Review Kelebihan & Kekurangan / Kelemahan Rig Icom IC-2300H

kelebihan kekurangan icom-ic-2300h

Saya tidak menyesal membeli radio ini, karena sebelumnya saya telah menggunakan Icom IC-2200H, tapi menurut saya, ic-2300H dibuat dan dikerjakan jauh lebih baik dan sempurna. Jadi saya merekomendasikan-nya bagi siapapun yang ingin masuk ke radio amatir.

Kalau dilihat dari bodinya, radio ini terlihat menarik dan tampak kokoh, tahan banting alias awet serta dilengkapi mic dengan kualitas baik.

Pada saat dicoba di rumah, kualitas suaranya tampak bagus. Bahkan saya dapat mendengarkan orang dengan sangat jelas, keras dan jernih, o iya bersama ini saya menggunakan antena Comet GP-3 yang dipasang di atas rumah.

Saya dapat masuk ke repeater lokal sejauh 250 km di gunung terdekat dengan mudah, dan pada jaringan lokal tersebut orang-orang mengatakan bahwa suara saya terdengar sangat jernih.

Kemudian yang paling penting, radio ini hanya baik untuk penerimaan / transmisi pada 2 meter band. sehingga mungkin nantinya saya juga akan menempatkannya di mobil.

Radio ICOM IC-2300H memiliki layar dengan multi-warna yang bagus, saya pribadi lebih menyukai warna hijau tetapi kuning atau oranye juga lebih nyaman di mata dalam cahaya yang redup.

O iya, juga jangan lupa membeli kabel pemrograman agar kita mudah dalam membuat pengaturan.

Secara keseluruhan radio ini luar biasa dan dapat diandalkan!

Kekurangan Icom IC-2300H
Ketika membeli radio ini tidak dilengkapi dengan hard copy manual pengguna. Sebenarnya ada, tapi dalam bentuk CD, sehingga untuk membacanya saya harus menggunakan komputer. Sebenarnya manual panduan lengkap juga tersedia di web Icom dan kita dapat mengunduhnya secara gratis.

Walaupun demikian, radio ini juga dilengkapi dengan panduan singkat dalam bentuk lipatan besar, buka lipat kertas.

Demikian, semoga bermanfaat, silakan rekan-rekan menambahkan pengalamannya dalam menggunakan radio rig Icom IC-2300H di kolom komentar.

10 Comments

  1. Maaf mau tanya siapa tau pernah mengalami, icom 2300h saya ketika tx high dan ptt dilepas tx tidak mau berhenti, ketika kabel extramic dilepas baru tx bisa berhenti, dan ketika tx ada suara dengung mirip nada. kira2 apa permasalahnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bukq microphonenya, lihat switch ptt kemungkinan hrs diganti yg baru

      Delete
  2. Sy punya masalah dgn ic2300 muncul tulisan HOT ketika ptt ditekan, dan radio tdk bisa transmit. Receive bekerja normal...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lepas kabel power diamkan beberapa saat pasang kembali, moga berhasil

      Delete
  3. Kasus sama. Semoga aja ada yg berbaik. Hati menjawab..

    ReplyDelete
  4. Mhn maaf skedar brtny, sy mau bli icom ic2300h, spy sy tdk ktipu brg K.W bgmn cr mbndingkn asli dgn yg palsu ??? Trms

    ReplyDelete
  5. gak bisa di 17*.*** ??
    atau ada cara settingnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunning di 169.9500 dulu pak/mas.
      kemudian putar naik sampai menjadi 170.000.
      kemudian tekan V/Mhz sekali, arahkan ke digit dibelakang titik.
      atur sesuai frekwensi.

      Delete
  6. Saya pernah pakai radio icom 2300 beli dari baru keluar tahun 2013,saya merasa menyesal membeli radio icom type tersebut kerna banyak saya pskai sekitar kurang 1 tahun permasalahan pda volume kdang bisa mengecil sendiri memang agak mudah masih bisa di seting volume di tombol exstra mic,setelah saya tanya saudara yg kebetulan barengan beli ternuata masalah sama pada volume juga,bahkan klo dogunalan transmit midel poewer saja panas dipendingin cepat naik,saya sempat perbincangkan dengan rekan2 diudara yg membidangi servis radio saya tanya mengenai produk icom 2300 ini kata tulang reparasi bilang memang icom 2300 sering problrm masuk servis bahkan kata teknisi tersebut icom 2300 menurutnya adalah produk gagal,masih lebih baik icom 2200 produk sebelumnua yg dari radio sampai mic asli japan,akhornya radio icom 2300 saya jual bhkan saudara saya lebih dahulu menjialnya sebelum saya kerna byk problem pdahal beli baru kami berdua,dari pengalaman ini saya berharap di mrdia sosial kalo ada produk radio kumunikasi yang baru lounching hendaknya ada semacam time penguji kwalitas radio seperti hp tiap keluar produk baru pasti ada ulasan riwie priduk di tabloid ponsel atau internet sdh beredar semua kwalitas yg sdh diuji dan dipelajari team pengiji ahli yg berpengalaman serta independen dalam menilai kwalutas produk agar calon pembeli bisa menhadi pertimbangan untuk dibeli atau memilih produk lain,saya masih mrnunggu produk icom rig inovasi terbaru vhf yg mana icom blum meproduksinya malah di salip sama yaesu 2900,kenwood 281,semoga icom bisa bersaing lebih baik dari lwan produk pesainhnya yg sdh dlu mengeluarkan varian baru,sebenarnya untuk radio yg diinginkan konsumen briker itu wat besar,spilter minim atau ada RF gain,canggih boleh jadi fitur tambahan misal seperti pendahulunya icom 2200 black bisa monitor percakapan pesawat udara

    ReplyDelete
  7. IC-2300H saya gagal transmit. Pada saat menekan PTT untuk transmit, tapi langsung gagal atau seakan-akan PTT tidak sedang tertekan. Padahal PTT tetap tertekan. Mhn bantuan para suhu. Tks

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post