Friday, August 14, 2020

Obat Cacing yang Aman untuk Kucing Hamil & Menyusui Cacingan

Induk Kucing dan Anak Kucing

Kucing hamil boleh ga dikasih obat cacing onty/ongkel??

Nah, ini pertanyaan yang mudah, tapi kita perlu dulu membedakan antara kucing hamil dan kucing menyusui, karena obat cacing untuk kucing hamil dan kucing menyusui itu berbeda. Biasanya onty ongkel mengetahui kalau kucing hamil cacingan ketika tidak sengaja melihat cacing kecil pada pupnya kucing.


Obat Cacing yang Aman untuk Kucing Hamil

Jawaban yang aman adalah :

- Jangan diberi obat cacing dulu kak, sampai nanti lahiran dan anak-anaknya usia 1bulan lebih.

- Gak boleh, nunggu dia lahiran (usia anaknya 2 minggu) baru bisa dikasih obat cacing. Baiknya dikasih obat cacing sebelum dikawinkan.

- Enggak boleh, bisa keguguran atau cacat anaknya. kucing hamil tidak boleh minum obat apapun.

- Tidak bisa memberikan obat secara sembarangan pada kucing hamil termasuk obat cacing. Pemberian sebaiknya dilakukan sebelum kucing hamil/mengawinkan kucing dan beberapa minggu pasca kucing melahirkan

- Kalau mau yang alami, ada yang bilang kasih tempe saja. Tempe nya direbus sama ayam/ikan/daging, terus diblender sampai halus

- Atau coba campurkan waluh (rebus/kukus) dalam makanannya. Waluh bisa jadi obat cacing alami walau tidak se-ampuh obat cacing kimia. Dan yang utama, aman untuk kucing, waluh itu labu kuning.

- atau ada yang bilang juga pakai herbal... Madu + wortel... 

- Dulu kucingku cacingan pas hamil, aku bawa ke drh dapat obat cacing merk carniverm. Kalau di petshop kira-kira harga 15rb Dosisnya 1\2 tablet. Tapi sebaiknya kalau sedang hamil harus dalam pengawasan drh, bawa ke puskeswan saja biar dikasih obat cacing dan dosisnya yang khusus untuk kucing hamil.

-Ada beberapa orang yang memberikan saran pakai virbac vitaminte, obat cacing dari virbac

-Atau dikasih makanan tinggi prebiotik dulu biar cacingnya ikut keluar bersama feses

- Revolution katanya juga aman buat kucing hamil, ngilangin kutu + cacing. jadi pas lahiran anaknya ga kutuan, kata temenku dia dianjurin sama dokter hewan. 

- Kasih aja drontal lagi kak, sesuai kan aja dengan bb nya. Obat cacing aman kok untung kucing bunting, soalnya kemarin temenku baru bawa kucingnya yang bunting ke drh nanyain aman gak untuk kucing bunting? kata drh nya aman kak asal sesuai bb nya dengan dosis nya. Kalau vaksin gak boleh , tapi kalau obat cacing aman, asal sesuai dosis dengan bb nya, supaya cacing nya gak kena ke kitten nya nanti. Kemarin temenku baru kasih, dan alhamdulillah gak ada masalah, karena sudah konsultasi ke drh nya, dan sudah jadwal nya minum obat cacing

Namun setauku ada obat cacing khusus kucing hamil atau bisa tanya ke dokter hewan. Karena kemarin ada yang pernah share ke saya boleh, tapi hanya pakai merk Bravecto ya, selain itu tidak bisa, bisa menyebabkan keguguran. Tapi harganya mahal banget loh ini 800 rb katanya. Hanya untuk obat cacing harga segitu bukan pelit atau gimana tapi barangnya mahal banget, kalau aku mending nunggu setelah lahiran nanti sebulan induk baru kasih obat cacing.

Solusinya : Untuk preventif sebenarnya ketika merencanakan kehamilan sudah posisi obat cacing dulu dan obat kutu. Jadi sebaiknya konsultasikan ke dokter saja. Karena obat cacing yang ada bisa jadi komposisi nya keras buat janin bayi dan dokter mungkin bisa memberi opsi lain.


Obat Cacing untuk Kucing Menyusui

- Tapi ada yang bilang  boleh, biasanya temenku kasih kucingnya obat cacing ke induknya waktu anaknya udah usia 10 hari kak atau umur 2 minggu.

- Tapi kemarin kucing tetangga diberi obat cacing juga pas menyusui, mungkin konsul jenis obat cacingnya

- Kalau lagi menyusui tidak disarankan untuk konsumsi obat cacing,  nunggu anaknya lepas susu. Usia anak 2 bulan 3 bulan (udah gak nyusu) baru induknya boleh dikasih obat cacing.

- Drontal boleh dikasih ke induk menyusui, sesuaikan dengan berat badannya, yang gak boleh itu kalau kucingnya hamil (bisa keguguran). Tapi baiknya konsul dulu ke dokter hewan.

Buru-buru kasih obat cacing, saya punya pengalaman, tunggu sampai 3 bln saya kasih obat cacing  ternyata udah terlambat akhirnya mati, cacingnya udah masuk ke hati kucing yang mati 1 usia 4 bln, nah yang lahiran ke dua semuanya selamat dari umur 2 minggu udah dapat obat cacing yang jelas dosisnya disesuaikan dikit banget tapi khasiatnya cacingnya keluar semua seperti bihun tadinya cengeng sebelum dikasih obat cacing setelah keluar cacing pada anteng, ibunya juga sama dikasih obat cacing, Alhamdulillah semuanya sehat sampai sekarang pertumbuhannya besar.

Saya dari th 2008 mbak kitten-kitten saya kasih drontal gak ada yang mati, kasih obat cacing ke kucing lebih baik di kasih yang khusus kucing bukan obat cacing manusia.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.