Wednesday, March 14, 2018

Cara Menanam, Nama Jawa/Lain, Klasifikasi & Ciri-Ciri Pohon Bunga Kitolod

bunga kitolod

Nama lain Bunga Kitolod adalah koreja, ada yang menyebutnya bunga katarak juga, ada juga yang menyebutnya Kembang Jangar. Tanaman kitolod seringkali disebut tanaman bintang lima atau kembang jangar.

Biasanya tanaman Kitolot ini hidup ditempat yang lembab, seperti selokan, tepi sungai dan di pesawahan. Bahwa tanaman ini memiliki ciri-ciri bunga Kitolod batangnya berkayu dan bergetah, daunnya panjang dan bergerigi serta ujungnya runcing. Selain itu bunga tanaman kitolod berwarna putih dan berbentuk seperti lonceng.

Nama ilmiah Isotoma longiflora atau Laurentia longiflora yang mengandung senyawa alkaloid yakni lobelin, lobelamin dan isotomin. Daunnya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.

Artikel Terkait 
 Cara Menggunakan Bunga Kitolod
Manfaat Bunga Kitolod untuk Mata
Cara Mendapatkan Bunga Kitolod
Pengalaman Menggunakan Bunga Kitolod
Gambar Bunga & Daun Kitolod
Bahaya Bunga Kitolod


Getah tanaman mengandung racun, tetapi bagian tanaman lain memiliki efek antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menghilangkan nyeri dan menghentikan pendarahan.

Cara menanam bunga kitolod, dengan bijinya bisa. Atau tanaman/pohonnya ditanam nanti setelah berbunga maka bijinya akan menyebar dan tumbuh di mana-mana dengan sendirinya.

Karena kalau nanam satu pasti ntar nyebar sendiri, itu biji lembut sekali makanya kebawa angin.

Saya pertama nanam cuman 1 sekarang nyebar sendiri,  daunnya, di pegang emang agak berbulu.

1 comment:

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.