Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Mengatasi Puting Susu Luka Lecet Robek saat Menyusui agar Cepat Kering dan Sembuh

Ibu dan Anak
Ibu dan Anak

Untuk ibu2 yang pernah menyusui ayo share disini. Dikasih apa ya supaya puting susu yang robek cepat kering dan sembuh. Si kecil baru 11 bulan tapi kalau tidur gak mau lepas pas di susui. Dikasih dot juga gak mau. Udah pakai salep momilen di apotik, tapi lama keringnya.

Momilen obat puting susu
Momilen obat puting susu

Tapi pengalaman temen saya pake moMylen juga cepet sembuhnya, sedang saya pakai momilen 3 hari gak sembuh-sembuh ya, padahal temen saya juga kemaren robek gitu terus pake momilen gak ampe seminggu smbuh.

Kalau dulu pas anak pertama juga pernah tapi gak saya kasih apa-apa, saya biarkan aja sembuh sendiri... tapi saya minum anti biotik dan puting kalau gak lagi nyusui saya bersihkan pakai air hangat biar ga ada kuman di lukanya, soalnya juga kasihan babynya kalau kasih salep, ntar ga mau nyusu lagi.

Untuk antibiotiknya ada anti biotik khusus IBU menyusui,,, Lupa saya APA merk nya..

Teman-teman juga banyak yang menyarankan kalau puting susu yang robek di kasih minyak tawon aja sehari - dua hari jangan pake BH biar putingnya yang lukanya mengering.

Atau biasanya bunda-bunda, Di olesin ASI Nya biar kan kering.... walau prosesnya lambat tapi nanti sembuh sendiri. Saran dari bidan sama dokter dulu sih obat paling ampuh sebenernya air asi kita sendiri mba. Di oleskan ke nipple kita.

Dan kadang aku kasih obat biru yang bisa untuk sariawan.. cepat kering.. banyak tu ditoko apotek.. ini di rumah masih ada masih sebotol.. karena sedikit aja diolesi pake katenbath..

Dan cara menyusui Nya Juga harus diperhatikan bundaaaa.... Posisi Nya harus bener2 nempel.... Jangan sampe mereng dan tertarik.... Kalo bisa bayiNya di hadapkan langsung kedada.....

Tapi susahnya anaknya gak mau diam, karena di tarik2 terus putingnya makannya robek.

Kata temen saya, usahakan saat menyusui, puting masuk pelakatan dengan sempurna kalo bisa puting dan bagian aerola sekitar puting itu masuk ke mulut bayi, jadi itu bisa menghindari lecet puting, lecet puting biasanya karena pelekatan puting saat menyusui itu kurang pas (masuk separo aja ke mulut bayi).

Jadi intinya, Mungkin pelekatan puting yang salah bunda.. coba di cek lagi kalau bisa area aerola masuk ke mulut bayi bukan puting saja (aerola: bagian hitam di sekitar puting),, karena pengalaman pribadi dulu sempet lecet waktu sebulan pertama waktu belajar menyusui karena salah pelekatan setelah pelekatan benar puting gak sakit lagi,, ngurangin luka pake asi aja.. kalau lagi kering di basahin aja pake asi lama2 sembuh..

Kemudian, perlu diperhatikan :
1. Posisi bayi yang menyusu harus tepat
2. Ketika akan menyusui oleskan terlebih dahulu puting kita dengan asi sampai ke sekitaran puting
3. Puting jangan terkena sabun saat mandi, karena mnghilangkan kelembaban puting
4. Bentuk lah mindset bhwa menyusui itu menyenangkan
Bismillah.. Semoga berhasil ya sist.


Di timang2 lembut dan di peluk2 sayang.. Sambil sibukkan pandangan bayi ke wajah kita dengan cara ngajak dia ngobrol sambil menyusui.. Bicara dengan suara yang lembut.. Saya sendri sudah melakukannya mba.. Insya Allah si bayi akan ngenyot seperti sambil melamun karena asik dengan ucapan kita.. Akhirnya isapan asinya menjdi pelan dan lembut..

Komillosan obat puting susu lecet
Komillosan obat puting susu lecet

Nah yang ini komillosa bagus katanya buat puting susu, dan biasa di pake dokter klau nulis resep soalnya aman juga buat bayinya

Bisa juga Pake gom cepet keringnya.. Gom itu aslinya obat sariawan anak bayi... wujudny cair... itu aman sist meskipun kita oleskan setiap saat. O iya gom ada 2 macem yang putih dan ada yang warna... pilih yang putih bening ya sist jangan yang warna, yang putih rasanya enak kok manis. Beli di apotek sist...

