Monday, February 25, 2019

Tips Mengatasi agar Kucing tidak Tidur di Litter Box

anak kucing tidur di litter box

Mau minta sarannya, Bagaimana mengatasi kucing saya akhir-akhir ini suka tidur di litter box, kenapa ya? Padahal sebelumnya tidur tempat (kasur) yang saya sudah sediakan. Bahkan kemarin selesai grooming tidur di litter box lagi.

Ya mau gimana lagi, kucing memang suka tidur di pasir. Kadang suka gemes sendiri lihatnya. Udah dikeluarin, tapi ujung-ujungnya masuk lagi. Malah enakan banget tidur disitu, mungkin kalau bobok disitu rada angetan kali yah, makanya pewe dia kalau udah di litterbox nya.

O iya, untuk mengatasi kucing yang tidur di litter box, juga perlu diketahui Penyebab Kenapa Kucing selalu Tidur di Pasir Litter Box.

kitten tidur di litter box

Tips agar Kucing tidak Tidur di Litter Box

1. Litter boxnya gak usah terlalu banyak pasirnya. Tinggi 3-4 cm saja sudah cukup.
Biar dia gak bobo disitu. Kan karena tumpukan pasirnya banyak dia jadi hangat dan nyaman buat tidur.

2. Mpus aku juga gitu, tapi pas ada pupnya dia udah gak mau tidur disitu. Coba sediain little box khusus buat tidur. Jadi saya beri lagi tempat di sebelah litter box, bisa litter box kosong atau dialasin kain. Kemudian lihat dia pilih yang mana. Mudah-mudahan dia pilih litter box yang kosong atau yang ada kain nya. Jadi aman yang ada pasirnya.

Awalnya saya kasih box kosong tapi dipipisin juga sama mereka parahnya nempel semua ke bulu mereka. hahha. Agaknya dia suka bau nya. Sudahlah yang pnting kalau habis pup langsung dibuang aja pupnya biar gak blepotan badannya.

Yang sabar saja, biasa mpus suka berubah-ubah sih kelakuannya. Moga cepet sadar dia kalau box nya itu bau. Beranjak besar mereka ngerti sendiri.

3. Kalau saya beberapa kali pengalaman, kucing tidur di litter box karena stress, karena berantem dengan kucing lain, ga betah dengan rumah/ suasana baru atau ga enak badan. Maksudnya ga enak badan tuh ga bisa puppee atau lagi muntah-muntah.

4. Berikan tempat tidur yang lebih layak, kasih sarung, handuk, atau bantal yang menurut kita enak untuk ditempati tidur mpus disamping litter boxnya, mpus aku juga pernah begitu.

5. Setelah dia pup atau pip, litter box nya diangkat keluar. Biasanya kucing punya jadwal pup & pip yang hampir sama. Jadi litter box nya dijam-jam dia pup aja naruhnya.

Kalau aku kasih box itu hanya pada saat dia habis maem minum saja, kalau sudah pada buang hajat box nya aku keluarin. Nanti kalau mereka mau pupip ngeong-ngeong sendiri, baru aku masukin lagi box pasir nya. Ya sih risiko kalau telat masukin jadi pipis sembarangan.

6. Dulu mpusku juga kayak gitu. Selama sebulan tiap dia duduk/tiduran di litterbox ya aku pindahin. Tiap tidur disitu, langsung pindahin saja, kalo rutin mudah-mudahan paham mpusnya. Sekarang sudah ga mau lagi kecuali buat pup/pip.

7. Sering-sering dikasih tau saja, sama dipindah kalau pas tidur. Saya yakin mpus pasti punya hubungan batin sama ownernya. Omongi kucingnya, setiap dia tidur di litter box saya angkat. saya bilangin, misal namanya moza "Moza jangan bobo disini, ini kotor".

8. Kucing ku kalau dikandangin dia tidur di literbox tapi kalau dilepas mah dimana aja. Nah tipsnya jangan dikandangin, mending di dalam ruangan khusus jadi dia ga akan tidur di literbox lagi.

9. Liter boxnya kecilin.
Waktu kitten juga kucing di rumah kaya gitu kelakuanya. Tapi udah gede ilang sendiri kebiasaannya (ya iyalah literboxnya udah gak muat).

10. Mungkin karena kandang kecil

11. Apa mpusnya dikandang terus? Tiap hari harus diajak main minimal 1/2 jam agar energy nya tersalurkan. Kalau sudah capek akan tidur sendirinya. Setiap akan mau tidur di Litter Box nya angkat. Lama-lama dia akan tidur di tempat nya bukan di LB nya. saya suka nonton my cat from hell atau apapun di channel animal planet, Jackson Galaxy cats behaviourist.

momo anak kucing tidak tidur di litter box

12. Mungkin belum terbiasa, biasanya pupnya diambil dulu terus ditaruh di litter boxnya ( buat bantu ngafalnya. Soalnya biasanya kitten cenderung ketempat yang ada bau pup n pipnya lagi ), nanti kucing kan nyariin bau-bau pupnya kalau mau pup lagi. Terus kalau lihat mau pup sembarangan, langsung angkat ke litter box, ajarin pakai tangan buat garukgaruk pasirnya. Memang harus sabar, tapi nanti kalau nyium bau pupnya sendiri lama-lama bisa tertib.

Saya sampai hafal tingkahnya tiap mau pup/pee. Jadi tiap dia uda mau pup/pee mulai mojok langsung aku bawa ke litter box nya. Akhirnya terbiasa deh pup/pee di litter box.

13. Mungkin kittennya merasa kedinginan, jadi dia tidur di pasir biar hangat, kalau nggak caranya dikasih alas, pakai bekas baju/handuk yang sekiranya hangat, atau dibelikan bantal yang bulet.

Kandang nya ukuran berapa? Kalau sekiranya masih luas ditaruh kerdus kecil yang sekiranya dia cukup masuk kayak kerdus santan kara gitu, dikasih kain-kain tebel biar hangat. Kayak kucing ku, sebenarnya mungkin bukan hangatnya kayaknya tapi emang kucing kalau tidur suka cari tempat kotak-kotak gitu. Dulu kucing ku suka banget tidur litter box, terus kan aku bingung gtu mau diapain biar ga gtu. Lah kok pas aku iseng depan kandang bawa kerdus kotakan dia masuk situ, yaudah aku coba masukkan kardusnya juga aku kasih kain sampai tebel gitu Alhamdulillah sampai sekarang ga pernah di litterbox lagi tidurnya.

2 comments:

  1. Kucing baru ak juga gtu kelakuannya,kak. Dua2nya maunya tidur di litter box. Bingung juga gimana ngatasinnya. Ak mau coba cara kakak dlu nih, naruh kardus di dalam kandangnya. Semoga berhasil ya,kak..
    Thx for u'r nice information :)

    ReplyDelete
  2. Kucing aku juga gt tiap abis mandi tdr lagi di lb nya sampe udh bingung banget akhirnya nemu blog ini cara2 nya bakal aku coba di rumah thanks for ur information

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.