Tuesday, June 21, 2016

Mengatasi Kamera Canon 1100D Err 01

Canon 1100D Err 01

Pernahkah agan menjumpai Kamera Canon 1100D muncul " err 01 Communications between the camera and lens is faulty. Clean the contacts."

Ada berbagai macam kasus yang menjumpai err 01, misalnya ketika ngejepret di tempat terang tiba-tiba ada bacaan Err 01, tapi ketika di coba di dalam rumah enggak ada yang aneh.

Nah kalau yang ini coba di check di dalam rumah diafragma dimainin sampai f11 error gak, kalau error berarti flex diafragmanya putus atau kabel fragma putus.

Jika ternyata error pada kabel diafragma lensa, untuk check memastikan, coba foto menggunakan F/3.5 biasanya tidak langsung error, dan lakukan pada f/22, biasanya akan langsung error

Kemudian ada kejadian lagi setiap shutter speed nya angkanya kecil suka error01, tapi kalau angkanya besar gak terjadi error01. Coba apa kira-kira?

Ini biasanya problem di lensanya dan bisa jadi harus di servis, karena error 01 adalah berhubungan kontak sama body. atau bisa jug akita coba bersihin kontak (kuningan) di lensa pakai penghapus pensil. atau bisa juga coba ganti dengan lensa yang lain.

Karena saya juga pernah ngalamin juga, bisa jadi dudukan mountingnya kurang pas, atau connector di lensanya kotor sehingga salah satu connectornya nggak terhubung dengan sempurnah.

Untuk error 01 pada EOS 1100D di PCBnya. Biasanya Harga pergantian PCB EOS 1100D dikenakan biaya sekitar Rp 1,276,000,- ( Harga dapat berubah sewaktu-waktu ) dan biaya service Rp 550.000,-  

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.