Pemakainnya gom bisa dicampur madu, setiap kerasa perih di olesin... gom dulu baru madu sist.. Saya dulu ampe mau lepas puting nya.. terus saya rutin olesin gom sama madu... alhamdulillah sembuh dan ga perih lagi.?

Pake cutton bud ya biar bisa ke jangkau di seputaran puting... memang perih waktu di olesin gom.. tapi mikir buat dede apapun yang terbaik buat dede..

Memang kalau pake salep2 gitu biasanya harus dicuci dulu sebelum disusukan lagi biar aman untuk si kecil, klo saya pribadi kadang pake. gentian violet ( obat sariawan yg warna ungu ) kalo lukanya lumayan parah, tapi efeknya kadang malah bikin kering.. terus ntar kadang tekupasan.. jadi kalau pake gentian, abis tu dioles pke asi lagi.

Kalo di oles gentian jangan lupa ya bund, harus dicuci/dibersihkan lagi sebelum menyusui, soalnya juga saya dikasih tau bidan saya sih.. hehe.

Kalau sudah kering dan terkupasan robek pula. Rasanya waw kalo menyusui, pedih, perihnya ga tahan kalo lebih lama lagi nahan sakit nya pas nyusuin.. tapi bayi nya juga kasian.. Tiap kering lukanya, Eh robek lagi, perihnya.

Berdasarkan pengalaman, anak udah 3 semuanya ASI ekslusif tanpa susu formula sampai 6 bulan, posisi bayi saat menyusui harus tepat, dan setahu saya sembuh sendiri...

Kasih madu atau minyak zaitun mba, Insya Allah cepat sembuh. Saya diolesi madu asli, pagi langsung kering. Baiknya adalah Madu cepat sembuh nya bun dan aman untuk menyusui. Terus kalo pas ngedot sampe ga mau lepas gitu, jangan dipaksa bunda... ntar adek bayinya sendiri kalo terasa kenyang & lelap lepas sndiri.

Ada juga temen yang pake salep medela... aman buat baby ga perlu dibilas lagi.

Kasih minyak goreng mba..., temen saya Satu hari mba kemaren langsung kering....

Saya juga mba lecet" mba sampe" berdarah" sampe nangis saya nyusui anak saya sakit banget pas di kenyotnya sambil nangis di tetangin sama mama katanya susui aja terus ntar sembuh sendiri, dan betul sembuh sendiri cuman ya kadang 2 minggu gitu lagi tapi pas lagi mau tumbuh giginya sekarang masih ae lecet tapi gak seperah dulu sabar aja dah memang sudah kewajiban kita sebagai ibu..

Saya juga pernah ampe anak umur 2 tahun lebih masih asi luka2 gitu tahanin aja tetep kasih asi berapa hari sembuh gak pake obat. Tapi perihnya luar biasa bund, ampe berdarah lecet gitu tetep saya tahanin gak nyampe berhari2 sembuh mba

Kadang kalo saya mba, rasa mau nyerah myusui tapi anaknya gak mau ngedot. Rasa mau nangis aja. Tapi gak apa apa mba, saya tahanin aja.. anak saya juga gak bisa di kasih dot sudah umur 3 tahun baru bisa dan itu jg cuma beberapa bulan udah gak mau lg.. kalo asi dia 2 tahun lebih.. umur 3 tahun berapa bulan udah berhenti asi sendri tanpa di apa-apa in mba..hehe

Beginilah pengalaman seorang ibu, gak ada habisnya kalau di tuliskan...

13 comments for "Mengatasi Puting Susu Luka Lecet Robek saat Menyusui agar Cepat Kering dan Sembuh"

  1. Salam kenal mba.. Aku juga sedang menyusui dan anaku skrg sudah 2bulan,selama 2bulan ini aku selalu menyusui dari payudara yg sebelah kiri saja karna yg sebelah kanan putingnya tidak keluar dan aku sudah sangan enjoy menyusui hanya dengan satu payudara tapi karna itu kepala anak saya hanya suka menoleh ke arah kiri karna saya hanya menyusui sebelah kiri. Akhirnya saya mencoba untuk menyusui payudara kanan awalnya memang susah anak saya menolak terus untuk menyusui karna putingnya tidak keluar, saya coba untuk memponya terlebih dahulu agar putingnya keluar baru saya susui dan alhmdulillah anak saya mau juga tapi sakitnya minta ampun dan sangat luar biasa sakitnya karna anak saya sudah pintar menyedot puting sampai akhirnya puting saya luka dan ledes, saya jd takut dan berhenti dulu pakai yg kanan skrg puting saya jd kering akibat luka dan terbelah.. Saya mau tanya mba kalo puting yg sedang kering akibat luka apakah boleh menyusui sedangkan saya lihat jd ada bekas kulit keringnya krna luka apakah aman jika kulit kering itu tertelan oleh bayi..

