Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Fakta Kura Kura Raksasa Hewan di Pulau Galapagos yang Terancam Punah

Kura-kura raksasa kepulauan galapagos

Hewan paling terkenal di Kepulauan Galapagos adalah Kura-kura Raksasa Galapagos. Sesuai namanya kata "Galapagos" dalam bahasa Spanyol kuno untuk kura-kura. Kura kura galapagos adalah hewan prasejarah yang hanya ada di kepulauan galapos karena tempatnya yang terisolasi, membuatnya masih bertahan hidup sampai sekarang namun terancam punah.

Kura-kura raksasa tiba di Galapagos dari daratan Amerika Selatan sekitar 2-3 juta tahun yang lalu, hingga saat ini populasi mereka diperkirakan sekitar 20.000 individu

Kura-kura raksasa tersebut mempunyai variasi berdasarkan besar dan ukuran, namun secara garis besar mereka dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu cangkang berkubah dan cangkang pelana.

Kura-kura bercangkang kubah kurang memiliki sudut ke atas ke depan kerapasnya sehingga membatasi mereka dalam mengangkat kepala. Mereka cenderung hidup di pulau-pulau besar dan lembab dimana terdapat banyak tanaman untuk dimakan.

Kura-kura pulau galapagos

Kura-kura raksasa galapagos

Sedangkan kura-kura bercangkang pelana memiliki kurva ke atas bagian depan kerapasnya, sehingga memungkinkan mereka meregang untuk menggapai tanaman yang tumbuh lebih tinggi. Mereka cenderung hidup di pulau-pulau gersang di Galapagos, dimana makanannya kurang berlimpah.

kura-kura raksasa galapagos kawin

Kura-kura raksasa pulau galapagos

Kura-kura raksasa Galapagos rata-rata menghabiskan 16 jam perhari untuk beristirahat. Sisanya dihabiskan  untuk makan rumput, buah-buahan, dan bantalan kaktus. Selain itu mereka juga menyukai mandi di air, tetapi mereka juga dapat bertahan tanpa air atau makanan hingga satu tahun lamanya.

Kura-kura galapagos berkembang biak terutama selama musim panas (Januari hingga Mei), meskipun demikian kita juga dapat menjumpainya sepanjang tahun. Perkawinan berlangsung selama beberapa jam dengan kura-kura jantan membuat suara menderu keras sepanjang. Kemudian setelah kawin, kura-kura betina bermigrasi ke daerah bersarang, dimana mereka menggali lubang dengan kaki belakangnya untuk tempat meletakkan 2 hingga 16 telur. Masing-masing telur seukuran bola tenis. Telur diinkubasi oleh matahari, hingga kura-kura muda menetas setelah sekitar 130 hari.


Di Galapagos

Tempat melihat kura-kura galapagos : Dataran tinggi Santa Cruz dan Gunung Berapi Alcedo di Isabela yang memiliki jumlah populasi terbesar kura-kura raksasa. Populasi mereka juga dapat ditemukan di Santiago, San Cristobal, Pinzon, dan Espanola.

Kapan melihat mereka : Kura-kura raksasa Galapagos dapat dijumpai sepanjang tahun dan paling aktif di siang hari selama musim dingin, dan dini hari atau sore hari di musim panas.

Ancaman : Populasi kura-kura raksasa Galapagos mengalami penurunan jumlah besar akibat eksploitasi oleh pemburu paus, bajak laut dan anjing laut. Karena kura-kura menyediakan sumber daging segar yang dapat tetap hidup di kapal selama beberapa bulan tanpa makanan dan air. Ini mengakibatkan hilangnya antara 100.000 sampai 200.000 kura-kura. Mereka juga dieksploitasi untuk diambil minyaknya yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu. Tikus, babi, dan semut memakan telur kura-kura, anjing liar menyerang kura-kura dewasa, ternak dan kuda menginjak-injak sarang, dan kambing bersaing dengan kura-kura untuk mendapatkan makanan.

Post a Comment for "Fakta Kura Kura Raksasa Hewan di Pulau Galapagos yang Terancam Punah"