Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Menggeser & Memindahkan Kulkas saat Pindah Rumah


Cara Menggeser Kulkas dengan Cara yang Benar

Banyak yang bertanya bagaimana memindahkan kulkas dengan cara yang benar. Karena memindahkan lemari es bukan hanya pekerjaan yang rumit tapi juga karena ukurannya yang besar, serta harganya juga mahal, sehingga perlu kehati-hatian dalam memindahkannya.

Terkadang kita butuh bantuan profesional untuk menggeser sebuah kulkas. Namun kita perlu biaya tambahan jika meminta bantuan seorang tukang. Nah, untuk mengerjakannya sendiri maka kita perlu perencanaan, dan penggunaan alat yang tepat untuk memindahkan kulkas agar barang mahal ini tidak rusak setelah dipindahkan.

Beberapa alat yang kita butuhkan :
  • Minimal 2 orang
  • Tali atau pita
  • Obeng / Drei
  • Meteran


Langkah-langkah Memindahkan Kulkas saat Pindah Rumah

1. Bersihkan Kulkas, Kosongkan Kulkas

Langkah pertama untuk memindahkan kulkas adalah mengosongkan semua isi. Pastikan ketika kita memindahkan kulkas tersebut, kita mempunyai cukup es untuk mendinginkan makanan yang telah kita keluarkan dari kulkas tersebut sampai kulkas dipindahkan pada tempatnya dan kita mengembalikan isi kulkas ke dalam kulkas.

Untuk saya pribadi biasanya akan memakan makanan yang mudah rusak yang ada di dalam kulkas dalam beberapa hari sebelum kulkas tersebut dipindahkan.

Setelah membersihkan semua bekas sisa makanan yang ada di kulkas menggunakan campuran soda kue dan air. Lelehkan es yang tersisa di freezer menggunakan pengering rambut dan bersihkan airnya. Mencairkan es di dalam kulkas ini mencegah kebocoran air yang tidak disengaja selama memindahkan kulkas.

2. Copot Kabel Kulkas dari StopKontak

Setelah melepas kabel dari Stop Kontak, jangan lupa gulung dengan rapi kabel di belakang kulkas.

Jangan lupa tutup kulkas dengan tali, dan lebih baik lagi bungkus dengan selimut khusus atau bahan lainnya yang mencegah benturan atau goresan pada kulkas

moving blankets kulkas

3. Ukur Kulkas dan Pintu

Ini penting karena lebar kulkas tergantung lebar pintu. Bahkan dalam beberapa kasus, kita harus melepas pintu rumah agar lemari es dapat melaluinya.

Ambil meteran kemudian ukur ketinggian, lebar, dan kedalaman kulkas. Kemudian jua ukur tinggi dan lebar pintu juga lorong yang dilewatinya.

4. Singkirkan Semua Benda yang Menghalangi Jalur Kulkas

Hilangkan semua hambatan seperti lepaskan pintu dari engsel atau lepas pagar tangga. Singkirkan semua furnitur yang menempel, sehingga kita dapat keluar dari rumah ke truk dengan lancar.

5. Geser Kulkas Keluar dan Ikat di Kereta Pengangkut Barang 

Sebagian besar kulkas memiliki roda sendiri di bagian bawah, sehingga untuk memindahkannya tidak terlalu sulit. Kemudian dengan bantuan satu orang, mintalah untuk mengangkat kulkas ke atas kereta pengangkut barang.

Alat untuk memindahkan kulkas
Alat untuk memindahkan kulkas

refrigerator dolly

6. Miringkan Kulkas ke Belakang dan Bergerak secara Hati-hati / Perlahan

Perlahan miringkan kulkas ke belakang, tapi ingat kulkas tidak boleh miring lebih dari 45 derajat. Dorong kereta pengangkut dengan hati-hati. Jika Anda ingin meletakkan kulkas kembali, lakukan secara perlahan dan dengan seseorang di sisi lain yang membantu Anda.

7. Hati-hati Ketika Menuruni Tangga

Pastikan satu orang di depan kulkas dan satu orang di belakang kulkas. Juga perhatikan ketika menuruni anak tangga jangan mendorongnya, tapi tarik kereta pengangkut kulkas tersebut ke arah kita yang berada di belakang kulkas, sehingga menjadi miring 45 derajat. Dan selalu kontrol posisi kulkas.

memindahkan kulkas di tangga

8. Menaikkan Kulkas ke Truk

Dengan menggunakan papan, arahkan kulkas ke truk atau mobil pickup. Karena lebih mudah mengarahkan menggunakan papan daripada mengangkat lemari es ke mobil pickup.

papan untuk menaikkan kulkas ke truk

menaikkan kulkas ke truk

9. Ikat Kulkas saat berada di Atas Kendaaran

Ikat kulkas ke truk menggunakan tali tambahan di bagian atas dan samping kulkas. Sebaiknya biarkan kulkas tetap berada di atas kereta pengangkut barang, daripada nanti ketika kita menurunkannya harus menaikkan lagi ke atas kereta dorong.

mengangkut kulkas

10. Tunggu Beberapa Jam sebelum Mencolokkan ke Listrik dan Mengisi dengan Bahan Makanan

Setelah kita sampai di lokasi tujuan yang baru, tunggu beberapa jam sebelum memasangnya kembali. Jika kita harus memindahkannya lagi pastikan posisi kulkas dalam keadaan tegak. Kemudian setelah kita memasang kembali, tunggu beberapa jam sesuai dengan waktu tunggu yang disarankan pabrik sebelum mengisinya dengan makanan, biasanya berkisar antara 24 - 72 jam.

Catatan :
Saat ditempatnya, pastikan kulkas selalu dalam posisi tegak

Post a Comment for "Cara Menggeser & Memindahkan Kulkas saat Pindah Rumah"