Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Sampai Umur Berapa Usia Produktif Kucing Jantan & Betina Bisa Hamil


Mau tanya,kucing udah bisa hamil itu umur berapa ya? Apa umur 5 bulanan udah bisa hamil?

Kucing betina bisa hamil di atas 1 tahun, itu yang bagus untuk kucing hamil biar induk matang secara mental dan fisik. Karena kalau masih di bawah itu masih suka keguguran, kadang rahimnya ga kuat, juga belum bisa ngurus anak.

Sebenarnya umur 6 bulan atau 7 bulan kucing betina sudah bisa hamil asal sudah birahi, tapi ya itu kadang induknya tidak mau menyusui, akhirnya anaknya mati semua. Bahaya & Bisakah Kucing Kecil Umur di bawah 1 tahun, 5 & 6 Bulan Hamil.


Kemudian untuk masa produktif kucing betina masih dapat menghasilkan anak sampai usia berapa? rata-rata umur 1- 6 thn. Bisa sampai 10 tahun juga Tapi biasanya begitu usia 7-8 tahun frekuensi dan jumlah anak yang dilahirkan makin berkurang. Misal kucing muda bisa 2-3x kawin dalam setahun, kalau kucignya udah makin tua cuman 1x aja.

Tapi di rumah, ada kucing liar aja usianya dah 10 tahun masih bisa melahirkan kok.

Bahkan kemarin ada temen yang kucing betinanya sudah 11 tahun tapi masih produktif, cuma kasihan produksi air susunya sudah sedikit, daya tahan tubuhnya mulai lemah, dan gen untuk anakanyapun sudah semakin menurun kualitasnya.

Mungkin sampai di steril atau sampai akhir hidupnya baru berhenti berproduksi.

Usia produktif maksimal kucing jantan berapa tahun? 4- 5 tahun kucing pejantan masih dalam usia produktif. Bahkan berdasar pengalaman tidak ada maksimalnya. Sampai akhir hidupnya.

Ada lagi yang tanya.  Untuk kucing jantan usia produktif menghamili kucing betina sampai umur berapa yah? Kalau ini tergantung kucingnya juga, ada yang 10 bln sudah bisa kawin, ada yang 2 atau 3 tahun baru bisa kawin. Tapi idealna kucing jantan bisa kawin dari umur produktif sekitar 1 tahun.

=========
Baiklah kini saatnya Cat Lover mengetahui kapan usia yang tepat bagi para kucing untuk siap dikawinkan. Beberapa hal di bawah ini akan menjadi alasan tepat untuk cat lover, agar tidak asal mengawinkan kucing sebelum mereka siap secara fisik.

Kucing Jantan

Kucing Jantan akan siap melakukan perkawinan pada usia 6 bulan. Secara mental mereka sudah matang, secara fisik pun juga sudah matang. Namun ada baiknya untuk tidak buru-buru mengawinkan kucing jantan usia 6 bulan dengan alasan; tubuh mereka belum tentu siap melakukan persaingan hukum rimba dengan kucing jantan yang lebih besar dan kuat

Kucing Betina

Berbeda dengan kucing jantan, meskipun kucing betina juga mungkin sekali untuk birahi pada usia 6 bulan, namun usahakan untuk tidak mengawinkan mereka di usia tersebut dengan alasan sebagai berikut :
1. Usia terlalu muda, memberikan resiko prematur pada bayi kucing.
2. Belum mencapai usia produktif yang matang untuk mengandung
3. Tubuh masih terlalu kecil, biasanya jika si betina kecil, akan tersiksa saat digigit dalam proses perkawinan
4. Rahim yang belum kuat berdampak cacat pada bayi kucing
5. Insting betina belum kuat . Sehingga belum mau menyusui

Nah, bagi Onty dan Ongkel dengan kucing betina, lebih baik biarkan kucing anda berusia 1 tahun terlebih dahulu. Usia tersebut sudah cukup matang dan pas dalam berbagai hal, baik dari segi fisik, reproduksi maupun mental.

