Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form

Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form

Google Form merupakan salah satu layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang berfungsi untuk membuat formulir secara online. Dengan Google Form, Anda bisa membuat formulir seperti kuis, serta formulir lainnya yang sangat mudah dan praktis.

Tutorial ini akan memberikan penjelasan dan panduan langkah-demi-langkah untuk membantu Anda membuat Google Form tanpa menggunakan desain. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang cara menambahkan fitur tambahan seperti pengarahan, timer, alur kerja data dan lainnya.

Mempersiapkan & Mengatur Google Form

Google Form adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat kuisoner, survei, poll, dan berbagai bentuk umpan balik yang dapat dipublikasikan secara online. Dalam tutorial ini, Anda akan mengetahui cara mempersiapkan dan mengatur Google Form, sehingga Anda dapat memulai membuat kuisioner atau survei dengan cepat dan mudah.

Langkah-Langkah Mempersiapkan & Mengatur Google Form

  1. Login ke Akun Google Anda. Setelah itu, buka Google Form.
  2. Untuk mulai membuat formulir, klik tombol berwarna hijau “Membuat Formulir Baru”, yang biasanya terletak di bagian atas halaman.
  3. Anda dapat memilih mode editor yang saya sarankan. Mode ini membawa Anda langsung ke editor formulir. Selain itu, mode ini memungkinkan Anda membuat formulir dengan banyak berbagai pilihan, seperti memilih jenis input yang ingin Anda gunakan, menambahkan kotak hobi atau mengatur warna dan gambar yang akan ditampilkan pada halaman manajemen formulir Anda.
  4. Pada intinya, Anda harus mengatur:
    • Judul formulir
    • Deskripsi formulir
    • Masukkan desain template
    • Kelola pertanyaan dan pilihan jawaban
    • Tambahkan halaman dan seksi
    • Manajemen hak akses
    • Kelola respon dan data dari orang yang mengisi formulir
  5. Ketika Anda selesai mengatur semuanya, Anda dapat menggunakan tombol “Kirim” di editor untuk membuat tautan khusus yang dapat digunakan orang lain untuk mengisi formulir Anda.
  6. Anda juga dapat menggunakan tombol “Kelola” untuk membuat tautan bagian manajemen untuk memantau respon orang yang telah mengisi formulir Anda.

Itulah cara mempersiapkan dan mengatur Google Form untuk membuat kuisioner, survei, dan umpan balik yang dapat dapat dipublikasikan secara online. Dengan menerapkannya, Anda dapat membuat Google Form lebih cepat dan mudah.

Apa itu Google Form?

Google Form adalah sebuah alat berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan membagikan formulir survei, kuis, dan daftar on-line. Formulir ini kemudian dapat diterima dan ditangani oleh Responden secara online. Google Form memungkinkan kita untuk menciptakan daftar tugas yang dapat diedit oleh orang lain di berbagai jenis media.

Tutorial Langkah-Langkah Membuat Google Form

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan langkah demi langkah untuk membuat Google Form yang dapat Anda gunakan untuk survey, kuis, atau daftar tugas.

Membuat Akun Google Baru

Untuk membuat Google Form, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun Google Baru, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Sign Up Google.
  • Masukkan informasi pada kolom yang telah disediakan.
  • Klik “Buat Akun”.
  • Setelah mendaftar, mulailah menelaah konsep Google Form.

Membuat Formulir Baru di Google Form

Untuk memulai membuat form baru di Google Form, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi halaman Forms Google.
  • Klik tombol “+” di sisi panel navigasi.
  • Klik opsi “Blank”.
  • Formulir baru akan muncul pada layar Anda.

Mengatur Tampilan Formulir Anda

Setelah membuat formulir baru, Anda dapat mulai memilih jenis pertanyaan dan styling yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatur tampilan Google Form Anda:

  • Klik tombol “Tambahkan Pertanyaan” di sisi kanan layar Anda.
  • Pilih jenis pertanyaan yang sesuai.
  • Klik tombol perempuan untuk menambahkan pertanyaan lain.
  • Klik tombol “Themes” untuk menyesuaikan tema Anda.
  • Ketika selesai, Anda dapat mulai berbagi formulir Anda.

Mengirim Formulir Anda

Sekarang, formulir Anda siap untuk dikirimkan. Anda dapat mengirimkan Google Form ini ke berbagai media seperti email, link, dan aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, atau Twitter. Berikut adalah beberapa cara untuk mengirimkan Google Form Anda:

  • Klik tombol “Send” di tepi kanan layar.
  • Pilih dari opsi salah satu untuk berbagi link formulir Anda.
  • Kirim link tersebut ke orang-orang yang ingin Anda survei.
  • Ketika mereka mengisi, Anda akan menerima semua hasil survei di dashboard Google Forms Anda.

Mengatur Waktu & Notifikasi Pengisian

Google Form memiliki fitur keren yang memungkinkan kita untuk mengatur waktu & notifikasi pengisian. Fitur ini sangat berguna untuk membantu kita memastikan bahwa semua orang diberi kesempatan untuk mengisi form dengan cukup waktu yang telah ditentukan. Dengan demikian, kita dapat menghindari kekeliruan yang terjadi karena adanya waktu keterlambatan atau keterlambatan pengiriman form.

Berikut cara mengatur waktu & notifikasi pengisian pada Google Form:

  1. Buka Google Form yang ingin Anda edit.
  2. Klik opsi Minutes di sisi kanan atas, lalu klik Set Deadline and Notification.
  3. Masukkan tanggal & waktu kapan pengisian form akan ditutup pada kolom Deadline for Responses.
  4. Klik opsi Notify Me untuk mengaktifkan notifikasi setiap ada orang yang mengisi form tersebut.
  5. Klik Save changes.

Begitu semua prosedur sudah selesai, Anda dapat memulai proses pengisian & berbagi Google Form ke publik agar dapat mengumpulkan informasi data yang diperlukan.

Kesimpulan

Tutorial lengkap cara membuat Google Form sebagai bahan referensi membuat aplikasi formulir mudah bisa segera dipraktekkan. Dengan banyak fitur dan opsi kelengkapan formulir yang terdapat di Google Forms, membuat aplikasi formulir menjadi lebih mudah dan simpel.

Memanfaatkan berbagai fungsi yang tersedia di Google Form, seperti kemampuan untuk membuat beberapa halaman, menambah gambar, video, atau animasi, serta mengumpulkan respons dari formulir yang digunakan, akan membuat pekerjaan dan tugas lebih mudah.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post