Sunday, July 8, 2018

Kelebihan dan Kekurangan/Kerugian Kompor Gas Tanam Kaca atau Stainless

kompor gas tanam

Bunda cantik,, ada yang pakai kompor gas tanam ga di rumahnya bun? apa kelebihan dan kekurangannya? buat referensi. Kalau menurut saya :

Kelebihan Kompor Gas Tanam
  1. Model modern, cantik, bagus, elegan dan canggih
  2. Kalau yang gas kaca bersih, membersihkannya gampang kalau kotor. Tapi kalau pakai steinless susah bersihkan dan gak begitu mengkilap, kotor sedikit kelihatan.
    • Menurut saya malahan enakan yang stainless secara saya masak berat-berat dan lebih aman. Kalau cuma untuk masak mie dan yang ringan-ringan mngkin kaca cocok.
  3. Rapi
  4. Saya sudah pakai 6 tahun yang sering rusak hanya pemantiknya. Tapi dibenerin pakai tukang service biasa juga bisa. Kemarin baru ganti yang buat keluar gasnya karena sering dipakai panas jadi agak renggang api jadi meletup-meletup.. so far lumayan enak kok awet.
    • Ibu saya pakai sudah lebih dari 15 tahun belum diganti dan masih mulus. Tergantung pemakainaya. Kalau menurut saya memudahkan membersihkannya.
  5.  Dan yang paling penting saat tombol berputar (posisi api tidak nyala ) gas tidak keluar bun jadi aman.

Punya adek saya juga kompor tanam merk Modenna.. Kelebihannya apa ya, Kayaknya sama saja dengan kompor gas biasa hanya menang model, cantik dilihat, dapur lebih rapi. Malah kalau untuk masak lama berjam-jam cepat panas, kadang apinya mati sendiri jadi udah jarang dia pakai, kalau hari-hari masak pakai kompor gas biasa.


Kekurangan Kompor Gas Tanam 
  1. Kalau keseringan kena air panas saat masak atau ga sengaja jatuhin panci dia juga bisa pecah kacanya bun. lain dengan yang stainless
    • Lah ponakan saya malah ngga jatuhin apa-apa. Lagi masak. tiba-tiba retak seribu.. :). masak air di panci jawa yang sedang.
  2. Pas kacanya pecah gitu, kondisi kacanya itu pecahnya mbeling kecil-kecil, seperti kaca mobil. Jadi bukan pecah besar-besar. Tapi sempat ada bunyi krek... terus terus... menjalar... akhirnya remuk... xixixii. Kondisi saya waktu itu shock, cepat-cepat gas saya matikan.
  3. Tidak tahan dipakai berjam-jam sehingga menjadi nge plek dan kotor.
  4. Harga lebih mahal. 
  5. Saat menghidupkan kadang harus berulangkali kalau tidak pas... Tapi kalau sudah terbiasa sih langsung bisa. 
  6. Kekuranganya cepat kotor harus rajin bersihkan setiap habis dipakai.

Oiya... sekedar info.... ada yang pemantiknya dari listrik dan ada yang dari baterai... kalau yang dari listrik ya gak bisa nyala kalau listrik padam. Kalau yang baterai ada yang ganti 6 bulan sekali ada yang 2 tahun baru ganti. Tapi baterai gak seberapa mahal kok.

Sekedar info dan saran ya bun. Kalau pakai kaca ada baiknya jangan mengelap kaca saat kondisi masih panas (habis masak).. Terus usahakan jangan menaruh sesuatu (panci) diatas kacanya... Usahakan tidak melebihi berat max saat memasak (biasanya di buku petunjuk sudah ada kalau kompor saya berat max memasak 50 kg).

Saya gak pernah pakai merk rinai, temanku pakai modena itupun gak berani pakai lama-lama dan juga dia pakai modena stainlis. Nah kalau dibandingkan dengan stainless bagusan stainlis secara stainlish bisa menampung bobot lebih dan lebih aman juga. Temanku beli harganya 5jt an.

Pernah beli juga merk Domo bund,, aku pakai ngoven manual.. uuuppps langsung pecah menjadi serpihan gitu dech, untungnya punya Pak Tukang yang serba bisa macam mcGiver,, dibuatin lah sama dia dari granit dan tungkunya tetep pakai Domo yang pecah itu, sekarang begini jadinya luebaar mantab dari granit hehe. lihat gambar di bawah ini.

kompor gas tanam domo dari granit

Saran saya, seandainya bunda-bunda punya kompor tanam, terus pecah kepanasan atau karena sesuatu hal, jangan bersedih bisa diakali dibikinkan lagi dari granit yang dilubangi sesuai ukuran tungku, kalau pakai granit dibuat masak lama.. aman.

Kalau Modena pasti lebih mahalan, tiap seri beda harga. Kalau bicara boros/tidak gasnya itu juga bukan pengaruh dari merk,, melainkan besar kecilnya tungku. Semakin besar tungku berarti pemakaian gas lebih cepet.. Tapi juga kita pilih lebar kecil tungku disesuaikan sama kebutuhan kita, biar efektif sesuai kegunaan.

Kalau dipakai untuk konsumsi rumah tangga sebaiknya pilih yang ada kolaborasi tungku kecil dan besar. Kalau untuk macam buka catering gitu mungkin, oke pakai yang tungku besar semua.

Saran membeli kompor tanam (kaca) kalau bisa harga diatas 2 jt bun... Paling ga yang bermerk. Semoga bermanfaat ya bund. Silakan share penglamannya di komentar bund.

14 comments:

  1. pagi mba, maaf mau tanya. sy kemarin kan beli kompor tanam modena lewat Tokop***a. apa kompor tanam itu memang gak dapat selang yang disambungin ke LPG ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang begitu, ibu saya beli kompor tanam modena sama pula, gak dapet selang LPG

      Delete
  2. mba mau tanya kompor tanam yg pecah nya merk apa?

    ReplyDelete
  3. Klo kompor gas infrared itu apa bedanya dg kompor gas tanam lainnya ?

    ReplyDelete
  4. Apa ada testimoni utk kompor merk Suggo platinum, yg ada di MNC shop??

    ReplyDelete
  5. BUMD..mau nanya ni apa pakai kompor gas modena ini boros gas ya..soalnya saya hanya bs 14 hari padahal biasanya yg saya pake 12 kg itu bs 2 bulan..

    ReplyDelete
  6. Saya pakai kompor tanam electrolux 2 tungku yg tanpa pengaman gas. Baru dipakai 1 bulan, sekarang kalo menyalakan api besar api tidak merata dan hanya meletup2 disatu sisi tempat keluar gas. Kenapa ya kira2?

    ReplyDelete
  7. Apa saya boleh minta contact bapak2 yg buat granit ? Untuk antisipasi kompor saya retak

    ReplyDelete
  8. kacanya mudah pecah/rusak saat panas kena air. misalnya saat masak air, trus airnya muncrat. saat itulah kacanya pecah.

    ReplyDelete
  9. Punya saya baru pecah..mending pk stainles

    ReplyDelete
  10. Yang pecah itu merk apa saja ya
    Soalnya saya pengen beli yg kaca, dari body ny elegan

    ReplyDelete
  11. Apa saya boleh minta contact bapak2 yg buat granit ?

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.