Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kenapa Air Aquarium Keruh Berkabut?


Air Aquarium Keruh

Untuk aquarium yang keruh ada beberapa penyebabnya, untuk solusinya coba kita diamkan saja selama beberapa hari, kita amati biasanya kalau sirkulasi dan saringan jalan biasanya akan jernih sendiri.

Tapi kalau belum jernih juga kita dapat mencoba mengganti filternya apalagi untuk eeg ikan yang gedhe gedhe luamayan berpengaruh. Selain itu kalau ada pompa nya coba posisi antara air masuk dan keluar di ujung yang berbeda. Dan kita juga bisa mencoba memakai tank yang filter biologis.

Atau air yang berkabut bisa juga kerena ikan nya kebanyakan atau ikannya jenis predator atau juga malah pakannya yang terlalu banyak.

Pengaruh kapas baru juga bisa, kalau kapas beli baru mending di rendam semalam dulu atau di bilas. Juga Dibawah sponge penyaringan kasih bioball, keramik ring, dll.

Filter kurang bagus kasih keceng mesin pompa supaya cepat sirkulasi dan susunan gabus filter batu krikil atau batu-batu yang bisa menyaring kotoran yang terdapat di air, bagus lagi kasih arang tempurung yang udah di rendam air yang bersih batu tawas di penyaringan filter air supaya normal. 

Atau coba pakau UVc filter penjernih air.

O iya, kalaujenis ikan komet dan mas koki, makan banyak, dan buang kotoran juga banyak, lagian ikan tersebut suka keluarin lendir banyak jadi memang harus kuras tiap hari mas, pakai pompa besarpun gak jaminan, karena box filter aquarium tidak memadai dan air cenderung keruh putih.

Atau semisal ganti ikan jenis aqua scape tapi ya ikan jenis aqua sacpe rawan mati, kalau salah perawatan, dan matinya ajak-ajak temen-temen nya biasanya untuk jenis aqua scape, kalau mau aquariumnya isinya dan lebih jernih airnya coba ikan-ikan jenis chiklid dll atau piara louhan, arwana saja untuk jenis ikan yang bisa beaar.

Kemudian bagaimana caranya kalau kita menggunakan pasir putih tapi air tidak keruh? Kalau saya biasanya di tempat penyaringan kotoran aquariumnya pake busa sama pasir dan pasir putihnya di cuci dulu ber'ulang-ulang sampai bening sebelum dimasukan ke aquarium serta ganti air aquarium secar berkala.

Tapi kita harus tetap hati-hati dengan pasir laut yang bersifat panas, lem aquarium bisa jadi pada bolong-bolong yang akhirnya bocor. Ini pengalaman temen ane waktu main Discus dengan pasir pantai bali sebagai penutup dasar aquarium, Sekarang dia pakai pasir silica (lebih bersih dan aman).

Selain itu kita juga sering melihat Aquarium di penjual ikan hias, di sana ikannya banyak tapi kok airnya tetap jernih, untuk yang ini rahasianya adalah kita harus membatasi jumlah makanan untuk ikan karena ikan itu terlihat selalu rakus namun tidak selalu menghabiskan makanan, sehingga sisa makanan itu membuat airnya keruh dan dapat membuat ikan-ikan mati.

Dan paling ampuh adalah memasukkan ikan sapu-sapu karena ikan sapu-sapu dapat memakan lumut yang ada di aquarium.

Demikian, mohon untuk para master dikoreksi atau ditambahkan solusi bila perlu.

Post a Comment for "Kenapa Air Aquarium Keruh Berkabut?"