Monday, October 1, 2018

Solusi Pinnacle Studi 9.0 tidak bisa Import Video mp4, mpg, avi (Resolve)

Vlogger Cover Lagu

Mendengar seorang kawan yang sukses menjadi vlogger youtuber, saya jadi ingin mengikuti jejaknya. Tapi saya belum tahu harus mulai darimana. Iseng-iseng membuat video cover lagu tapi ada beberapa bagian yang harus diedit.

Bingung harus pakai softwar apa untuk mengedit video, akhirnya teringat dulu pas sekolah pernah diajari pakai pinnacle studio, dan bongkar-bongkar cd ternyata masih ada. Dan akhirnya ketemulah pinnacle studio 9.

Coba aku instal di Windows 7 karena aslinya dulu jalan di windows xp. Memang ada beberapa error  yang terjadi, apalagi saat close software tersebut memang jelas errornya. Tapi pas dipakai bisa jalan.

Karena saya merekam video menggunakan hp jadul, hpnya nokia E72, jadi format videonya ternyata mp4. Coba coba coba saya import di pinnacle studio 9, ternyata tidak mau masuk ada peringatan error kalau tidak salah itu ada tulisan "non-interlaced" sama "mpeg-2" yang tidak disupport atau apalah begitu.

Tapi pas saya import itu ada tulisannya, file yang disupport avi, mpg. Kemudian saya carilah dan dowlonad di internet beberapa aplikasi converter video agar bisa jadi avi ataupun mpg. Saya instal macam-macam, ada bigasoft video converter, any video converter, pavetube video converter kemudian ada lagi lupa namanya.

Itu aplikasi saya instal semua, saya coba satu-satu, saya convert video mp4 ke avi dan mpg. Kemudian saya import di pinnacle tetap saja tidak mau alias tidak bisa dimasukkan ke dalam pinnacle. Padahal diiklan-iklan internet, format tersebut harusnya bisa.

Saya pikir ada yang salah dengan pinnacl. Keinget lagi kalau saya juga ada pinnacle studio 14. Saya instal lagi.... taraaaaa ehhh bisaaaa.... gak usah diconvert-convert malahan langsung bisa di edit di pinnacle 14. Butuh waktu semalam buat saya menyadari kalau butuh pinnacle versi yang lebih tinggi. O iya laptop saya menggunakan windows 7.

Sampai lupa makan, berkeringat basah kuyup semalaman, saking pengennya ngedit video, gonta-ganti aplikasi mana internet lelet, laptop juga sering hank kepanasan. Ya sudahlah semoga kedepannya dapat menghasilkan uang yang banyak. Oke semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.