Saturday, February 23, 2019

Ciri-Ciri & Obat Cara Mengatasi Ikan Arwana Stres

Arwana Jardini

Mau tanya, cara nyembuhin arwana yang stres berat, sampai ikan posisi terbalik di atas permukaan air, gimana ya? Untuk mengobati arwana stres perlu dicari penyebabnya atau dengan kata lain penanganannya disesuaikan dengan penyebabnya.

Kebanyakan pada pemula aro stress adalah karena habis ganti air total.

Ada lagi kasus, misalnya. Numpang tanya, saya mau beli arwana biar ikan ga stres dan gampang beradaptasi di rumah barunya bagaimana caranya??? Kalau ikan baru jangan langsung dikasih makan, tunggu ikan tenang dulu. Dan kalau lihat ikan jangan terlalu dekat...

Kemudian cara menangkan ikan aro yang baru, sebelum ikan masuk, air di aquarium minimal usia 7 hari, sudah difilter (kapas saja gak apa-apa) dan aerator full 7 x 24 jam (air jadi tua) dan sebelum ikan masuk, plastik isi ikan, diemin di atas aqua (tanpa buka ikatan) 30 menit, lalu buka karet dan campur air yang di plastik dengan yang di aqua, biarin lagi 15 menit, lalu buka plastik dan buat jalur supaya ikan keluar sendiri ke aqua, dijamin gak bakal lama adaptasinya. Kalau bisa settingan aquarium dimajikan/toko sama dengan tank di rumah.

Untuk ukuran air tergantung size aro. Kalau aro 10-12cm, baiknya main di 25cm-30cm. Makin besar aro, air bisa dinaikin dikit-dikit. Jangan lupa tutup akuarium supaya ikan ga loncat ke atas karena aro ikan pelompat.

Ciri-ciri Ikan Arwana Stres

  • Gelisah
  • Kagetan
  • Ga mau makan
  • Mojok (pasif diem di pojokan)
  • Nabrak-nabrak kaca 
  • Arwana agresif suka loncat

Penyebab Arwana Stres:

  • Airnya kurang bagus / air jelek
  • Air baru diganti / baru dikuras
  • Air baru kurang oksigen nya, dibandingkan dengan air yang ada di akuarium.
  • Bisa juga pH beda. Solusi, kuras jangan lebih dari 50% air akuarium
  • Arwana anakan / masih kecil
  • Lampu tanning (Solusi kasih lampu yang redup/adem atau matiin lampunya, dijamin normal lagi)
  • Suhu air 
  • Prosedur arwana pindah tank yang kurang tepat
  • Lagi adaptasi saja (ikan baru)
  • Aro Anakan


Obat & Cara Mengatasi Arwana Stres

Jika penyebabnya karena baru ganti air, maka usahakan kalau kuras air jangan semuanya, sisakan 30% atau 50% (jangan sampai dikuras habis kecuali kuras total baru kasih air galon atau air aqua + garam ikan secukupnya). Baru tambahkan air yang baru. Air baru itu air yang sudah diendapkan 2 malam atau minimal 24 jam, lebih bagus air yang diaerasi / dikasih gelembung udara filter (stel full aerator), tambahkn garam, dan jangan kasih makan langsung.

Fungsi garam ikan untuk menetralkan keasaman air & buat cegah jamur yang numbuh dari sisa pakan ikan. Cara pakai garam ikan sebaiknya dilarutkan di gelas dulu, kemudian tuang setelah kasih air yang baru, kalau dicampur langsung ke aquarium juga bisa tapi kurang merata larutnya.

Prosedur nguras akuarium, arwana tidak perlu dipindahkan. Ngurasnya jangan sampai habis, usahakan airnya ukuran se rata-rata aronya, pakai selang sedot yang dendapan kotor saja. Dibuang, yang masih bagus dipakai di tank. Jadi nggak usah pindah-pindah ikan, sedot saja kotoran-kotorannya pakai selang, jangan sedot banyak-banyak, cukup seperempat atau setengah. Pengalaman saya kuras total ikan ngambang. O iya jangna lupa kapas ganti atau cuci.

