Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kenapa Telur Ayam Serama tidak Menetas dan Bertelur Berapa Hari Sekali

Ayam serama


Apakah ada pengaruh gempa, telur ayam serama yang lagi dierami tidak menetas? Yang aku kemaren tidak ngaruh, padahal gempa besar telur 10 netas 9, tapi tidak pakai mesin tetas, dierami induknya sendiri.

Tapi punya teman 8 telur netas cuman 1 ekor, mungkin bukan karena gempa tapi kurang perawatan, masalahnya dibiarkan liar. Nelurnya juga di bawah batang serai, harusnya dibuatkan wadahnya untuk induknya ngeram.

Tapi kalau tidak ada gempe dan tidak juga menetas, ada solusinya, coba telur nya dierami ayam kampung atau ayam lain yang besar, punya saya juga gitu, 8 telur netes 1, pas dierami ayam kampung netas semua. Kalau memang susah menetas, ya karena itu salah satu penyebab harga Serama mahal, nernak nya tidak semudah nernak ayam lain. 

Dan ada lagi penyebab telur serama tidak menetas, biasanya kalau ada telur ayam serama pecah terus kena telur yang lain. Untuk bisa menetas, telur yang lain yang terkena harus dibersihkan. Bersihkan dengan lap basah lap lagi dengan handuk kering, kalau tidak dibersihkan nanti telornya lengket ngga bisa dibolak-balik sama ayam pada saat mengeram.

O iya Ayam serama biasanya bertelur berapa hari sekali? Serama biasanya 1 kali sehari atau 2hr sekali nelornya, normalnya 2 hari sekali. Tapi ada juga yang kalau bertelur jaraknya 3 sampai dengan 4 hari. Kalau kelamaan begini solusinya banyakin aja pemberian pakannya... jangan lupa dikasih vit buatt telur.

Makanan dan Cara Menjaga Anak Ayam Serama Baru Menetas

Setelah itu serama bertelur biasanya menghasilkan 7-8 biji, dan akan dierami selama 21 hari sampai menetas.

Sebenarnya ayam bertelur sampai 4 hari masih wajar. Ambil yang lama simpan di tempat hangat/kasih lampu. Tapi diumbar lebih bagus, biar ayam nyari obat buat dirinya sendiri. Jadi coba diumbar aja, kasih makan pur basah, toge, buah sisa kaya pepaya, vitamin b komplek, kasih pasir dan pecahan kulit telur biar ngasin. Setelah diumbar punyaku normal tuh bertelurnya.

Demikian, jika kiranya ada salah mohon maaf, dan bila ada kekurangan silakan ditambahkan di komentar

Post a Comment for "Kenapa Telur Ayam Serama tidak Menetas dan Bertelur Berapa Hari Sekali"