Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Mengurus jika ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang

Ilustrasi Kartu ATM
Ilustrasi Kartu ATM

Disini ada yang pengalaman gak kartu ATMnya hilang dan bagaimana mengurus nya. Kebetulan kartu ATM BCA saya hilang. Mungkin lupa nyopot di ATM atau jatuh saya gak ingat. Transaksi sudah 1 minggu kemaren saya ingat-ingat. Ngurus nya itu ribet gak sih? Pakai surat dari kepolisian atau gmn syarat2 nya?

Untuk butuh tidaknya surat keteranangan dari kepolisian ini tergantung kebijakan banknya dan bagaimana hilangnya ATM tersebut.

1. Cara yang benar :
Namun sebaiknya jika ATM hilang bisa langsung ke kantor Bank saja, dengan membawa buku rekening beserta KTP nya. Kemudian agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan minta blokirkan ATMnya biar duit di ATM nya gak ilang & minta print-out kan buku rekeningnya.

Terus nanti kita juga ditanya sama Customer Service Bank nya berapa jumlah saldo terakhirnya di tabungannya. Setelah itu kita bisa minta dibuatkan ATM baru pakai rekening yang sama.

Dan kalau ternyata kita disuruh pakai surat kehilangan dari kepolisian,. datang aja ke kantor polisi minta surat kehilangan, cuman sebentar ja kok, terus bawa buku tabungannya, fotokopi KTP, nanti dibuatkan ATM baru 😁😁😁 pengalaman 3x ganti kartu atm.. wkwkwkw

2. Cara yang tidak direkomendasikan. namun bisa dipraktekan :
Dan trik mudah adalah jangan ngomong kalau hilang :) . Karena nanti mesti ke kepolisian. Kita bilang saja kalau ketelen. Terus nanti akan ditanya lagi dimana? Bilang aja ketelan di tempat kita transaksi terakhir dan kalau ditanya kenapa baru lapor sekarang? bilang aja baru nemu bukunya.. hehhe

atau  Alasannya ketelan karena telat lupa menarik kembali kartu setelah uang keluar dari mesin ATM gitu aja..

Jangan lupa juga bawa buku beserta KTP asli, kalau bisa dan kalau belum diblokir dari kemarin, gak usah di blokir. Langsung saja ke bank. Paling ditanya saldo terakhir berapa?. Soalnya kalau kita blokir dulu bisa ribet. Banyak prosedurnya. Harus nunggu konfirmasi dari tempat yang mengeluarkan kartu lah, tunggu aktivasi pemulihan lah. Pokoknya belagak bego aja. InsyaAllah cuma 10 menit kelar, udah ganti kartu baru deh. :D 

3. Cara tidak direkomendasikan juga.
Cara ini sudah banyak yang mempraktekkan jadi kemungkinan sudah sama-sama tau antara kita dan pihak bank. Caranya adalah kita jangan bilang di mesin ATM bca ketelennya, tapi bilangnya di mesin atm kaya bni atau mandiri jangan takut bismillah aja. Tapi kalau masih takut minta temenin sama keluarga atau suaminya.. paling orang bank cuma tanya tertelan di daerah mana, kasih tau aja mesin ATM yang jauh jangan dekat-dekat situ. Silakan di coba

Tapi banyak yang bilang juga bank bisa memeriksa history transaksi kita, dan kalau ternyata kita ketahuan bohong maka kemungkinan kita bisa dipersulit untuk aktifitas selanjutnya.

Hal tersebut memang betul. Kalau kita bilangnya ketelen. Bank bisa ngecek kapan terakhir transaksi. Jadi memang gak bisa bohong. Makanya saya bilang. Kalau memang hilang nya seminggu yang lalu misalnya di ATM eramart. Ya bilang aja sejujurnya. Ketelennya seminggu yang lalu di ATM tempat terakhir kita transaksi.

Saat itu kalau posisinya sudah ambil duit. Bilang pas uang nya keluar kartu ATM nya gak keluar-keluar. Saya tunggu beberapa menit tetep ga ada. Gitu aja. Bilang aja saya gak ngerti tuh kartu kemana. Jangan bilang di mesin ATM lain apalagi posisinya barusan ambil uang. Mereka bakal tau kita bohong (karena ini cara lama yang sudah dipraktekan banyak orang). Mending jujur aja. Ya belaga bego aja. Anggap aja tuh ATM benar ketelen. Bukan hilang atau di curi.

Lagian kalau ATM ketelen biasanya orang yang suka buka mesin itu pasti megang ATM nya kita, kalau di ATM  ada nama biasanya klu kita ke bank mereka bakal ngabarin. Tapi kalau ATM yang gak ada nama biasanya orang bank juga gak tau itu kartu siapa.

Pokonya jujur aja. Kita nya kan gak tau juga kan tu ATM ketelen kah atau jatoh. Jadi bilang ketelen aja. Terus kasih tau yang jujur aja. Kalau ditanya kenapa baru ke bank. Bilang kemaren lupa naroh buku tabungannya. Mudah2an bisa y. Good LUCK....

Atau mending bilang aja ilang, karena Bank bisa tau kalo tu ATM beneran ilang atau ketelen, Karena pengalaman etman ku yang kemaren urus ATM nya, dia bilang ketelen. bank nya tau kalo itu bukan ketelen.

O iya kalau bisa datannya pagi 7:30am supaya langsung di proses. jangan lupa bawa uang parkir 2 rb, untuk biaya pembuatan ATM baru bisa dipotongkan dari saldo, biayanya sekitar 16 rb.

Untuk Buku Tabungan yang hilang langkahnya kurang lebih sama, yang penting bawa KTP asli saja.

Tapi kenyataan kebanyakan bilang hilang gitu aja, gak dipersulit kok, langsung bisa dibikinin kartu ATM yang baru karena memang terbukti kita pemiliknya khan ada KTP asli ada buku tabungan juga, bisa dicocokin foto di KTP sama wajah kita. hehhe logikaku begitu. Jadi gak usah takut. jujur aja. kalau hilang bilang hilang. oke.

Update : "ternyata sekarang untuk permohonan ATM BCA baru tidak perlu mengurus surat kehilangan di kepolisian. Kecuali kalau buku tabungan dan kartu ATM hilang."

Post a Comment for "Cara Mengurus jika ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang"