Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Mengobati Ekor Arwana Pecah Robek Rusak Putus Patah bisa Tumbuh Lagi

Arwana Naga Air

Penyakit aro ekor robel-robek biasanya disebabkan oleh sejenis parasit yang menempel pada ekor arwana dan menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Kemudian Arwana berusaha mengatasinya dengan cara berenang  hilir mudik dan menggigiti ekornya sehingga tampak compang-camping.

Namun bukan hanya parasit penyebab Ekor arwana Rusak tapi bisa juga disebabkan oleh banyak hal seperti diuraikan di bawah ini. Dan Anda tidak perlu khawatir karena sesuai pengalaman ekor arwana yang patah sebagian besar mempunyai kemungkinan dapat tumbuh kembali.

Seperti pino saya yang bulan lalu ekornya hilang separuh, tapi sekarang sudah hampir rata sama ekor yang lama. Penanganannya kemarin pas baru loncat sempat saya taruh di kolam supaya gak stress, kemudian setelah 1 minggu saya balikin lagi ke Aquarium.

Gejala Ekor Arwana :
  1. Robek
  2. Pecah
  3. Rusak
  4. Putus
  5. Patah

Penyebabnya :
  1. Bakteri
  2. Jamur
  3. Dimakan virus
  4. Finroot (ekor sama sirip lemes terus kaya sisir rapuh ambrol sendiri ) 
  5. Arwana Loncat nabrak penutup aquarium dan kena kaca atas / kegores
  6. Ikan Jatuh
  7. Penyakit Arwana Gigit Ekor
  8. Berantem / diserang ikan lain
  9. Digigit tankmate yang brutal
  10. Kutu Jarum 
  11. Terlalu banyak variasi aquarium, sehingga ekornya terkena benda-benda di dalam tank
  12. Ikan Arwana Stress, biasanya dibarengi dengan tidak nafsu makan.
  13. Berontak waktu pindah tank, ekornya rusak saat lagi kuras kena serok (seser kekecilan). Solusinya cara memindahkan arwana ke tank baru

Untuk mengobatinya ada bermacam-macam obat seperti :
  1. Tropical Fish Medicine (Organik, jadi tidak perlu kuatir tentang risikonya)
  2. Red Bluedox
  3. tetracycline  
  4. Pomate

Cara mengobati Ekor Arwana yang Putus / Patah tergantung penyebabnya :
Secara Umum :
1. Sering ganti airnya, maksudnya adalah untuk menjaga kualitas air.

2. Kalau perlu bisa dipindahkan saja dulu, ke kolam atau akuarium lain yang lebih gede dan steril. Kuras total tank yang sebelumnya, cuci semua peralatan dari waterpump dll, sampai bersih, kalau perlu dijemur, baru kasih air + garam.

3. Kalau penyebabnya jamur, bisa dikasih obat jamur seperti abate. Dan tankmate, misalnya kaviat.

4. Kalau Finroot --> coba rendahin air separuh saja terus pakai garam ikan. Set heater 30°c plus pomate sesuai dosis. Koreksi media filter, biasanya kaya gitu karena air kurang bersih ( Saran yang paling bagus nih. Manjur seminggu sembuh.)

5. Coba pakai tetracycline beli di apotek sama bawah putih. Atau obat yang warna kuning juga bagus, Acrilivine kalau gak salah namanya, murah kok sekitar 6rb an.

6. Semenjak naruh selembar daun ketapang kering di aquarium untuk menetralkan ph agar ikan nyaman, ga ada lagi ikan saya yang kena begituan lagi.

Caranya bisa godog daun ketapang (daun ketapang yang kering direbus sampai airnya kentel banget), nanti air nya masukin atau garam ikan ditambah agak banyak terus heater agak naikin di atas 32 derajat. Kalau ada 2 heaternya pakai saja dua-duanya biar cepat panas airnya,

7. Di operasi / gunting / potong yang robek. Supaya bakteri gak menyebar dan tumbuhnya lurus rapi, gak nyelipe2. Jangan lupa dibius dulu. Juga perlu diperhatikan patahnya, lihat patahnya udah ampleh-ampleh belum? Kalau masih nyambung tapi tidak dipotong, ntar akan timbul benjolan bekas patah.

Tapi kalau cuma robek gak usah di potong juga tidak apa-apa, entar juga nyusul sama yang panjang, asalkan penyebabnya tidak karena penyakit, seperti kecelakaan kena serok, loncat. O iya kalau patahnya ampleh-ampleh / nyaris patah biasanya didiemin saja nanti dia putus sendiri.

8. Ikannya suka gigit ekor ga?? kalau ikan suka gigit ekor, itu jamur. Gatal makanya sering gigit ekor. Caranya, potong ekor nya sebatas yang digigit, Air aquarium cukup 1 jengkal, masukkan obat jentik-jentik di kapas saringan. Pelan-pelan air jadi keruh, biarkan 1 sampai 2 minggu, setelah ekornya sehat dan pastikan tidak gigit ekor lagi. Kuras air, ganti air baru pastikan steril, isi sampai 2 jengkal, kasih lagi obat jentik-jentik secukupnya. Semoga berhasil.

