Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Penyebab Kenapa Kucing selalu Tidur di Pasir Litter Box

anakan kucing tidur di litter box

Mau tanya dong onty ongkel. Ini anbul ku gak seperti biasanya tidur di litter box itu masalah nya apa ya? Kenapa kucing tidur di litter box? Takutnya kena jamur. Padahal udah aku kasih selimut kandangnya, tapi dia sukanya tidur di litter box, Gimana ya onty, kalau dia udah tidur di litter box, tak pindahin diatas selimut tapi ya nanti dia balik lagi.

Kalau aku, biasanya aku coba kasih kramik pasti mau tidur di kramiknya karena dingin. Jadi kramiknya itu ditaruh di dalam kandangnya. Dia pengen cari yang adem kali. Kaya mpusku juga gitu ga mau di selimut, maunya di kramik/litterbox.

Baca juga Tips Mengatasi agar Kucing tidak Tidur di Litter Box

Kucing saya kayak gitu. Makanya kalau pas dikandangin gak pernah sama litter box. Pas dikandangin kalau mau pup atau pis pasti dia ngeong, baru saya kasih litter box. Tapi sekarang setelah saya lepas dan saya biarkan bebas keliaran di dalam rumah, dia ga pernah lagi tidur di litter boxnya.

kucing tidur di litter box

Berikut Penyebab Kucing Tidur di Pasir Litter Box

1. Kedinginan
Biasanya itu karena dia cari yang hangat. Kalau di litter box menurut dia lebih hangat daripada kasurnya dia, ya dia suka tidur disitu jadinya.

2. Stress
Kucing saya sempat tidur di litter box juga saat pemulihan operasi dan saat ada kucing baru. Biasanya dicari dulu stressornya apa. Mungkin teman baru, lingkungan baru, bau baru, makanan baru atau memang kondisi medis (harus dibawa ke vet). Sebisa mungkin buat nyaman dengan sediaan makanan dan air bersih, lebih baik jika ada mainan kesukaannya. Kalau kucingnya suka catnip, bisa juga dibantu berikan beberapa jumput. Catnip itu sejenis tanaman yang disukai kucing.

3. Bisa jadi cuaca panas dan tempat tidurnya kotor
Setidaknya dicuci, kucing ku juga gitu cari tempat yang bersih, (biasanya pasir lebih disukai kalau cuaca panas / dingin ). Atau kasih alasnya pakai keramik atau akrilik biar adem. Mpus cenderung suka yang adem. Mpusku suka di lantai daripada dikasih alas/kasur, kadang malah tidurnya di kamar mandi.

4. Gara-gara tidak nyaman tidur di besi.
Coba di kandang dikasih semacam alas buat tidur.

5. Sakit
Kucing saya jantan 1,5 th dulu juga gitu, bolak-balik ke liter box tapi ga pip atau pup. Sehari kemudian lemes ga bisa berdiri. Saya bawa ke drh yang 1 ga mau nerima, katanya sudah koma. Saya nangis, disarankan ke drh yang 1 lagi Alhamdulillah sembuh. Opname 10 hr diagnosa infeksi saluran kencing. Saya tengokin disana pip nya berdarah kental sampai ga tega lihatnya. Tapi Alhamdulillah tertolong dan sekarang sudah sehat kembali.

Kucing tetangga malahan (jantan umur 19 bulan), sudah 3 hari ini kelihatan kurang sehat, gejala:
- gak mau makan sama sekali, berat badan turun drastis.
- lemes seperti kesulitan jalan
- bolak balik ke litter box, tapi gak pup atau pip, sekarang kadang malah tidur di litter box.
- belakangan ini sering tidur di kamar mandi, gak tau kenapa. Padahal sebelumnya gak pernah.

Setelah dibawa ke vet, hasil analisa dokter adalah infeksi saluran kencing. memang biasa dialami kucing jantan. Penyebabnya. kucing kurang minum atau kurang gerak atau makanan kurang bagus. kesimpulan, kucingnya memang kurang banyak gerak. Untuk sementara sudah disuntik obat demam dan pelancar saluran kencing. 2 jam kemudian bisa pip tapi keluar darah.

Post a Comment for "Penyebab Kenapa Kucing selalu Tidur di Pasir Litter Box"