air di atap kandang

Dengan menyiram air di atas kandan akan menyebabkan area dalam kandang menjadi sejuk.


Memberi sayuran atau pisang cincang di siang hari.

Rekomendasi sayuran yang dapat membantu mengurangi panas pada ayam adalah buah-buahan yang berair seperti mentimun, semangka, pepaya matang, melon matang, apel, pisang cincang. Buah-buahan ini akan menambah air dalam tubuh ayam sehingga membantu tubuh ayam menjadi lebih dingin dan juga menghilangkan stres dengan sangat baik.


Demikian, semoga bermanfaat

Post a Comment for " Cara Mendinginkan & Mengatasi Suhu Tubuh Badan Ayam Bangkok Aduan Panas "