Thursday, August 29, 2019

Bahaya & Bisakah Kucing Kecil Umur di bawah 1 tahun, 5 & 6 Bulan Hamil

Kucing umur 5 bulan

Apakah kucing betina umur 5 bulan bisa hamil? ada yang jawab bisa dan ada yang tidak, kemungkinan tersebut pasti ada. Tapi menurut saya itu bisa, karena bisa birahi bisa kawin, juga tergantung masa subur gak beda jauh sama manusia, terutama kucing dome. Dan itupun ada pengecualian kalau kucing betina dan dikawinin jantan bisa hamil. Tapi kalau kucing jantan 5 bulan ya gak bisa hamil.

Kucing 6 bulan hamil sebenarnya masih dibawah umur. Agak rawan kalau umur segitu, sebaiknya kalau 4 atau 5 bulan sudah birahi kucingnya dikurung dulu demi kebaikan dia. Kasian masih muda sudah hamil. Ibarat manusia masih remaja udah mau punya anak.

Kucingku dulu umur 6bulan sudah bisa hamil lho, jadi hati-hati, dokternya kaget umur segitu hamil soalnya kalau manusia sama dengan 13tahun. Kalau kucing betina bagus dikawinkan umur minimal setahun atau lebih (1 tahun+ 3-4 bulan).

Karena kucing usia dibawah 1 tahun belum siap fisik dan mentalnya buat berkembang biak. Terlalu beresiko. Kasihan,, kalau birahi pertama terus hamil,, risiko ga bisa urus anak-anaknya. Min birahi ketiga kalau mau punya momongan. Sampai Umur Berapa Usia Produktif Kucing Jantan & Betina Bisa Hamil.

Kucing betina yang masih kecil hamil akibat :
  • Pergaulan bebas
  • Main di luar
  • Sering main malam-malam
  • Tidak memakai pakaian yang semestina
  • Diperk*sa kucing garong
  • Pernikahan dini 
  • Kabur 2 hari ga pulang-pulang

Yang terpenting adalah perhatikan tanda-tanda kucing hamil :
  • Perutnya membesar atau buncit (kasih obat cacing coba, takutnya cacingan)
  • Putingnya bengkak, membesar, menonjol
  • Biasa nanti tidur terus.
  • Makannya biasa tapi ga terlalu banyak, agak galak awal-awalnya.

Kalau kucing dome memang biasa lebih cepat hamil daripada Ras. Untuk pastinya coba tunggu aja 2minggu setelah kabur, kalau nafsu makannya double kemudian tidur terus, jadi pemalas & puting nya makin memerah berarti hamil bahkan ada yang mual-mual beberapa.

Dan untuk mengetahui kucing hamil atau tidak biar lebih akurat, mending di USG. Kalau ternyata tidak hamil boleh deh disteril. Tapi syarat kucing bisa disteril adalah berumur setidaknya 1 tahun atau 5/6 bulan steril ga apa-apa, yang penting dalam kondisi sehat dan berat badan memenuhi bb minimal 2 kg.

Tapi tergantung dokternya juga, karena banyak kasus kucing dome umur 5 bulan hamil. Akhirnya susah melahirkan dan harus sc. Jadi sekarang umur 5-6 bulan asal bb 2 kg bisa disteril, untuk mengurangi resiko sc pada induk dan kematian induk & anak.

Malahan ada yang katanya bb 1.8 kg sudah boleh disteril. Ada drh yang syarat bb 1.5 ada yang 2 kg. Coba saja tanya sama vet atau panitia steril.

Kucing teman saya sudah steril, malahan lebih bagus kalau belum birahi katanya. Kalau birahi kata dia bisa pendarahan pas mau disteril.

Tapi kate teman aku yang lain katanya "Jangan!! Kucing betinaku juga umurnya baru 6 bulan. Udah birahi aja. Kalau bawa ke catshop atau ke dokter aku bakalan diingatin berkali-kali "BELUM CUKUP UMUR!KASIHAN!! TUNGGU SATU TAHUN DULU!" gitu kata orang-orang petshop sama dokternya. Ntar udah 1 tahun biarin dia beranak sekali atau dua kali. Baru kalau mau di sterilkan ga apa-apa. Kalau disterilkan diusia dini sebaiknya dipikir-pikirkan lagi.

Keuntungan steril kucing masih 'kecil' begini adalah :
  • kita gak perlu khawatir hamil, 
  • pemulihan lebih cepat dibanding kucing dewasa yang sudah ngelahirin, 
  • gak repot mencari waktu steril (kalau kucing sudah lahiran, tau-tau keburu hamil lagi).
  • hati tenang pokoknya. rasa khawatir pasti ada, karena merasa masih kecil. tapi Insya Allah kalau sehat dan semua syarat terpenuhi, pasti lancar.

Seperti kucing saya kemarin juga masih ABG daripada kecolongan langsung saya sterilkan di drh.

Akibat kucing kecil di bawah 1 tahun, umur 5 sampai 6 bulan hamil :
  • Melahirkan anak tapi gak mau nyusuin anaknya, akhirnya kitten mati semua. Karena usia segitu (5 -6 bulan) masih aktif-aktifnya main sehingga nanti kalau punya anak jelas ga akan mau menyusui. Bahkan yang sudah cukup umurpun belum tentu bisa merawat anak kalau lahiran pertama. Punya teman saya udah 3x proven umur 2tahunan. proven terkhir 7anaknya mati semua karena ga mau nyusuin.
  • Rentan keguguran
  • Lahir prematur 
  • Kemungkinan babynya kecil banget dan ga sehat
  • Risiko saat ngelahirin belum kuat ngeluarin bayinya
  • Melahirkan anak kucing cuma 1
  • Anaknya lahir ga sebanyak mpus dewasa
  • Sulit melahirkan 
  • Kucing melahirkan sungsang, ujung-ujungnya operasi
  • Bisa terjadi pendarahan, karena terlalu dini untuk hamil dan melahirkan
  • Pengalaman punya kucing di bawah 1 th hamil, anaknya ada 5 abis lahiran anaknya didiemin aja, bahkan ada yang ditindih... abis itu si induknya pergi main ga pulang-pulang.
  • Asal jangan stres aja mpusnya ... nanti kaya kucing aku lahiran 4x dimakanin semua, ke dokter katanya kucingnya stress kalau ngga karena usia dia terlalu muda.
  • Pas lahiran pasti anaknya gak diurus,, karena jiwa keibuannya belum muncul
  • Anaknya malah ditinggal maen karena induknya masih abg

Tapi ada yang bisa melahirkan dengan selamat dan bayinya sehat. Kalau memungkinkan konsult ke vet.

Dan kalau sudah terlanjur kebobolan apa boleh buat. Kucing butuh perhatian ekstra, harus dicukupin nutrisinya, Kasih makanan khusus utk kucing hamil, kasih royal canin mother & baby, vitamin juga, biar nanti kandungannya sehat dan lahirannya Insya Allah mudah. Karena kalau muda gitu, nanti susah lahirannya, mentalnya ga siap, terus takut anaknya dimakan / ga mau nyusuin pergi ga balik lagi. Kalau bisa jangan diliarin lagi, harus cukup nutrisi hamilnya.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.