Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Manfaat & Efek Samping Jagung Giling untuk Pakan buat Anak Ayam Bangkok

jagung giling pakan ayam bangkok bulu getas

Mau tanya ke para suhu atau peternak ayam yang lebih berpengalaman, manfaat jagung untuk pakan ayam? Dan apakah benar ayam dikasih pakan jagung merusak bulu ayam (bulu ayam jadi getas)? 


Manfaat Jagung Giling untuk Pakan Anak Ayam Bangkok

Manfaat jagung giling dapat membuat "bedah awak" kata orang jawa. Bagus buat ayam rawatan, kagak ada istilah bulu rusak karena pakan jagung. Bijian aja gak apa-apa. Cara memberikan pakan jagung pun cukup mudah.

- Bisa dikasihkan langsung atau direndam dulu. Direndem dulu dari pagi sampai waktunya ngasih makan ayam sore, cara ini katanya biar bulunya gak gampang getas. Dan malahan ada pula sama pas ngasih dikasih air juga. 

Manfaat jagung membuat ayam lebih bagus dan badan jadi padat juga tulangnya kuat. Malah bagus ayam dikasih jagung. Saya kalau bisa tiap hari kasihnya. Tapi tak mampu mau belikan mahal 1kg. Kalau bisa belinya jangan di toko. Kita belinya di orang yang punya kebun jagung, 1kg paling 3rb an.

Tapi beda daerah beda harga. Di toko pakan ayam harga jagung 6 atau 7rb /kg nya, kemarin tetangga saya panen jagung dijual dengan harga 4500/kg ke pengepul, itu dengan keadaan jagung sudah kering, kalau masih basah 4000/kg nya, itu sudah harga naik, biasa tiap kali panen kisaran hrga 3000/3500 /kg nya.

Kalau saya biasanya jagung setengah kg, beras merah 3 kg bersihkan campur dalam wadah. Untuk pakan sore siapkan dari pagi kira-kira berapa banyak untuk berapa ayam taruh dalam wadah, rendam air mndidih. Sore bilas lalu berikan, bisa dicmpur irisan tomat atau sayur biar lancar temboloknya.


Efek Samping Jagung buat Ayam Bangkok

Malah bagus buat ke badan ayam, badan jadi ringkes, otot padet, tanpa nambah ke berat badannya. Jadi cocok buat jagoan kesayangannya atau rawatan ayam. Kalau ada keterangan bisa bikin bulu getas, bisa jadi itu ayam kurang banyak bergerak sam kurang kena sinar matahari.

Aku 10 tahun di perayaman, jagung bagus, gak ada masalah, malah ayam bagus berotot dan berbobot. Terus pukulannya gak habis-habis. 

Sebaiknya memang jangan kasih jagung aja, campur pur juga, beras merah, dan sayur-sayuran, agar makanannya bervariasi. Meskipun demikian jagung memang efeknya luar biasa dapat memperkencang dagingan sama otot. Kombinasi jagung + beras merah memang top.

Jagung tidak membuat bulu ayam patah atau getas justru malah bagus untuk bulu ayam. Jagung mengandung karbohidrat tinggi sangat baik untuk pakan ayam pukul. Beras merah membuat ayam menjadi padat, padi membuat badan menjadi singset/atletis (diet).

Kesimpulannya, Hoax itu jagung bikin bulu ayam getas, karena ayam saya dari umur 2 bulan sudah dikasih makan jagung giling halus + 594 + 591 aman, malah badan lebih padat. Merpati juga dikasih jagung bulunya masih bagus tetep bisa terbang. Juga bahan dasar pur mulai dari 511-594 itu 80% Jagung.

Semua pakan ayam itu bagus, dan jangan lupa kasih vitamin, minyak ikan, olahraga, dan istirahat yang cukup. Juga ayam diumbar bebas full biar bisa makan tumbuhan hijau ya aman-aman aja malah lebih padat badan sama otot-ototnya.

Demikian, semoga bermanfaat, silakan tambahkan pengalaman kalian dulur-dulur di kolom komentar, salam satu hobi.


Post a Comment for "Manfaat & Efek Samping Jagung Giling untuk Pakan buat Anak Ayam Bangkok"