    ReplyDelete
  2. Mau nanya madu nya kaya gimana ya?sehabis dikasih madu kalo bayi mau nyusu dibilas lg ga?

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mba saya lagi menyusui puting sya lecet sampe berdarah mba bagus nya pake apa ya supaya cepet kering soalnya sakit banget klo lagi di hisap sama si dede

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mba saya lagi menyusui puting sya lecet sampe berdarah mba bagus nya pake apa ya supaya cepet kering soalnya sakit banget klo lagi di hisap sama si dede

    ReplyDelete
  5. Maaf ya dody...gimana donk..saya jadi bingung ni, puting susu saya sudah mau ber nanah. Akibat di sedot sama suami saya, seperti mau lepas. Kalu pakai bra terasa sakit. Trus saya oles berbaring, koq makin parah..apakah product gom bisa mengatasi penyembuhan pada puting saya yg luka?

    ReplyDelete
  6. Saya mempunyai bayi umur 14 bln lagi seneng nya nenen, trus giginya dah tumbuh 4 masalahnya setelah anak saya tumbuh gigi dia jadi seneng gigit2 puting saya awalnya lecet biasa, trus lama2 lecet nya tambah lebar dan kaya berlubang ada nananhnya dikit, kadang sampe berdarah, nah klau anak saya minta nenen rasa nya bun luar biasa pedih, sakit, pengen nangis smua campur aduk. Sampe pernah saya nenenin anak saya sambil nangis. Puting saya pernah saya obatin pake kunyit d parut tpi hasilnya nihil, trus pernah tak kasih salep momilen udah 2 hari kaya gak ada perubahan, sebenernya saya sampe ada kepikiran mau nyapih anakku bun tpi d pikir2 lagi kasian belum 2 thn.. kasih solusinya dong bun biar luka di puting saya bisa sembuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya 9 bulan kalau kasih asi suka rebahan biar dia langsung tidur...eh malah jadi kebiasaan dia.nah pas tumbuh gigi bawah suka digigit,awalnya cuma lecet saya kasih asi setelah selesai menyusui tapi ga kunjung sembuh malah lukanya robek berlubang kaya sariawan ada putih gitu. Saya baca2 google ada yg gunakan zwitsal rasanya mendingan tapi luka yg terbuka tak kungjung tertutup.gimana ya bun....ada obat yg ampuh ga biar saya kasih asi sampai 2 thun

      Delete
    2. Anak saya 9 bulan kalau kasih asi suka rebahan biar dia langsung tidur...eh malah jadi kebiasaan dia.nah pas tumbuh gigi bawah suka digigit,awalnya cuma lecet saya kasih asi setelah selesai menyusui tapi ga kunjung sembuh malah lukanya robek berlubang kaya sariawan ada putih gitu. Saya baca2 google ada yg gunakan zwitsal rasanya mendingan tapi luka yg terbuka tak kungjung tertutup.gimana ya bun....ada obat yg ampuh ga biar saya kasih asi sampai 2 thun

      Delete
  7. Anak saya 9 bln..giginya skrg sdh 6,,dan saat ini saya mngalami luka terbuka pada payudara,seperti sariawan tp agak dlm...tiap kali mnyusui sakitnya luar biasa..lukanya cepat menutup, tp tiap kali mnyusui lukanya kmbali terbuka,,pernah seharian tidak disusukan, tp payudaranya jadi bengkak dan takutnya asi pd payudara sebelahnya tidak cukup untuk anak saya..makanya walau sakit tetap saya susukan...adakah obatnya agar lukanya tidak terbuka lagi,,?

    ReplyDelete
  8. Aq jga hampir 2minggu lecet ,kedokter mpe 2 dokter,saking pengen ngilangin rasa perihnya bun...kyk luka di kasih garem gtu bun,salep juga bbrp hari doank enakan,besok nya perih lagi..pke yg racikan dr dokter belom da efek..������������ gmn donk bun

    ReplyDelete
  9. Aq jga hampir 2minggu lecet ,kedokter mpe 2 dokter,saking pengen ngilangin rasa perihnya bun...kyk luka di kasih garem gtu bun,salep juga bbrp hari doank enakan,besok nya perih lagi..pke yg racikan dr dokter belom da efek..������������ gmn donk bun

    ReplyDelete
  10. Coba kasih minyak bud bud beli di apotik

    ReplyDelete