Jika penyebabnya arwana baru pindah tank. Maka prosedur mau pindahin ikan itu : Ikan harus puasa dulu minimal 2 hari, kemudian ambil air di tank lama separuh terus dipindah ke tank baru + air baru separuh. Lebih aman dipuasain dulu, kalau ikan ada makan terus waktu pindah kena gak air cocok kan ikan bisa muntah, kalau sudah muntah kan jadi ribet, lebih bahaya lagi mau muntah tapi gak bisa muntah itu bisa bikin ikan mati.

Sedangkan kalau arwana stres dan terkadang sering bentur-benturin diri kekaca sampai ada sisik yang lepas. Maka dugaan saya kalau sebelumnya gak ada arus, terus dikasih arus pasti jadi kaget kayak gitu. Bisa dicoba pula kalau aro kagetan, Aquarium ditutup habis pakai koran, baru pelan-pelan diturunkan dengan bertahap. 5hari turun kan 5cm korannya, dan 5hri berikutnya turunkan lagi 5cm sambil diamati ikannya, mudah-mudahan cepet jinak.

Kalau masih ga mempan, ajak main terus. Misalnya dengan mendekatkan wajah ke ikan. Kalau pengen bikin mental kek preman simpen tank di tempat yang sering dilewati orang, biar terbiasa dengan gerakan-gerakan tiba-tiba.

Untuk penanganan aro stres yang nabrak-nabrak kaca atau malah ikan pasif diam di pojokan, maka penanannya juga bisa dengan menambahkan tankmate, biasanya pakai ikan kaviat. 

Pernah juga pengalaman kawan pecinta aro juga, bahwa setelah ganti akuarium malahan arwananya jadi stres dan agresif, tidak mau makan sampai 10 hari, sisik juga ada yang lepas. Langsung saya saranin kuras airnya 50%, ganti, jangan lupa kasih garam ikan atau medifit harganya murah bisa dicari di toko ikan terdekat warna kuning jadinya, kemudian tutup ikan dengan tirai sementara, lampu jangan mati

medifit obat arwana stress

O iya.... kalau mau aro yang tidak mudah stres, pilih jardini, biasanya mental baja.

Kalau aro baru beli, sudah biasa itu stres, biasanya cenderung gelisah dan tidak mau makan. Cara mengatasinya usahakan tank tertutup semua, jangan sampai terbuka melihat keluar ikannya, lampu matiin total. Bisa juga dikasih tankmate atau cek air, filter, cek ph, pakai air sebelumnya lebih aman ganti setengah tank dengan cara dioplos (in out) pakai air akua galon.

Terus yang penting aro mau makan dulu, biasanya emang gitu kalau aro baru ga mau makan terus suka mojok kalau ngelihat orang kaya ketakutan, butuh adaptasi. Pantau terus saja, cek ph suhu air terus biarkan dia tenang, biar merasa nyaman. Ntar kalau sudah nyaman juga kembali normal. Kasih makannya kalau 10 menit ga dimakan, ambil dulu pakannya.  Biasanya 2 sampai 7 hari. Kalau kasih makan jangan terlalu kenyang aronya yang penting rutin kalau biasanya pagi sore ya pagi sore secara teratur.

Saya kemarin juga beli anakan Arwana silver sama juga gak mau makan pertamanya. Mungkin masih adaptasi dengan lingkungan, baru setelah 3 hari makannya sudah rakus. Punya saya malahan lebih parah lagi, kalau didekati nabrak-nabrak kaca aquarium. Saya kasih teman ikan komet 2 ekor, sekarang sudah tenang renangnya. Ikan komet punya fungsi ganda, buat teman Arwana sekalian makan BAB Arwana

1 comment:

  1. ikan saya setres dah 4hari ga mau makan,, skarang ekornya pun udah mulai rusak,, gimana caranya biar ikan bisa normal lagi,, gmn cara mengobatinya,,,???

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.