Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Makanan & Tips Menghitamkan Lidah, Bulu, Organ, Jengger Ayam Cemani semakin Pekat

Ayam cemani lidah hitam pekat


Ciri-ciri ayam cemani super :  Bulu, ketiak, paruh, dubur, kaki, kuku, jengger, mata, lidah dll semuanya hitam. Jadi ada ayam cemani yang berlidah hitam. Cuma kebanyakan lidah dan kerongkongan ayam cemani yang dijual kebanyakan berlidah abu-abu atau putih. Agak jarang memang cemani yang berlidah hitam. 

Dan satu lagi, untuk cemani  yang berkualitas super, pada jenggernya ada 7 buah pial bergerigi. Harga jual ayam cemani tergantung kepekatan warna hitamnya. Semakin hitam pekat, harganya semakin mahal. Jika ayam cemani itu harga yang ditawarkan biasa aja, maka kualitas dari ayam cemani itu juga biasa aja.

Ciri Warna Telur, Darah, & Daging Ayam Cemani Asli, Lidah Hitam

Harga ayam cemani berlidah hitam memang agak merogoh kocek. Dan jika jantan ayam cemani berlidah hitam dikawinkan dengan betina lidah hitam, belum tentu juga nanti anak-anaknya pada berlidah hitam. Seandainya ada anakan yang berlidah hitam, sewaktu-waktu juga bisa berubah lidanya menjadi abu-abu atau putih. 

Makanya jika nanti punya anakan cemani berlidah hitam, agar terus dikasih ketan hitam dan tinta cumi. Pada jenis ayam, akan mengalami perubahan fisik hingga usianya berkisar 5 s/d 6 bulanan. Makanya banyak kolektor cemani lebih memilih cemani dewasa, karena sudah tidak ada lagi perubahan fisik. Jadi belum tentu juga ya nanti anakannya akan seperti induknya.

Sebenernya cemani makanannya sama aja kaya ayam jenis lain pada umumnya. Cuma pada cemani diberikan ketan hitam dan tinta cumi, tujuannya agar cemani tersebut menjadi hitam pekat. Soal itu untuk obat apa, saya juga nggak tau. Apa itu untuk perantara dengan paranormal, kita disini nggak ikut campur. Cemani diburu penggemar karena ayam ini masuk kategori ayam hias. Dan ayam cemani adalah ayam langka dan termahal di dunia. Hanya segelintir orang aja yang memilikinya.

Biasanya dikasih ketan hitam dan tinta cumi. Atau bisa juga merang padi yang dibakar. Terlalu riskan kalau dikasih kluwek. Karena kluwek mengandung sianida.

Kalau pada ayam saya, pemberian ketan hitam hampir rutin tiap hari. Dan untuk pemberian tinta cumi, dicampur dengan air minumnya. Kalau pada ayam saya, pas lagi ada aja tinta cuminya. Kalau lagi nggak ada yah minum biasa. Tapi sebaiknya tiap hari kasih ketan hitam dan tinta cumi. Dan tinta cuminya nggak perlu dimasak.

Waktu usia masih mengalami perubahan fisik pada ayam, sebaiknya dikasih ketan murni. Setelah mulai cukup dewasa, dicampur  jagung nggak masalah. Tapi lebih baik kalau terus murni. Tapi berhubung ketan hitam harganya cukup mahal, bisa dicampur. Dengan catatan, ayam tersebut sudah tidak mengalami perubahan fisik.

Hitam pada ayam cemani karena faktor genetika. Tujuan pemberian pakan dengan ketan hitam dan tinta cumi, maksudnya agar tetap hitam atau menambah kehitaman. Tapi faktor genetika yang punya pengaruh pada cemani.


Post a Comment for "Makanan & Tips Menghitamkan Lidah, Bulu, Organ, Jengger Ayam Cemani semakin Pekat"