Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Ciri Warna Telur, Darah, & Daging Ayam Cemani Asli, Lidah Hitam

warna telur ayam cemani asli

Izin bertanya master? ciri cemani yang asli bagaimana cirinya? 

Mungkin tepatnya bukan cemani asli atau palsu. Tapi lebih ke kwalitas. Yaitu kualitas Super, sedang dan biasa. Itu kalau menurut saya. Berikut ciri-cirinya.

  • Ayam cemani Super. Hitam kulit nya dapat. Lidah nya juga hitam .
  • Ayam cemani Sedang. Hitam kulit nya ok. Lidah nya hitam keabu-abuan..
  • Ayam cemani Biasa. Kulit hitam kemerah-merahan. Lidah agak keputihan.

Jadi yang membedakan sebenarnya kualitas lidah.

Makanan & Tips Menghitamkan Lidah, Bulu, Organ, Jengger Ayam Cemani semakin Pekat

Ciri ayam cemani asli secara umum: 

Lidah hitam. Kalau begitu apa lidah abu-abu dikatakan palsu? tidak juga, tapi harga lidah hitam lebih mahal. Sebenarnya yang asli hitam lidahnya, tapi karena pakan juga bisa mempengaruhi lidah tergesek makanan jadi bisa berubah abu abu.

Darah tetep merah lah. Sebenarnya darah kehitam-hitaman, jadi kalau ada yang nyari darah hitam itu alasan sang dukun aja. Cari yang realita aja, kalau dalam dunia gaib wajar tapi kalau dunia perayaman nanti di ketawain.

Pada dasarnya cemani nggak ada yang berdarah hitam. Paling merah kehitaman atau seperti warna coca cola. Jika punya cemani darahnya seperti warna merah kehitaman, itu udah bagus. Umumnya cemani, darahnya merah pekat. Asal pengujian jangan dari bulu ya. karena setiap bulu cemani yang dicabut akan berwarna hitam. Dan itu bukan darah tapi pigmen bulu.

- Kenapa darahnya nggak hitam? Karena hemoglobin tetaplah merah.

Warna merah berasal dari sub unit protein yang dikenal dengan 'heme' yang mengikat besi pada hemoglobin. Oksigen kemudian terikat pada zat besi, dan interaksi antara unit (gugus) heme dan oksigen inilah yang membuat darah berwarna merah.

Ayam cemani asli itu kalau indukannya cemani semua, pasti anakannya itu asli. Cirinya tenggorokan atau paruh atas bawah itu hitam semua. Kalau lidah ada dua versi, ada yang abu-abu ada yang hitam. Kalau ayam itu silangan dengan ayam kampung, pasti dalam mulutnya itu atas bawah gak hitam, malahan seperti ayam kampung biasa.

Telur ayam cemani tidaklah berwarna hitam, maka dari itu jangan tertipu dengan penjual yang mengatakan bahwa telur ayam cemani berwarna hitam, sebab ayam cemani memiliki telur yang  berwarna kecoklatan diakibatkan cangkang telur yang berbahan dasar kalsium dan kapur.

Telur ayam cemani itu warnanya sama seperti telur ayam kampung biasa, jadi bagi yang masih mencari telur ayam cemani berwarna hitam dan meyakini hal tersebut, saya sarankan untuk berhenti mencari cari telur cemani berwarna hitam. Karena niscaya akan keluar banyak duitt. Ditipu oknum-oknum yang mengaku punya telur cemani berwarna hitam. Sudahlah akhiri perburuan tersebut.

- Kenapa cangkangnya putih?

Berdasarkan penelitian, warna putih telur cemani terjadi karena proses mutasi fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam cemani tidak menular pada cangkang telur. Cangkang telur tediri dari kristal kalsium karbonat yang sebenarnya sama pada hampir semua jenis ayam.

Daging Ayam Cemani rata rata Rp 35.000.000.

Ayam cemani asal Indonesia, berhasil menempati posisi utama sebagai daging yang paling mahal di dunia. Ayam cemani ini memiliki warna hitam, hingga ke bagian daging, hingga semua organnya. Populasinya yang sangat sedikit, dan terbilang langka membuat ayam ini dicari di seluruh dunia.

Di Amerika sendiri, satu ekor ayam cemani bisa mencapai harga (Rp 35.000.000). Harganya terus meningkat karena populasinya yang terbatas. Harga ini terbilang sangat mahal untuk ukuran ayam, di mana biasanya satu ekor ayam biasa dihargai sekitar Rp 50.000 saja.


Post a Comment for "Ciri Warna Telur, Darah, & Daging Ayam Cemani Asli, Lidah Hitam"