Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Ciri Ciri & Umur Berapa Kucing Betina Birahi

Kucing betina birahi

Onty mau tanya kucing betina umur 1,5thn kok sampai sekarang belum birahi dan hamil ya. Emang umur berapa kucing betina birahi dan hamil??

Tiap kucing betina masa birahinya beda-beda, tergantung mpusnya, ada yang cepat dan lambat datangnya masa birahi. Ada yang sudah 9 bulan tapi belum ada tanda-tanda birahi. Tapi punyaku 6 atau 7 bulan sudah birahi. Ada juga yang 10 bulan baru birahi. Punya tetanggaku malahan 5bulan sudah birahi, gara-gara sering dikasih nutriplus gel kata dokter.

Sebagai tambahan, kucing lokal biasanya lebih cepat birahi, sekitar umur 6 bulanan. Kalau kucing betina birahi pertama kebanyakan cuma ngaong-ngaong, dimandikan bisa sedikit reda, tapi kalau birahi kedua bisa lebih agresif biasanya pada umur 8 bulan. Kenapa dimandikan? sebenarnya buat dia cape saja, buat pengalihan, main, mandi, kasih makan yang enak. Nanti birahinya mereda.

Kucing betina lebih cepat birahi daripada kucing jantan.

Memang secara umum kucing betina birahi sekitar umur 5, 6, atau 7 bulan. usia segitu emang prabirahi tapi untuk kesiapan organ reproduksi belum mateng banget, prabirahi biasanya semingguan. Meskipun demikian sebaiknya jangan dikawinkan dulu sebelum usia minimal 1 tahun atau lebih. Karena kucing ibarat manusia, usia 6 bulan adalah masih remaja/ abg. Kalau dipaksakan kawin secara mental dan fisik kucing tersebut masih suka bermain.

Kemudian kalau ternyata kebobolan usia di bawah satu tahun sudah kawin, maka kalau melahirkan induknya gampang stress, ga mau menyusui, pendarahan, kecacatan pada baby atau anak kucing ditelantarkan karena jiwa ke-ibu-annya belum ada. Bahaya kucing kecil umur 5 atau 6 bulan hamil.

Ciri-ciri kucing betina birahi

  • Ngeong-ngeong kenceng.
  • dia akan lebih manja sama onty
  • Suka guling-guling, guling2 heboh minta dielus-elus.
  • Terus sering naikin ekornya dan posisinya kayak lagi dikawin gitu, dia akan lebih sensitif ketika pantatnya ditepuk-tepuk.
  • Kalau mpusnya dipegang atau dielus-elus bokong nya nungging / ngankat pantatnya
  • Bulu rontok
  • Suka menggesek-gesekkan kepala dan tubuh ke tembok/kandang
  • "lubang" nya agak bengkak atau tebal

Kalau kucing betina lagi birahi pertama atau usia di bawah 1 tahun sebaiknya jauhkan dari kucing jantan biar dia ga tebar pesona dan kebobolan. Dan kalau ada matahari dimandiin saja untuk mengurangi birahinya.

Siklus Birahi Kucing Betina

Siklus birahi pada kucing betina umumnya dimulai pertama kali ketika kucing sudah berumur 5 bulan, atau pada saat kucing betina berat badannya mencapai 2,5 kg. Biasanya kucing yang siklus birahinya dimulai pada umur 5 bulan terdapat pada jenis kucing siamese dan kucing domestik atau kucing berbulu pendek lainnya, sedangkan pada jeniskucing persia akan menunjukan ciri ciri birahi atausiklus birahi pada kucing betinanya dimulai pada umur 7 – 10 bulan. Kucing merupakan hewan polyestrous yang artinya siklus birahi pada kucing betina berulang beberapa kali atau lebih dari dua kali dalam setahun dan siklus birahi ini akan berhenti ketika kucing kawin dan berhasil dibuahi atau hamil. Kucing akan mengalamianestrus yaitu ketika hormon reproduksi akan berhenti atau beristirahat pada musim gugur dan musim dingin atau awal musim hujan di indonesia, itu artinya kucing bisa dibilang jenis hewan seasonally polyestrus atau polyestrous musiman.

Siklus birahi pada kucing betina akan dimulai ketika hormon sexualnya sudah mulai di produksi dan akan mengalami beberapa tahapan. Siklus Birahi kucing terdapat lima tahap dan tahapan estrus atau heat bisa disebut masa subur pada kucing betina, dan kucing betina biasanya mau dikawin oleh jantan.

Siklus birahi pada kucing betina sebagai berikut :
1. Proestrus

Proestrus merupakan periode pertama siklus birahi pada kucing, berlangsung selama 1 atau 2 hari, pada tahap ini kucing betina akan menunjukan ciri ciri kucing birahi, dan biasanya organ genital kucing agak sedikit membesar, dan kucing sudah mulai manja. Kucing betina akan mengundang kucing jantan dengan sering mengeong, dan sering berguling dilantai dan menggesek -gesekkan badannya ke benda apapun, kucing jantan pun sudah mulai tertarik, namun kucing betina tidak akan membiarkan kucing jantan mengawininya Proestrus berlangsung singkat pada kucing, perubahan dari proestrus ke estrus bisa dalam beberapa jam saja. Pada hewan lain seperti anjing ditandai dengan proses menstruasi, namun kucing tidak mengalami menstruasi.

2. Estrus

Estrus bisa dibilang heat atau puncak birahi pada kucing atau periode dimana kucing sudah bisa dikawinkan, pada periode ini biasanya kucing betina akan membiarkan pejantan untuk mengawininya. estrus berlangsung selama 3 – 8 hari, apabila kucing di kawinkan dan terjadi pembuahan periode estrus akan berhenti seketika.

3. interestrus

Interestrus adalah periode ketika kucing tidak dikawinkan selama periode estrus dan akan mengulang ke estrus kembali, atau periode dari berhentinya estrus ke masa estrus kembali, periode ini biasanya berlangsung selama 1 – 10 hari.

4. Diestrus

Periode dimana kucing berhasil dikawinkan, dan akan menolak kucing jantan untuk kawin. apabila terjadi kehamilan maka kucing akan masuk masa kehamilan sekitar 62 – 65 hari sampai melahirkan. dan apabila terjadi keguguran maka siklus birahi pada kucing lagi akan diulang setelah 5 – 7 minggu.

Siklus birahi pada kucing sangat penting kita ketahui karena kita akan tahu kapan kucing betina benar benar siap untuk dikawinkan.

Post a Comment for "Ciri Ciri & Umur Berapa Kucing Betina Birahi"