Wednesday, July 13, 2016

Perbedaan Gaji Karyawan Penjahit Konveksi dan Garment

Mesin Jahit
Mesin Jahit

Untuk yang bingung mau kerja di konveksi atau garment berikut beberapa yang dapat dijadikan pertimbangan khususnya masalah gaji.

Kalau konveksi Gajinya borongan (jadi kalau gak ada kerjaan gajinya nihil) atau ada juga yang gajinya mingguan, Enaknya kita bisa berangkat sesukanya. Karena waktu kita yang ngatur sendiri.

Sedang garmen gajinya tetap sesuai umk (yang benar istilahnya umk apa umr ya .. . . maklum orang  kampung kurang ngerti istilah pokoknya gitu deh) + lemburan, jadi kalau mau dapet bonus harus nyari target. Gajinya bisa sebulan sekali atau 2 minggu sekali. Untuk masalah waktu kita yang di atur waktu, kayak di pabrik-pabrik gitu deh.

Untuk skala, kalau garment biasanya sudah berbadan hukum. Sebaliknya konveksi industri rumahan, skala kecil dan tidak berbadan hukum.

Menurut pendapat lain tidak semua konveksi produksinya skala rumahan karena banyak juga konveksi yang produksinya hampir sama dengan garmen. Garmen juga sama sebenernya, bedanya mereka skala internasional konveksi lokalan.

Untuk enak tidaknya tergantung masing-masing pribadi. Tapi ada juga yang bilang penghasilan lebih besar dikonveksi sebenarnya ketimbang garmen.

Kalau pengen tahu yang sebenarnya cobain satu-satu aja. Biar ntar tahu sendiri dan bisa merasakan sendiri, mana yang lebih cocok buat kita. Dan jangan terlalu percaya sama omongan orang.

Intinya sebenernya sama2 kalo ga ada order ga ada duit. .tapi sekali lagi gajian konveksi gak distandar ikut umr kayak garment.. Dan bisa aja dari konveksi berkembang jadi garment tapi banyak juga yang tetap konveksi.

Skala konveksi bisa dibilang kecil, tapi jangan ngeliat kecilnya, kalo orderannya lancar ya yang kerja juga dijamin sejahtera, tinggal kembali ke orangnya mau ngembangin diri jadi gimana (jago jahit, buka usaha, dll)

3 comments:

  1. Bagaimana cara menentukan besaran uoah ?

    ReplyDelete
  2. Benr bgt gaji konveksi emng lbih dari krja di pabrik garmen misal klo konveksi yg q tmpatin ini selama 11 taun kerja hasilnya lumayan di bandingkan garmen.. ada banya juga yg awalnya haya penjahit mlh bikin usaha konveksi sendri haya modal mesin obras 4 mesin jahit 3 mesin cam 1 klo bisa cari bos yg punya orderan gede bisa merauk hasil semingu 15-20 jta bersih
    sedangkan klo yg penjahitnya pnghasilan rata2 1 jt lebih permingu pling kecil 8rts klo sepi atl krj santai ...
    tanpa perlu ijaza SMA jd siapa pun bisa kerja di konveksi tanpa embel2 apapun yg penting bisa kerja
    tekadang penjahit konveksi di remehkan gajianya sama orang yg kerjnya di pabrik2 gk tau klo konveksi gaji penjahit konveksi gajinya lebih dri pekerja pabrik

    ReplyDelete
  3. Ahh kata siapa. Saya kerja di konvekdi gajian 2 minggu sekali cuma ke gajih 100 ribu kadang 80 ribu aduh borongan emang gitu ya ngejait di kasih tugas masing2 ada bagian jait tangan, gabung badan satu bahan jaitan harga nya 200 perak bayangin kecil banget kan

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.