Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kisah Pengamen Sukses jadi Pengusaha Makanan Ringan Beli Rumah & Montor

Pengamen cantik


Istirahat di masjid buat ikut jamaah Asyar

Lihat-lihat pengamen lain masih banyak yang semangat, ada juga yang putus asa, beberapa ada juga yang mencibir pengamen,, ya saya sih seloww aja, emang pengamen itu dipandang sebelah mata.

Cuman,, setau saya,, para senior pengamen/pemulung rata-rata jadi artis/wirausaha.

Ini kok ada pengamen mau pensiun ngamen malah cari kerja?

Itu ngamen udah berapa lama?

Terus uangnya buat apa ngamen selama ini?

Saya pertama kali ngamen modal 125.000 buat beli gitar, jalan kaki naik angkot/angdes/elf.

Itu dari pagi sampai sore,, kalau memungkinkan sambung sampai malam (lihat sikon badan capek apa nggak/ aman dari pol PP/nggak).

Kumpul-kumpul sedikit demi sedikit saya ambil kredit Montor,,

Pindah dari kabupaten ke kabupaten, saya sesering kecamatan-kecamatannya,, saya tidak berani ngamen dalam kota kecuali sore/malam hari (Lihat sikon).

Tidur di masjid dan musolla sampai sudah pada kenal marbot-marbotnya.

Buat nutup kebutuhan keluarga sama angsuran montor,, lumayan lebih hemat ongkos transport dan lebih cepat mobilisasi saya dari satu kecamatan ke kecamatan lain 7-9 hari saya baru pulang kerumah.

Modal awal 600 ribu bikin makanan ringan saya titip-titipin ke warung bakso yang biasa saya ngamenin,, Alhamdulillah pada nerima biarpun totalannya kalau sudah ada yang laku,, tiap bungkus untung 500 perak saya syukuri. 

Ikut UMKM dibuatin NIB, PRIT dan NPWP.

Saya jalani usaha sambil ngamen,, lunas angsuran Montor saya masukkan BPKB ke bank BRI ambil KUR mulai 10JT,, sampai sekarang jadi 50JT, itu saya buat ngembangin usaha,, yang awalnya saya titip di satu kecamatan sekarang sudah ada 13 kecamatan tiap kecamatan rata-rata 3-6 warung bakso,

Karena pasif income dipembukuan saya sudah stabil, saya beranikan diri sewa ruko tiap bulan 700.000 (saya sewa bulanan,, kalau sewa tahunan duitnya nggak ada),, saya buka usaha jualan daster, uang lebihan ini saya pakai buat kulakan,, saya sisakan 20JT buat jaga-jaga bayar angsuran bank + sewa ruko bulanan.

Itupun saya nggak berhenti ngamen,, masih saya jalani,, bukanya saya kecanduan ngamen/nggak bisa berhenti ngamen, tapi berwirausaha kadang ramai kadang sepi, produksi 50 kg tiap minggu belum tentu habis,, daster akhir pekan/musim panen/hari besar lumayan ramai, tapi ya kadang sehari nggak laku sama sekali itu sudah biasa.

Target saya bisa ambil KUR 150 juta, biar saya bisa beli rumah nggak kontrak lagi, saya juga nggak tau kapan mau berhenti ngamen,, semoga saja usaha lancar pemasukannya baik bisa bayar angsuran bank dan ada lebihan buat nabung,, mungkin saya baru berhenti ngamen.

Teman-teman belajar membedakan kebutuhan dan keinginan,, kalau nurutin keinginan,, duit berapapun nggak ada cukup-cukupnya. Jangan patah semangat,, ada kalanya ramai, ada kalanya sepi,, yang penting kesehatan dijaga, jangan terlalu ngoyo kejar target tapi ngamen cuman sehari dua hari habis itu libur nggak ngamen lagi,, berasa sudah ada uang,, capek nih badan,, 

Mending diatur waktu ngamenya biar langsam tiap hari,, nggak lucu sehari dapat 150-300ribu ngamen cuma 2 hari kaki udah pegel-pegel besoknya istirahat berhari-hari,, percuma kayak gitu duit nggak akan pernah ngumpul, apalagi kalau sudah pegang duit, berasanya pengen beli ini dan itu,, mikirnya gampang ah nanti ngamen juga dapat lagi.

Explore tempat baru,, yang sekiranya prospek, jangan ngamen di tempat itu-itu saja,, sudah jadi rahasia umum,, kalau ngamen menahun di tempat-tempat itu saja bakal kena mental,, ujung-ujungnya lari ke obat-obatan biar pede,, biar nggak gampang capek dll,, itu malah ngerusak badan.

Hati-hati cari partner ngamen,, setau saya kalau dah biasa ngamen lebih milih sendiri,,, operasional hariannya hemat, beli tembakau lintingan ngak masalah, makan 7000 juga nggak masalah, minum biasanya tiap masjid besar sediakan air kemasan.

Kalau ngamen partner-partneran usahakan sudah saling kenal, resiko kalau sama orang baru yang di kenal.

Semoga kisah, saran dan masukan saya bisa jadi pertimbangan kawan-kawan semua, sayapun terinspirasi dari senior-senior pengamen/pemulung yang sudah sukses jadi pengusaha/artis, walaupun saya nggak mungkin jadi artis karena nggak ada bakat olah vokal.

Post a Comment for "Kisah Pengamen Sukses jadi Pengusaha Makanan Ringan Beli Rumah & Montor"