9. Kalau Ikan stress (biasanya diem di pojok terus, dan sesekali gelisah) perbanyak udara tambahkan aerator, Tutup full sisi aquarium pakai kertas atau kain jangan ditengok 2 hari. Lampu view matiin, set heater 30.. 1 minggu sudah beres.

10. Sering-sering dikasih pakan yang banyak biar ekor arwana cepat tumbuh kembali. Gendutin pakai jangkrik dan udang, mudah-mudahan tumbuh dan perkembangannya pesat.

11. Paling penting jangan gabungkan dengan sembarangan ikan, soalnya kebanyakan ikan mengandung bibit penyakit yang bisa menular ke ikan yang kita sayangi. Kalau bisa ikan KAPIAT, ikan ini memiliki sifat bersahabat & membersihkan sisa kotoran, bisa dikatakan ikan cleaning servis.

12. Kalau punya beberapa ekor arwana yang disatuin tidak dari kecil, biasanya mereka akan berantem dan ada yang kalah makan. Solusinya, sebaiknya dibikin sekat saja di dalam satu tank. Sekatnya jangan kaca polos. Saya kaca polos ditutup orakal/skolait hitam atau biru ikutin BG. Biar tenang aronya.

13. Akibat ekor putus arwana, kerena ga bisa nangkep pakai serokan. Jadi kalau mau pindah masukin ikannya giring ke dalam plastik.

14. Kalau pakai dasaran pasir, mending pasirnya diangkat. Karena arowana lebih bagus ga pakai pasir, soalnya pasir juga bisa bikin penyakit karena kotoran yang terus-terusan mengendap di pasi.

Terus pas masa pemulihan ekor, kalau bisa bikin air tenang saja. Karena kalau pakai arus denger-denger tumbuhnya bakalan keriting / bengkok / melintir / ga lurus tulang ekornya. Tapi ada juga kawan yang selama recovery sudah tidak pakai arus tapi masih saja tetep tumbuhnya agak keriting, ya mungkin faktor keberuntungan.

Juga kalau rusaknya ekor arwana tidak disebabkan karena penyakit seperti kutu jarum, parasit, jamur. Misalnya karena kecelakaan, tidak usah diobatin juga ga apa-apa. Didiemin saja, nanti bisa sembuh sendiri. Yang penting ikannya tetap mau makan, digendutin pakai jangkrik maka akan cepat sembuhnya.

O iya, untuk lama pertumbuhannya tergantung juga banyak faktor, seperti umur ikan, seberapa parah patahnya. Tapi rata-rata antara 1 - 3 bulanan sudah pulih normal seperti sediakala untuk ekor patah. Tapi kalau cuma robek paling 1 - 2 minggu sudah rapet lagi. Dan ingat, ga ada treatment yang bisa membuat ekor aro tumbuh cepat. Smua ada proses.

Sebagai tambahan, Aro golden saya pernah juga putus dari pangkal, waktu kuras aquarium. Aro nya saya simpan di ember (posisi di dalam jaring waktu nangkap dari aquariumnya). Begitu saya pindahin ke aquarium lagi, waduh ni aro kok jadi kayak helikopter, ngga ada ekornya,,hahaha!

Kemudian heater saya set di 32°, ngga dikasih antibiotik dll, yang penting rajin cuci filter 3 hari sekali. Aalhamdulillah sembuh. Tumbuh lagi itu ekornya, malah jadi lebih bagus, ga pake operasi-operasi biar alami saja. Waktu itu aro nya ukuran 23 cm.

Jadi tenang saja, pasti tumbuh lagi (proses tumbuh 2 bulan kurang). Tumbuhnya cepet, gede body nya maksudnya, gampang, pakai filter dalam saja. Kan ada arus nya ntu, otomatis air bergerak dalam aquarium, yang akhirnya mau ga mau aro jadi rajin berenang juga, otomatis cepat gede. Kalau orang sich ya kayak fitness gitu dech, hehe.

6 comments for "Cara Mengobati Ekor Arwana Pecah Robek Rusak Putus Patah bisa Tumbuh Lagi"

  1. bagus banget bahasannya sangat membantu..pas aro super red gw lg koyak sirip bawah nya sedikit karna berantem sama tiger datz

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi aro lovers pikir2 dulu yah klo mau campur ikan aronya sm ikan predator laen..bisa ga cocok berantem..klo dari pengalaman saya..yg bisa digabung sama arowana yg aman dengan=
      1. red perrot bebas
      2. angelfish/manfish bebas
      3. kapiat min.2 ekor
      4. botia bebas
      5. pleco/ sapu2 bebas

      tujuan di kasi comm tank supaya aronya lebih rajin berenang ga diem bengong di sudutan..bole dicoba

      Delete
    2. ada lagi..sebelum masukin ikan lain utk jd comm tank aro pikir2 dulu ukuran ikannya..jgn yg terlalu kecil bisa dimakan sama ikan aronya..sesuaikan misal aro ukuran 20cm boldh dicampur sama angelfish yg 7cm jangan campur dengan angel fish yg mini 3-4cm..bisa2 lenyap masuk perut aronya

      Delete
  2. Ikanya jadi kebalik nih gimana putus separo

    ReplyDelete
  3. Kalo aro kita purus ekorna setngah apa perlu kita potong gan..

    ReplyDelete