Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat

Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat

Makalah merupakan salah satu bentuk penulisan yang harus dipelajari di sekolah, ataupun untuk mendapatkan gelar yang anda inginkan. Tapi, selain itu makalah juga berfungsi untuk memperdalam wawasan dan pengetahuan anda mengenai topik-topik tertentu. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat makalah yang benar sesuai dengan aturan dan kaidah makalah yang telah ditetapkan.

Seperti yang kita ketahui, membuat makalah yang benar juga memerlukan waktu dan usaha yang cukup. Namun, jika anda tahu cara yang tepat maka proses pembuatan makalah dapat lebih cepat selesai. Pada artikel ini kami akan membagikan tips dan panduan cara membuat makalah yang benar dan cepat. Nikmati dan manfaatkan artikel ini sebaik-baiknya!

Mengenal Struktur Makalah

Ada berbagai cara untuk membuat sebuah makalah. Meski begitu, ada beberapa struktur yang harus diperhatikan supaya makalah yang dibuat bisa menarik dan mudah dalam pemahaman. Struktur dasar sebuah makalah bisa dibagi menjadi beberapa bagian penting yaitu:

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan tercantum tentang latar belakang dan tujuan dari makalah. Berbagai informasi yang penting tentang isi makalah juga dicantumkan pada bagian ini. Hal tersebut dimaksudkan agar pembaca dapat memahami isi makalah dengan mudah.

Badan Makalah

Bagian badan mencakup isi dari makalah tersebut. Bagian ini bisa dibagi ke dalam beberapa sub judul. Sub judul tersebut harus terkait dengan informasi yang terdapat pada pendahuluan. Di dalam badan makalah juga dimasukkan beberapa referensi baik berupa gambar, infografis, statistic, atau lain sebagainya.

Penutup/Kesimpulan

Pada bagian terakhir ini berisi tentang kesimpulan dari makalah. Cakupan yang tertera pada bagian ini harus seiring dengan tujuan awal makalah. Di dalam penutup juga disertakan rekomendasi atau saran yang diperoleh dari makalah yang telah dibuat.

Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat

Tentunya Anda perlu mengetahui struktur dari sebuah makalah yang benar dan cepat agar bisa jadi lebih ringkas dalam mempersiapkan materi. Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menbuat sebuah makalah dengan benar dan cepat adalah sebagai berikut:

  • Buat layout dasar dari makalah.
  • Buat daftar isi dari makalah tersebut dan jangan lupa untuk memberikan nomor pada setiap elemen baik, sub judul, pola alur, gambar, tabel dan lain sebagainya.
  • Peneliti dan lakukan riset dengan teliti, agar materi yang ditulis dari makalah akan mendapat nilai yang baik.
  • Sertakan referensi atau sumber image pada makalah Anda. Hal ini dimaksudkan agar orang lain yang mengacu kepada referensi makalah Anda dapat memahami apa yang telah Anda buat.
  • Buat kalimat singkat, gunakan pengayoman dan sebagainya, tetapi jangan sampai membuat makalahmu tidak fokus.
  • Ketika sudah selesai menulis maka jangan lupa untuk melakukan revisi dan editing makalah.

Membuat Prihal dan Indeks

Membuat Prihal dan Indeks

Prihal selalu harus ada dalam sebuah makalah agar karya ilmiah nampak formal pada waktu pertama kali melihat. Prihal hubungan dengan makalah yang akan dibuat dalam hal ini adalah makalah yang berjudul ‘Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat’. Prihal dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

  • Mengutarakan identitas penulis, seperti nama, organisasi, dan nama pembimbing yang diajak untuk menyusun makalah tersebut.
  • Menuliskan pokok permasalahan yang akan dibahas agar mudah memahami isi makalah.
  • Menjelaskan informasi singkat dari jenis makalah yang dibuat, contohnya tentang jenis karyanya, jumlah halaman, dan lainnya.

Sebelum menulis isi makalah, hal yang mutlak harus dibuat adalah Indeks. Indeks tidak hanya memudahkan proses mencetak makalah saja, tetapi juga membantu memberikan petunjuk pembaca agar bisa fokus untuk membaca berdasarkan judul yang tertera di Indeks. Pembentukan indeks untuk makalah ‘Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat’ bisa disusun seperti contoh di bawah ini:

  • Pendahuluan
  • Tahapan-Tahapan Membuat Makalah
    • Memilih Topik
    • Mengumpulkan Referensi
    • Menulis Lakar dan Ide
    • Menyusun dan Menulis Buku
    • Membuat Daftar Pustaka
  • Kesimpulan

Menyusun Isi dan Tambahan

Setelah seluruh materi yang akan ditulis dalam makalah sudah diperoleh, maka tahapan selanjutnya adalah menyusun isi dan tambahan dalam makalah. Terdapat beberapa tahapan selama proses menyusun isi makalah, yaitu:

  1. Menyusun strategi untuk artikel, seperti membuat garis besar topik dan konsep yang lebih komprehensif
  2. Menyusun deskripsi singkat yang membuat semua informasi yang relevan terhubung
  3. Menemukan fakta-fakta yang mendukung dan berbeda dari judul makalah yang sedang ditulis
  4. Consolidate semua materi pokok untuk diklarifikasi dan dieksplorasi selama tahap menulis karya ilmiah
  5. Menemukan tambahan berupa gambar, tabel, statistik, kutipan, kutipan, dan lainnya untuk membuat artikel lebih kuat dan kaya rupa.

Dari semua tahapan tersebut, seluruh bahan yang dikumpulkan dapat digabungkan dalam bentuk naskah makalah yang diperlukan dengan memerhatikan pola penyusunan secara berurutan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menyelesaikan makalah bisa dilakukan secara cepat jika kita mematuhi ketentuan dan langkah-langkah yang disarankan. Memperhatikan tata tulis, membuat struktur dan substansi yang benar, merangking informasi, dan mengutamakan kualitas adalah kunci kesuksesan dalam menyelesaikan suatu makalah.

Pemahaman yang jelas tentang masalah-masalah yang akan dibahas dalam makalah merupakan hal yang sangat penting. Jika sudah memiliki semua informasi yang tepat, pastikan untuk menuliskannya secara jelas agar pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Tujuannya adalah menciptakan tulisan yang bermutu dan bermakna dengan cepat.

Post a Comment for "Cara Buat Makalah Yang Benar dan Cepat"