Thursday, September 2, 2021

Makanan dan Cara Menjaga Anak Ayam Serama Baru Menetas

indukan dan jago ayam serama


Untuk merawat anakan ayam serama pakai lampu 5 watt cukup, kemudian jangan lupa alasnya pakai pasir.

Tips merawat anakan serama yang baru menetas, lebih baik biar dirawat induknya sendiri.

Lama ga sempat nulis di blog ini, cuma mau sharing pengalaman aja ga bermaksud menggurui buat para new comer di dunia serama bantam chicken. Cara merawat anakan serama biar bisa hidup sampai dewasa adalah:

1. Setelah ayam menetas ambil dari induknya.

2. Taruh anakan ayam serama di tempat yang hangat, dalam hal ini saya biasa gunakan kotak kardus bekas mie yang di kasih alas koran bekas.

3. Kasih makan berupa BR 511 campur beras merah sama jagung giling dengan perbandingan 2:1:1  dan di hambur di alas koran.

4. Lampui anak ayam pada malam hari dengan lampu 5 watt dan matikan pada siang hari sembari kotak mie ditutup rapat biar tetap hangat dan anak ayam bisa istirahat.

5. Kasih makan pada pagi dan sore hari saja.

6. Kasih minum secukupnya pada pagi dan sore hari saja setelah ayam minum usahakan air minum di angkat untuk menghindari anak ayam agar tidak minum terus yang akhirnya menimbulkan kurang nafsu makan, pilek dan penyakit lainnya.

7. Tiap pagi ganti alas koran dengan alas baru.

8. Setelah ayam tumbuh full bulu bisa di pisah satu-satu dalam kandang dan kalau malam masukkan ke kotak mie lagi bersama-sama tanpa dilampui dan kotak posisi ditutup.

Demikian pengalam pribadi saya dalam menghindari resiko kematian pada anak ayam serama. Metode ini saya terapkan dengan tingkat keberhasilan hidup pada anak ayam dengan prosentase 99 persen. 

Sebagai catatan tiap breeder punya cara sendiri dalam merawat anakan ayam serama. Jadi metode ini saya share bukan berarti menganggap metode breeder lain salah. terima kasih sebelumnya dan semoga sharing dari saya bermanfaat.

Kenapa Telur Ayam Serama tidak Menetas dan Bertelur Berapa Hari Sekali

Sebagai tambahan

===============================

NANYA PERAWATAN ANAKAN SERAMA, Pertanyaannya bagaimana merawat anakan serama 1 - 3 bulan yang benar, agar performanya maksimal mirip indukannya? misal kapan dipisah masuk soliter atau bagimana pakan?

Soalnya banyak kasus anakan yang berkualitas dari indukan yang berkualitas, hancur karena salah perawatan. Yang pasti harus bisa operasi, rusuk sasis dan ekor, mau dirawat seperti apapun kalau rusuk, sasis, ekor udah mulai bengkok/miring harus dioperasi/ jahit buang kulit.

Tapi kalau anakan ayam sudah kelihatan bagus gak usah disoliter... malah kebablasan jadi rusak.

O iya makanan anak ayam serama yang baik apa untuk usia 1 bulan dan untuk usia remaja? Pur tumbuk atau umbar saja juga sehat. Pakai Voer 511 sedikit kasih air biar anak ayam gemuk & lincah.


No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.