===============

Pertanyaan dari Pemilik kucing newbies
1. Dokter, rentang waktu antara usia berapakah masa produktif bagi seekor kucing untuk dapat berkembang biak secara sempurna… ??? Jika kita memiliki kucing yang sudah ber usia 5 tahun .. Berapa persenkah dapat berkembang biak (menghasilkan jumlah anak) secara maksimal … ??? Apakah faktor usia juga mempengaruhi dalam menghasilkan jumlah anak…?? Adakah vitamin khusus atau suplemen khusus bagi kucing berusia diatas 5 th untuk membantu nya agar dapat berkembang biak dengan baik (jumlah anak yanbg normal) sebagaimana ketika masih berusia sebelumnya … ???

2. Bagaimanakah kita mengenali /mengetahui bahwa seekor kucing itu tergolong tua ..?? Adakah ciri-ciri fisik yang menonjol pada kucing yang sudah tua ..?? (terkecuali kucing Pedigre )

3. Apakah obat per*ngsang birahi yang dijual di pasaran (khusus untuk hewan ternak), aman digunakan untuk kucing....?? Adakah efek samping yang ditimbulkan .. ?? Lalu jika kita memakai jalur “normal” , vitamin atau suplemen apa yang bisa merangsang dan membangkitkan kucing lebih cepat birahi (Kawin)..?? dan terdapat didalam jenis makanan seperti apa..??

4. Apakah makanan seperti; putih telur dan madu itu TIDAK BAIK untuk kucing ?? Jika sesekali ingin membuat variasi DF adakah makanan alami yang ideal bagi kucing .. selain daging ayam dan daging giling ..?? Apakah manfaat minyak ikan untuk kucing ??

5. Apakah pemberian obat obatan seperti; obat cacing, obat mencret , obat flu …(obat khusus kucing tentunya)… berbahaya bagi kucing yang sedang hamil .. ??

Maaf dokter banyak pertanyaan saya .. sekaligus mewakili teman teman yang newbies seperti saya…
salam santun … sebelum dan sesudahnya saya haturkan trimakasih dokter

Jawab : 
1. 14 bulan sampai 6.5 atau 7 tahun. di pengaruji beberapa faktor : status nutrisi, ideal body weight, status kesehatan umum dan kesehatan reproduksi khususnya selama hidupnya, metode pemeliharaan (berhubungan dengan tingkat kenyamanan dan stabilitas psikologis kucing) dan sebagainya. Seputar berapa %,  dipengaruhi juga oleh faktor-faktor tersebut, bahkan esktrimnya umur 5 tahun sudah tidak optimal lagi untuk bunting dan beranak dengan sukses karena banyak faktor negatif tadi terakumulasi dalam diri kucing betina. Asupan nutrisi yang lengkap yang sudah diformulasikan dengan baik oleh pakar nutrisi (cat food)

 2. Tidak ada organ khusus (meskipun kurang akurat tapi dari tanggalnya gigi bisa dikira-kira)

3 Yang penting tingkat kesehatan secara umum dan juga kesehatan saluran reproduksi khusunya harus sehat dan tidak ada kelainan terlebih dahulu. Karena terapi apapun tidak memberikan efek yang signifikan jika ada gangguan kesehatan. injeksi hormon atauppun produk peternakan beberapa bisa dipakai tapi tentunya harus dengan monitoring dokter hewan

4. Pakan yang baik = lengkap kandungan nutrisinya (cat food). tidak tergantikan dengan yang sudah disebutkan.

5. Kondisi bunting sementara kucing sakit dan harus diobati : pastikan bawa ke dokter terdekat untuk diperiksa lebih detail, biarkan dosis dan jenis obat dokter yang menentukan sesuai hasil pemeriksaan dan pertimbangan medis yang dilakukan

Semoga bermanfaat, Salam meow.

Post a Comment for "Sampai Umur Berapa Usia Produktif Kucing Jantan & Betina Bisa Hamil"