Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Efektif Memisahkan Cacing Sutra dari Lumpur

Berburu cacing sutra
Berburu cacing sutra

Bagi yang belum tahu cara membersihkan cacing sutra dari lumpur pasti pusing banget.khan gak mungkin kalau kita ambil satu persatu cacing sutranya.

Ada beberapa cara yang patut di coba :

Cara 1 :

Nah, bagaimana caranya?? caranya adalah cuci terus di taruh di bak, dan diratakan terus di isi air 3cm di tutup taruh di tempat sejuk gelap hening.

Tutupi atasnya sama plastik hitam atau sesuatu yang bikin gelap. Karena dalam keadaan gelap, casut akan mengumpul dan tinggal njumputi. Setelah 1-2 jam terpisah harus buru-buru di ambil

O iya biar gampang diangkat, kasih kain strimin tipis rata lumpur sebelum di tutup bro.

Tapi kalau ngambil cacing sutranya bukan dari budidaya, alias dari danau misalnya.. kadang ke campur tanah gitu om.. susah misahin nya. dan waktu di saring juga ga turun-turun tanah nya.

Untuk kasus seperti itu alatnya pake bahan keramba/ jaring yang ukuran paling kecil yang warna hijau biar lumpurnya waktu di cuci bisa keluar,

Kemudian kalau udah di cuci masukin baskom/bak kasih air nyemek-nyemek (bahasa indonesianya nyemek2 apa ya) terus diaduk perlahan sambil dibuang sampah yang gede-gedenya, diam in sebentar lalu buang airnya kalau bisa dispon sampai abis airnya terus tutup rapat, nanti cacing sutranya bakal naik 2-3 jam.

atau setelah dibersihkan dengan jaring,  habis itu biarkan di bak dengan air yang nyemek-nyemek. terus kasih ayakan lele uku satu tutup yang gelap, nanti keluar sendiri tinggal ngangkat saringannya.

Pasti ada yang bertanya , Gimana kok gak bisa ya..?? emang cacingnya pada keatas tapi cuma joget-joget diatas.. saya ambil masih ada lumpurnya.

caranya adalah pakai serokan gan, nantikan yang tinggal hanya kotoran dan batu kerikil tapi bukan lumpurrr , setelah itu baru di letakin dalam baskom nanti cacingnya ngumpul di atas permukaan airnya sperti gumpalan cacing , saya barusan kemarin misahin cacing hasil tangkapan di alam gan

Cara 2:

Pake saringan teh atau ayakan kopi, bisa juga pakai saringan kain kassa atau saringan tahu. sama dikasih air mengalir. Nanti cacingnya lama-lama ngumpul jadi satu. Pelan pelan ngayaknya sampe lumpurnya turun sendiri.

Tambahan sebaiknya cacing sutra jangan ditaruh di air tenang. Taruh di air yang mengalir. Soalnya mati dan baunya busuk kalau ditaruh di air tenang, selain itu ga akan misah sama lumpurnya kalo gak diayak.

1 comment for "Cara Efektif Memisahkan Cacing Sutra dari Lumpur"